11 December 2014

Persiapan Melahirkan: Isi Tas Rumah Sakit

Sok iye banget ya saya bikin daftar isi tas yang harus dibawa ke rumah sakit, padahal waktu baby El lahir, saya bener-bener cuman bawa diri sama baju yang nempel di badan aja tuh, gara-gara panik ketuban pecah jam 4 subuh dan HPL (hari perkiraan lahir) masih 4 mingguan lagi. Yaa... bawa handuk kecil doang lah buat nahan rembesan cairan ketuban hahaha... Saya sama sekali belom nyiapin tas RS karena ngira bakal lahiran di Bandung. Barang-barang akhirnya nyusul dibawain secara nyicil sama adek ipar, tante, dan suami. Kacau deh... untung rumah-RS cuma 15-minutes-drive jaraknya (BTW, perjalanan ke RS jam 4 itu was the longest 15 minutes in my life).

Kalau berdasar pengalaman saya, barang-barang basic yang waktu itu saya butuhkan (selain kartu RS dan kartu asuransi) adalah:
  1. Pengisi waktu selagi nunggu bukaan/waktu operasi tiba (HP/tablet/Kindle/iPod & chargernya, buku, snack dll). Kalo lahiran normal mungkin harus banyak jalan ya, tapi saya waktu itu harus diem total di ranjang selama 6-7 jam untuk mencegah cairan ketuban habis.
  2. Baju ganti untuk pulang (selama di RS pakai piyama/kimono RS). Bawa yang nyaman untuk breastfeeding dan mudah dikenakan (in case of caesar dan susah gerak).
  3. Pakaian dalam & gurita ibu/korset perut (jangan yang nyambung ke celana). Kalo mau nyusuin, langsung bawa bra menyusui aja. Saya sih waktu itu caesar tetep pake gurita, dan buat saya malah rasanya lebih nyaman daripada nggak pakai.
  4. Pembalut (saya lebih suka pembalut night wing daripada pembalut postpartum yang disediain RS, pakainya yang ukuran paling panjang ato pakai sekaligus 2).
  5. Pakaian baby untuk pulang (baju & celana/setelan, topi, selimut/bedong, kaos kaki & kaos tangan). Selama di RS, baby-ku pakai baju dan selimut RS (selimutnya dicharge lho di Omni hahaha).
  6. Peralatan mandi (sisir, sabun muka & badan, sikat & pasta gigi, shampoo & hair dryer kalo diizinin keramas sama keluarga hahaha). Handuk biasanya disediakan RS.
  7. Comforters yang beda-beda tiap orang (misalnya: ikat rambut/bandana, kaos kaki, sandal rumah, minyak kayu putih, guling, gym ball, dll).
  8. Breastpump dan botolnya, wadah ASI, sabun cuci (kalau ga bisa ikut nyuci di pantry-nya baby room). Seharusnya baby dibiasain langsung ngisep dada ibunya sih, tapi baby El prematur dan masih sukanya tidur terus, sedangkan ASI akan lebih cepet keluar kalo terus dipancing. Kalo di Omni bisa nitip ASI perah di kulkas pantry baby room dan sekalian nyuci+sterilisasi peralatannya. Pompa lebih baik bawa sendiri, kadang pompa RS lagi dipinjam orang lah, susternya lupa lah, apa lah. Waktu itu aku minta aja ga dikasi-kasi tuh sampe 3 hari. Keburu waktunya check out, suss....
  9. Perlengkapan bayi: popok newborn, kapas pembersih/baby wipes, selimut, dan susu formula beserta alat ngasih susunya (kalau ASI belom keluar dan ga tega liat baby nangis; tapi sebisa mungkin newborn jangan dikasih dot deh. Ceritanya nyusul ya). Di Omni disediakan tapi harganya jauhhh lebih mahal.
  10. Perlengkapan kalo suami ikut nginap di RS (baju tidur, pakaian dan daleman, sandal, alat mandi termasuk handuk, dll). Cek aja kamarnya, perlu bawa bantal & selimut nggak. Yang pasti suami MUSTI BAWA DOMPET hahahaa....
  11. Dokumen keluarga buat urus akta kelahiran (kalo diurusin sama RSnya): akta lahir dan KTP suami-istri, KK, surat nikah.

Nah berikut list yang menurut saya bebas sesuai kebutuhan masing-masing orang aja:
  1. Kamera dan/atau handycam. Jangan lupa memory cardnya kosong dan batre penuh, jangan ketuker hahaha...
  2. Peralatan dandan (bedak, lipgloss, dll).
  3. Parsel/kue ucapan terima kasih ke para suster. Saya sih beliin donat aja 2 lusin biar gampang hehe..
  4. Apron menyusui, nipple cream (buat saya sih ga terpakai), dan breast pads.
  5. Baby cream atau diaper rash cream, minyak telon atau minyak kayu putih. 
  6. Obat-obatan dasar dan vitamin (buat suami). Ingat, ibu menyusui jangan sembarangan makan obat ya kalau belum konsultasi ke dokter.
  7. Car seat (yang bisa untuk newborn).
  8. Souvenir lahiran untuk para pengunjung. Saya tadinya mau sedia, taunya anaknya lahir kecepetan. Panik mendera deh waktu itu hahaha... Akhirnya bikin versi dadakan dan simple aja. 
  9. Buat nanti lahiran anak kedua, mau bawain hadiah buat El sebagai congratulations gift jadi kakak. Ceritanya biar doi ga sirik dan ikut excited, gituu hehehe...
  10. Kitab suci dan perlengkapan religius. Kalo saya waktu itu berdoa dalem ati aja.
  11. Suporter buat gantian nemenin selagi nunggu bukaan (cari yang sehati sejiwa). Some mothers-to-be lebih suka bonding sama hubby, tapi suamiku waktu itu malah panik dengan laptopnya nyelesein kerjaan supaya bisa langsung cuti. Puji Tuhan ada sodara-sodara dan temen baikku Anita yang nemenin. Lumayan bisa mengalihkan dari tegangnya mau dioperasi dan sakitnya kontraksi hehe...
Saya sarankan, waktu milih RS, tanya-tanya barang apa aja yang provided. Saya waktu itu nggak plan ke Omni jadi nggak tahu. Keperluan mendasar seperti popok, kapas, dan pembalut pasti tersedia, tapi dicharge dengan harga hampir 2x lipat pasaran. Selimut juga dicharge per hari, sebagaimana halnya dengan ranjang dorong baby. Yang dikasih gratis (alias udah included di biaya persalinan dan kamar) adalah sabun pembersih vagina Sebamed dan nipple cream. Kami juga dapat sample product krim telon Bebe Roosie dan saya suka banget baunya, jadi sampai sekarang pun masih pakai (bukan iklan lho ya).

Di link ini ada list versi superlengkap dan dia pisah-pisahkan tas mana yang harus langsung dibawa, mana yang nyusul kalau udah pindah dari kamar bersalin ke kamar rawat inap, mana yang stay di mobil dll. Yang bikin list ini bule, dan dia juga buat list barang apa aja yang sebaiknya udah distok di rumah supaya pas baby dah pulang, papa mamanya ga ribet belanja-belanja lagi. Quite helpful!

Nah, kalo ada yang mau share, apa barang yang menurut Anda perlu ada di tas rumah sakit tapi belum saya masukkan di atas? Bagi dong tipsnyaa...

1 comment: