10 December 2014

Daftar Kebutuhan Ibu Bekerja & Menyusui (Breastfeeding Working Mom's Must-Have Items) beserta Review

1. Electric Breastpump

Namanya pompa sih katanya cocok2an, tapi untuk working mom yang milk-flownya lambat kaya aku sih, pompa musti yang elektrik. Wasting time dan pegel banget kalo pake yang manual. Waktu ditanya wishlist lahiran, langsung ngajuin Medela Swing dan dibeliin deh sama rekan-rekan kerja si suami hehe…

Minus :
- Medela Swing pakai open system dan open system ini bikin ASI kadang bocor ke selang. Untungnya sampe sekarang ga pernah kejadian pas ketiduran, jadi begitu ASI masuk selang langsung matiin mesin dan cuci selang. Kalo masuk mesin, musti cuci mesinnya (ga susah sih tapi malesin aja hehe).
- Suaranya agak berisik kalo mompa subuh. Untungnya bayiku sih cuek-cuek aja. Tapi kata orang mah pompa lain jauh lebih berisik.

Plus :
- Open system ini bikin tarikan lebih kerasa.
- Ada 2 phase (ritme kenyotan beda) buat mancing LDR jadi mancing ASI keluar seperti isapan bayi.
- Bisa diatur kekuatan sedotannya jadi lebih lembut atau lebih kencang.
- Bisa sambil kerja. Awalnya saya beli bra khusus buat mompa jadi bisa hands free, tangan dipake ngetik (mompanya di depan laptop dengan pintu ruangan terkunci).  Lama-lama bisa pakai bra menyusui juga. Bisa ketahan kok asal pakai mode sedotannya kenceng dan isi botolnya belum terlalu berat.
- Kalau mati listrik, masih bisa pake batre AA 6 biji, tapi ga bisa sering-sering juga sih, baterainya cepet abis dan tarikannya suka kurang pol. 
- Corongnya bisa bongkar pasang jadi ukuran simpan dan nyucinya lebih praktis. 
- Service centernya dan garansinya oke. Pernah tiba-tiba si pompa ga mau nyala sama sekali, buru-buru aku call dan kirim via JNE (karena service centernya di Kelapa Gading nan jauh di mata). Dalam beberapa hari udah kelar (ternyata kemasukan ASI) dan mereka kirim balik. Free reparasi karena masih dalam masa garansi 1 tahun, aku cuma bayar ongkir baliknya aja.
Medela Swing

Di blog ASIBayi ada petunjuk cara memodif Medela Swing menjadi closed-system menggunakan part breastpump merk Unimom supaya ASInya ga bocor ke selang. Karena kebetulan saya punya pompa manual Unimom (waktu itu beli untuk mancing ASI yang nggak langsung keluar setelah lahiran), saya tinggal beli sparepart lain senilai sekitar Rp 200 ribu buat memodifikasi si Medela Swing ini. Kelemahannya: tarikannya emang jadi kurang kenceng. Tapi lumayan kalo mompa subuh-subuh, jadi ga takut ketiduran karena ASI pasti ga akan masuk ke pompa.
Perangkat yang sama juga bisa saya gunakan untuk memodif Swing ini menjadi double pump lho, cukup tambahkan T-connector selang akuarium (harganya ga nyampe ceceng)!

Saya juga sempat sewa Unimom Forte supaya bisa double pump di kantor. Alasannya karena biasanya hasil perahan saya cuma di 500-an cc, padahal kebutuhan si kecil 600 cc.

Minus :
- Berat. Pake banget. Bawa 2 kg kalo naek bus mah bisa gempor jadinya saya tinggal aja di kantor.
- Printilan agak banyak, tapi ya wajar kan double pump. Corong Unimom juga ukurannya besar, mayan menuhin cooler bag. Dan bersihin bagian dalam corong agak susah, musti pakai sikat kecil (sikat dot).
- Cuma bisa atur kekuatan sedotan, ga bisa atur ritme. Jadi 1 phase aja.
- Tergantung sama listrik, ga bisa pake batre. Tapi kalo mati listrik, semua pompa elektrik Unimom gampang diconvert ke manual (diconvert jadi Mezzo), asal punya convert kit-nya aja (harganya pun nggak mahal).
- Berisiikk... walo katanya jauh lebih berisik Minel (Medela Mini Electric). 

Plus :
- Pompa ini udah hospital grade, berarti dia pakai closed system. ASI ga akan masuk selang  dan bisa double pump (bisa diconvert ke manual juga, banyak yang jual udah sekalian convert kitnya). Pompa hospital grade juga lebih kuat diabuse. Mesinnya cepat panas sih tapi kuat-kuat aja tuh diabuse mompa 2 jam sekali.
- Harganya lumayan dibanding pompa dengan spec sejenis.
- Tarikannya oke.

Kadang plus kadang minus:
Corongnya ada cushionnya, buat beberapa ibu yang cocok, ini bagaikan Avent Comfort yang harganya lebih comfortable hahahaa.. Tapi buat ibu-ibu lain (incl. me), malah bikin tarikan kurang kerasa dan ASI masuk ke sela-sela cushion dan corong. Akhirrnya cushionnya kulepas.
Unimom Forte
Saya ga tertarik nyoba pompa wideneck karena biasanya cuma cocok sama botol dari merknya sendiri aja, misalnya Tommee Tippee atau Avent. 



2. Breastmilk storage (wadah penyimpanan ASI perah)

Saya udah nyoba pake breastmilk bag, botol plastik, dan botol kaca.

Breastmilk bag (kantong plastik untuk ASI): ringan, muatan banyak (bisa sekitar 150-180ml), tapi mubazir karena ga bisa dipakai ulang (berasa nggak go green deh), harganya juga mahal. Takarannya juga susah dipastikan, musti diukur di botol dulu baru tuang ke bag & tulisi jumlahnya. Untuk menghangatkan, biasanya ASIP dipindahkan dulu ke botol sebanyak kebutuhan baby lalu sisanya (yang masih ada di bag) disimpan lagi di kulkas karena kalau sudah dihangatkan ASI sebaiknya tidak didinginkan lagi. Lebih cocok untuk penyimpanan jangka panjang (misal untuk dibekukan) tapi musti ngitung pemakaian juga. Agak repot kalau pemakaian minim, takutnya ASI sudah 24 jam mencair malah belum terpakai, jadi harus dibuang. Akhirnya cuma saya gunakan kalau harus keluar kota dan sebagai back up kalau botol masih pada disterilisasi.

Botol plastik: cukup ringan, muatan variatif 50-150ml (ada juga botol-botol besar ukuran 240ml dll, tinggal beli sesuai kebutuhan). Yang standard neck bisa langsung ditempel ke pompa Medela atau Unimom. Reusable tapi agak nakutin dari segi bahannya. Walau dinyatakan aman untuk disterilisasi, saya lama-lama waswas juga karena melihat botol susu anak saya merk Pigeon tidak ada keterangan nomor jenis plastiknya. Nyari bahan PP yang nomor 5 (yang dinyatakan aman) juga agak susah dan mahal. Saya suka botol merek Medela karena udah PP5 dan kalau ditaruh bisa cepat kering sendiri. Walau pakai PP5, saya kurang suka botol plastik Unimom karena cepet ilang cetakan takarannya dan kurang akurat.

Image result for botol kaca asi
Botol kaca: awalnya pakai botol tutup karet BKA baru yang ada emboss takarannya, tapi ukurannya cuma 100ml sedangkan anak saya minumnya 120ml, jadi mama saya (yang ngasuh cucunya kalau saya ngantor) agak repot tuang-tuang susu sambil gendong si bayi yang bau tangan hehe. Riskan kalau anaknya ga bisa diem trus kesenggol. Botol ini emang kayanya lebih cocok buat newborn sampai 3 bulan yang minumnya masih dikit-dikit. Penyimpanan juga harus hati-hati, pastikan tutup botol dan mulut botol kering supaya tutup karetnya tidak lepas (saya mah selotipin lagi buat pengamanan ekstra). Botol ini muat ASI sampai 120ml tapi saya ga sarankan isi lebih dari 100ml kalau untuk dibawa-bawa. Pengalaman dibawa di cooler bag dan tutupnya lepas, tumpah deh ke mana-mana. Pediihh liat ASInya kebuang.

Image result for botol kaca asiPernah juga dikasih botol UC1000 sama mertua. Temen juga ada yang suggest pake itu aja. Tapi lama-lama ga sreg karena susah dibersihkan (mulut botolnya kan kecil banget tuh, sikat botol aja susah masuk) dan ga ada ukuran ml-nya. Bahan tutupnya juga bikin kuatir, takut karatan (walau so far nggak pernah) jadi saya beli tutup botol plastiknya di Tokopedia. Murah sih harga tutupnya. Lumayan buat cadangan kalau semua botol lagi terpakai.




Image result for botol baby paxSetelah browsing, saya coba botol kaca BabyPax ukuran 150ml. Takarannya juga diemboss kaya BKA dan desain leher botolnya menyerupai botol plastik standard neck, jadi bisa langsung dipasangkan ke pompa. Tutup botolnya juga bisa dipasangi dot. Tapi mungkin nanti kalau anaknya sudah ingin pegang botol sendiri, botolnya musti dilapisi Siliskin, pelindung silicon supaya ga licin dan ga panas. Kekurangannya, ni botol gede dan berat, bikin cooler bag makin beraat. Botol ini juga gampang lepas dari si pompa Medela Swing, jadi waswas meganginnya. Anehnya, kalau dipasang di pompa Unimom sih kenceng-kenceng aja tuh. Babypax juga jual botol ukuran 90 ml.



Image result for botol rbsAda baby shop online yang bilang kalo botol kaca RBS lebih bagus dari Babypax (dia ga jual RBS jadi aku percaya testinya haha) jadi kucoba beli juga. Bahannya kaca borosilikat. Sekilas lihat saja sudah nampak kalau buatannya memang lebih halus dari Babypax. Tutupnya juga lebih rapat dan rapi dibanding Babypax. Kalau kita pakaikan dot ada tutup dotnya. Kelemahannya: takaran ml-nya dicetak dan ga per 10 ml. Yang tercantum hanya 30, 50, 70, 100, dan 120 ml. Kalau botol ini langsung klop sama pompa Medela, tapi malah agak keras muternya kalo di pompa Unimom.
   
3. Cooler bag dan ice pack

Image result for igloo cooler bagDibeliin cooler bag merk Igloo sama temen (thank you Lin); katanya supaya ga terlalu keliatan kaya tas ASI pas naik bus hehe… Jadi inget di blog orang lain yang cerita dia bawa cooler box, sampe dikira jualan es sama supir angkot hahaha.
Muatan Igloo ini gedee banget, ada 2 kompartemen. Kompartemen depan saya pakai buat simpan ASI. Kompartemen belakang buat bawa pompa (ga lupa tetap dibungkus dulu sama sarung pompanya, in case kena dingin dari kompartemen sebelah), breastmilk bag, dan printilan-printilan kaya pembersih tangan dan botol sabun kecil. Kadang dompet juga saya masukin situ haha… tapi saya bungkus terpisah sama barang-barang lain. Tasnya kuat dan enteng. Emang agak gede sih, lebarnya aja 1 jengkal, tapi masih mirip-mirip hand bag lah kalo dari segi ukuran.
Karena tasnya gede, saya beli ice gel ukuran besar juga (yang lekuk 3) harganya Rp 37 ribu. Saya juga pikir kalau yang besar jadi lebih lama melelehnya, karena setelah ngantor harus bawa bagnya sekitar 12 jam di luar rumah. Risikonya ya jadi berat aja sih. Untuk pemakaian singkat (4-5 jam) baru saya pakai ice pack yang kecilan, tapi karena tasnya gede saya tetap pakai 2 ice pack. Takut kurang dingin.
Tas ini juga gampang dibersihkan. Bagian luarnya saya sikat pakai air sabun dan bagian dalam dilap dengan lap basah.


4   4. Sterilizer

Dikasih steam sterilizer Chicco sama temen (nuhun ya ceu). Muat 6 botol ukuran standard + aksesoris di rak atasnya. Ukuran dan kinerja standar lah (sudah dicompare dengan sterilizer merk Crown, IQ Baby, dan Boster). Jangan males bersihin aja, karena lama-lama kotor juga kan. Sisa uap airnya suka nempel di tutupnya lalu netes lagi ke dalam sterilizernya.
Saya juga request Panasonic dish dryer di wishlist dan dibeliin sama temen-temen ex-kantor lama (makasih ya Jeng2). Sekarang belom dipake karena ni alat gede bener, baik dari ukuran maupun pemakaian listrik. Rencananya nanti buat sterilin peralatan makan kalo si baby mulai dikasih MPASI dan mainannya yang dishwasher-friendly.


5. Baju dan pakaian dalam yang nyaman untuk menyusui dan mompa, dan kalo bisa bra yang bisa mompa hands-free.

Selain bra menyusui, saya beli bra khusus mompa hands-free di ASIBayi. Sebenernya sih bisa coba buat sendiri pakai sport bra yang dipotong tengahnya (tapi mana ada waktu). Sayangnya bra ini mahal (Rp 400ribuan) jadi ga saya pakai setiap hari (kan harus dicuci lah yaw). Bra ukuran S (sesuai petunjuk ukuran di websitenya) juga agak kekecilan, takutnya menghambat produksi ASI karena terlalu menekan dada, jadi cuma saya pakai saat mompa aja. 


6. Feeder (sarana pemberian ASIP ke bayi)

Sarana yang disarankan untuk memberikan ASI adalah pipet, sendok, dan cup feeder. Tapi sejujurnya, saya nggak seidealis ibu-ibu lain yang sama sekali ga kasih babynya dot. Bayi saya emang pernah bingung puting waktu baru lahir (sampe harus relaktasi segala) tapi setelah usia 2,5 bulan saya cobakan dia pakai dot lagi dan dia bisa tuh. Malam saya tetap nyusuin dia langsung buat bonding dan mancing produksi (kenyotan baby biasanya lebih bisa mancing produksi daripada pompa lho). 

Untuk pemberian ASIP ke bayi saya, saya awalnya menggunakan dot Pigeon standar, lalu saya gonta-ganti dengan Tommee Tippee closer to nature (kemakan iklan hahaha.. Ceritanya bentuknya lebih menyerupai nipple tapi in the end buat bayi mah ga ada yang seasoy nenen mamanya). Katanya ada juga bayi yang baru bingput umur 7-8 bulanan dan salah satu cara cegahnya ya dengan gonta-ganti tipe dot. Kelemahannya si Tomtip: nipplenya khusus musti dari merk tsb, ga bisa ganti merk lain walau sama-sama wide neck. Saya kasih nipple 0+ yang slow flow ke si baby supaya lebih sesuai aliran ASI saya kalo dia nyusu langsung ke saya. So far ga ada masalah sih dari si bayi.


7. Makanan yang bergizi dan occasional supplement
FYI, booster ASI yang betulan manjur tuh cuma 1: ibu yang bahagia. Ibu yang hepi akan percaya diri dan oksitosinnya membuat ASI lancar. Booster-booster lain sih hanya menambah kepercayaaan diri ibu alias buat sugesti aja. Brol ngobrol sama bu ibuk lain, rata-rata pada pernah coba Lancar ASI, MamaSoya, VSOY, ASI booster tea, dan milkmother tea. Saya sih cukup daun katuk (dan occasionally duren) aja deh, abisnya booster lain ga gitu ngaruh. Ibu-ibu lain juga banyak yang gitu, akhirnya malah boosternya martabak ato apa gitu hahaha...


8. Pengetahuan dan panduan cara memerah, menyimpan, dan memberikan ASI perah dengan benar. Bisa dicari di website Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia dan website Babycenter.com. Kellymom juga bagus, scientific dan nggak judgemental.


9. Nursing apron, kadang butuh kalo mompanya di tempat umum. Beberapa teman saya mompa di cubicle atau di mushola, jadi mereka sedia nursing cover. Saya pun pernah mompa di mobil pakai nursing cover hehehe...

No comments:

Post a Comment