03 July 2014

Posisi Tidur Orang Hamil

Menurut banyak sumber (buku dan website panduan kehamilan), posisi tidur terbaik untuk ibu hamil adalah menyamping ke kiri. Kenapa? 

Karena :
- Posisi tengkurap jelas berbahaya ketika kandungan semakin besar (walau masih terhitung aman dan suka saya lakukan di trimester pertama).
- Posisi telentang setelah melewati trimester pertama berisiko menekan tulang punggung dan mengakibatkan pusing dan sakit punggung dan dapat menghalangi jalur oksigen dan makanan ke plasenta. Kalau mau dilakukan, sebaiknya dengan punggung ditopang bantal agar posisi badan agak miring ke samping.
- Posisi miring ke kanan dapat menekan pembuluh-pembuluh darah yang membawa oksigen.

Banyak juga orang yang menyarankan untuk menaruh kaki di posisi lebih tinggi dari badan ketika kaki mulai membengkak. Disarankan juga untuk memakai bantal di sela kedua kaki untuk bantu menopang pinggul ketika perut semakin besar dan mencegah sakit punggung. Ada hikmahnya juga ya doyan pake guling.

Nah... gimana caranya tidur miring sambil kedua kaki diangkat? Kemarin saya coba kok kaya badut gendut mau akrobat hahaha... Kasur sampai penuh bantal.

Intinya : tidur yang nyaman aja lah tanpa kebanyakan teori. Saya pakai topangan bantal saja di punggung supaya posisi kepala dan punggung agak tinggi. Selebihnya miring kanan dan kiri saja sesukanya.

No comments:

Post a Comment