08 June 2015

Anak ASI Susah Gendut? ASI Nggak Cukup? Yuk EdukASI

Beberapa bulan lalu, seorang public figure Indonesia diberitakan nggak bisa ngASI karena anaknya jadi kurus, nangis-nangis terus setiap menyusui, dan ketika dipompa pun ASInya hanya keluar sedikit. Kakak iparnya yang seorang dokter nyuruh dia berhenti ngASI. Sekarang ia memberi anaknya susu kedelai atas anjuran dokter. Ada juga judul infotainment menyatakan si seleb ini 'merasa sakit sekali ketika pertama kali menyusui'. 

Ini aku nggak tahu deh, apa emang orangnya kurang edukasi ASI, salah penyampaian, atau medianya iseng bikin headline dan mengedit isi cerita supaya 'sensasional'? Duh sayang amat kaann... Karena pas kubaca lebih lanjut, sebenarnya dia sempat mengusahakan banget ngasih ASI dan bahkan mempromosikan bahwa ngASI bisa membantu dia menurunkan berat badan dengan cepat. Tapi berita dia berhenti ngASI ini sangat kusayangkan soalnya dia kan public figure dan menjadi panutan ibu-ibu muda Indonesia. Harus kita akui dong kalo ibu-ibu yang nggak dapat info memadai, nggak maniak browsing, atau kepengaruh banyak mitos dari keluarga besar yang masih sufor-oriented, ya besar kemungkinan buat ngikutin tokoh yang diidolakannya aja. Asumsinya: tokoh idola itu cantik sehat kaya, pasti bener lah metodenya. Gawat juga kalo yang berkesan buat mereka adalah kata-kata 'menyusui itu sakit banget' dan 'susu kedelai bagus buat bayi', instead of cerita perjuangan si seleb untuk terus menyusui.
Nah si ibu public figure ini sebenernya udah bagus tuh semangat ngASI. Aku percaya lho dia berusaha keras. *Iya aku mah orangnya berhusnuudzon banget, ceilaah* Tapi sayangnyaa... kurang dukungan dan info (menurutku). Suaminya sih di depan media bilang jangan diet, support yang cocuit lah yaw. BTW, kalo soal diet entahlah, ada yang bilang asupan ibu nggak ngefek ke kualitas dan kuantitas ASI tapi menurutku sih ngefek. Lha kurang minum dikit aja pompaanku berkurang kok. Nah kayanya si artis nih nggak dapet support keluarga besar. Tuh kakak iparnya malah nyuruh kasi formula sih dengan alasan babynya makin kurus. Bener nggak sih makin kurus? Nggak diceritain detailnya apakah berat anaknya berkurang terus atau gimana. Nah yang diceritain cuma bahwa ASI dia udah keluar, cuma menurut dia ASInya dikit karena anaknya nangis terus dan dipompa pun cuma seiprit. Waduh! Jangan-jangan salah paham karena kurang edukASI?

Selama ini aku sering dengar kesalahpahaman soal ASI. Misalnyaa....

Misunderstanding No 1: Salah cara cek kecukupan ASI; Merasa ASI tidak cukup

Cara ngecek kecukupan ASI bukan dari tangisan babynya lho ya... Ada juga malah bayi yang anteng aja tidur melulu sejak lahir, nyusu bentar, lanjut bobo lama plus susah dibangunin, dan jadinya kurang asupan ASI (contohnya babyku). Ada yang sejak lahir bisa tidur sepanjang malam (6-12 jam) kaya adikku dan nggak apa-apa karena kebutuhan ASInya udah terpenuhi di siang hari.

Ada juga orang yang memastikan bayinya menyusu 20 menit di tiap PD, lalu pindah PD lain selama 20 menit juga. Ini nggak bisa jadi patokan. Ada bayi yang cukup nyusu dari 1 PD aja karena produksi ibunya berlimpah. Babyku harus nyusu dari 2 PD baru kenyang selama 2 jam ke depan, tapi nyusu 1 PDnya paling cuma 7-10 menit. Susah kan matoknya?

Untuk bayi yang gedean dan udah MPASI, KATANYA sih tidurnya makin lama dan udah jarang mimi malem. Anakku sampai jalan 10 bulan pun masih bangun 4-5 kali tiap malam. Ini balik ke anaknya lah ya; banyak anak sampe umur 1,5 tahun masih bangun beberapa kali buat nyusu.

Gini cara yang bener buat cek kecukupan ASI si baby:
1. Cek frekuensi kencing dan pup si bayi.
Newborn biasanya pipis minimal 1 kali di hari pertama, 2 kali di hari kedua, dst. Nah dia normalnya pipis minimal 6 kali sehari setelah usia seminggu. Frekuensinya bisa berkurang jadi 4-5 kali saja ketika usia baby beberapa bulan, tapi jumlah cairannya jadi lebih banyak.
Newborn juga harus pup mekonium hitam minimal sekali sehari di hari pertama, 2 kali di hari kedua, sampai 3-4 kali setiap hari (atau bisa lebih). Si mekonium ini lama-lama berubah warna jadi hijau lalu kuning emas dan jumlahnya makin banyak. Nah kalo udah pup kuning emas gitu, ada bayi ASIX yang nggak pup sampai 4-5 hari lho, saking ASInya terserap sempurna.
Soal ngecek jumlah pipis ini, tinggal cek jumlah popoknya. Wajar kok busui lost count on it saking cape dan kurang tidur. Aku juga dulu suka lupa. Gampangnya: tumpuk popok di changing table atau kasur setiap pagi, minimal 8 popok kain atau 6 popok dispo. Kalo abis berarti aman.
2. Warna air pipis bayi harus jernih dan nggak berbau. Ini wajib!
3. Berat bayi minimal bertambah 300-500 gram setiap bulannya. PS: newborn lazim mengalami penurunan berat sampai 10% pada minggu pertama hidupnya, tapi beratnya harusnya udah balik ke berat lahir ketika usianya 2 minggu, maksimal 3 minggu.

Kalau semua di atas itu nggak tercapai, ada kemungkinan emang anaknya nangis kelaparan. Ada kemungkinan anaknya susah latch on, yang mana banyak penyebabnya. Salah satu yang paling sering sih karena bayinya tongue-tied. Mending kunjungi konselor ASI atau DSA yang punya sertifikasi pendukung ASI. Jangan sembarang DSA juga karena banyak juga dokter anak yang nggak support ASI. Contoh DSA pro-ASI paling beken di Jakarta ya di KMC, tapi better selalu cari second opinion ya kalo anak musti di'apa-apa'in, karena pernah denger seorang dokter senior di situ nyuruh si baby diinsisi karena tongue-tie, tapi ternyata dokter lain bisa bantu sampe bayinya bisa nyusu tanpa perlu insisi!

Kalau semua persyaratan tadi di atas terpenuhi, kemungkinan ada penyebab lain kenapa anaknya nangis aja. Misalnya, anakku termasuk yang fussy kalau gassy (ternyata waktu baru lahir dia alergi dan bergas kalo aku makan telur) jadi nangis-nangis walau udah kenyang. Beberapa bayi menyusu terus menerus berjam-jam dan nangis kalo dilepas dari nenen. Kasiiih nenennya! Kemungkinan dia lagi growth spurt. Ada lho momen-momen babyku nyusu 3-4 jam nggak mau lepas sampe aku ngeri dia bakal kembung.

PS: ini ada video dari Babycenter yang menjelaskan cue buat hungry baby dan full baby dan ini video petunjuk cara menyusui yang benar.

PS 2 : Sebaiknya cek ke DSA kalau :
- Setelah hari ke-4, bayi masih pup mekonium hitam atau kencingnya kuning pekat. Kencing bayi yang cukup ASI harusnya bening.
- Bayi jarang menyusu atau payudara ibu mastitis (sakit disertai demam/meriang).
- Ketika kulit bayi digosok jari, warnanya kuning instead of putih. Bayiku dulu ternyata tinggi bilirubinnya sampai 19,3. Efeknya dia jadi ngantuk dan malas nyusu. Kurang ASI bikin bilirubinnya makin naik, jadi lingkaran setan deh.


Misunderstanding 2: ASI tidak keluar atau cuma sedikit

Di beberapa situs, salah satu cara ngecek apa bayi udah nyusu bener apa belum juga adalah dengan berkurangnya kepadatan payudara ibunya. Ini nggak guna buat ibu kaya aku yang PDnya kecil bin lembek. Baru ngalamin PD kenceng tuh setelah umur baby semingguan lah, itu pun kayanya cuma sampai usia baby sekitar 5 bulan dan hanya di pagi hari. Katanya wajar lho PD melembek dan berhenti LDR (rembes) di usia bayi 3 bulanan, itu karena produksinya sudah menyesuaikan dengan kebutuhan si bayi. PD lembek dan nggak pernah LDR bukan berarti nggak ada ASInya.

Hasil pompaan yang sedikit juga nggak menjamin bahwa produksi ASInya rendah lho, karena nggak ada pompa sehebat kenyotan bayi. Aku tipe yang kalo pake pompa, keluarnya susye dan lama. Kadang musti dibantu marmet (memerah menggunakan tangan). Tapi coba kalo nyusuin langsung... Beuh, sampe keseglong segala si unyil. Suara tegukannya aja heboh banget dan muka kekenyangannya tuh ampun... kaya om-om Jepang mabok. BTW pompa pun cocok-cocokan ya. Ada yang minim result dengan pompa elektrik, ada yang nggak cocok pompa manual. Kadang hasil pun tergantung merk pompanya hehehe... Jalan terefisien sih ya nyewa dulu sampe nemu pompa yang cocok, baru beli.

Temenku juga ada yang ASInya nggak keluar lagi setelah usia anaknya 5 bulan. Duhhh... kesian... Biasanya ASI nggak akan stop diproduksi oleh badan kita begitu aja lho. Ada 2 hormon penting yang berperan dalam ngASI: prolaktin (yang memproduksi ASI) dan oksitosin (yang mengeluarkan ASI). Prolaktin lazimnya akan memproduksi ASI terus dengan cue payudara dikosongkan. Makin sering dikosongin, makin sering ASI diproduksi. FYI, PD kenceng tuh malah berarti prolaktinnya stop produksi lho.

Sedangkan oksitosin sangat terpengaruh kebahagiaan si ibu. Makanya busui tuh ga boleh stress, musti makan enak, don't worry be happy. Dan ini nggak gampang lho, banyak ibu yang abis melahirkan tuh jadi nggak stabil hormon dan kejiwaannya. Di sinilah peran suami, keluarga, dan teman-teman. Kasih support yang banyak, biar ASInya ngocor. Nah kalo ibu tertekan, oksitosinnya minim jadi ASInya seret. Di sini suka pada ngira ASInya abis, trus nggak dinenenin lagi ke bayi, jadinya prolaktin juga berhenti memproduksi ASI. Ahhh sedihnya! Ada temanku yang stress waktu anak pertamanya lahir. Ibunya cerewet dan ngatur banget jadi doi makin stress dan ASInya ga keluar. Puji Tuhan, belajar dari pengalaman, doi sukses ngASI waktu anak keduanya lahir.

BTW, produksi ASI lazim mengalami penurunan ketika si ibu menjelang haid dan semasa haid, atau ketika ibu hamil lagi. Beberapa ibu juga sensitif terhadap obat (yang paling sering kudengar sih pseudoephedrine), so be careful. Aku sensinya sama peppermint essential oil. Kondisi kurang sehat dan kurang minum juga bisa berimbas ke produksi ASI.
 
Setiap ibu tuh bisa memproduksi ASI lho, beneran deh, bukan sekedar idealisme AIMI belaka. Aku kan bukan ibu idealis, percayalah. Yang ASInya nggak keluar itu biasanya hormon oksitosinnya terganggu, seringnya karena stress pasca-lahiran. Aku juga ngalamin ASI nggak keluar sampai 3 hari setelah lahiran, mungkin karena lahirnya caesar plus anaknya udah telanjur males ngenyot. In the end tetap bisa ngASI kok.


Misunderstanding 2: Anak minum ASI malah kurus; Anak alergi ASI
 
Lalu soal bayi kurus karena minum ASI? Ini kaya tetanggaku yang nggak ngASI karena anaknya 'kurus dan alergi ASI ibunya'. Hah gimana gimana? Alergi ASI? Ga ada bayi alergi ASI ibunya; ada juga alergi sama sesuatu yang dikonsumsi ibunya dan masuk ke ASInya itu. Tinggal ibunya observasi abis ngonsumsi apa yang bikin anaknya alergi (kalo orang Indo mah biasanya egg dan dairy, kalo bule seringnya alergi kacang; cek juga konsumsi obat-obatan). Stop konsumsi hal tersebut. Ntar anaknya gedean, coba lagi dikit-dikit, biasanya daya tahan tubuh si bayi udah berkembang. Dah kuceritain, babyku waktu baru lahir cepet kembung kalo aku ngonsumsi telur ayam.

Dan kurus karena ASI? Haduuuhh... kenapa sih gendut harus jadi patokan bayi sehat? Lha kalo gennya kurus mah mau diapain lagi. Anakku suka dijadiin contoh bayi sukses ASI karena super bongsor (umur 6 bulan udah 10 kg), tapi sebenernya mah karena gennya juga. Mamanya dari bayi udah montok gemesin (jangan timpuk akuu). Papanya lahir seberat 4 kg dan sekarang emang kurus tapi tinggi. Wajar aja anak kami bongsor. Kalo minum formula trus bayinya jadi gendut malah musti waspada, jangan-jangan sufornya kebanyakan gula?


Patokan paling bener adalah growth chart di KMS atau buku bayi dari RS. Selama masih di zona hijau, tenang. Beberapa bayi emang udah gennya kicil mungil, cek aja ukuran ayah ibu kakek neneknya semasa bayi. Pantau juga perkembangan motorik atau milestonesnya.


Misunderstanding 3: ASI encer = ASI jelek

It's a myth!!! Banyak ibu yang seiring usia anak bertambah, perbandingan foremilk terhadap hindmilknya jadi semakin besar sehingga ASIP terlihat lebih encer. Ini wajar! Semua ibu perlu yakin bahwa ASInya itu nggak pernah nggak cukup bagus untuk anaknya. Kandungan ASI udah di-customized dari sananya sehingga sesuai kebutuhan tiap anaknya. Anak sakit aja, begitu nenen akan 'menyalakan sensor' di badan ibunya supaya memproduksi antibodi di ASInya lho, keren kan! Bahkan di tahun kedua usia anak, kandungan ASI ibu pun tetap kaya zat gizi.



Misunderstanding 4A: Menyusui itu mudah, jadi kalau aku kesulitan itu pasti karena aku nggak bisa ngASI. 
Misunderstanding 4B: Menyusui itu sakit dan sulit, ngeri ah, mending nggak usah.

Beberapa orang (contohnya di blog ini) mengira bahwa menyusui itu harusnya mudah karena busui-busui yang dia kenal nggak pernah ngeluh apa-apa soal menyusui. Berbagai info termasuk dari AIMI bilang bahwa menyusui itu nggak sakit kalo bayinya latch on dengan benar. Ah omong kosong ituh (sorry aja), semua busui yang kukenal bilang awal nyusuin mah pasti perih linu dulu selama beberapa minggu. Katanya sih karena lidah newborn kasar; entah ya aku nggak pernah ngelus lidah si unyil. Tapi kalo bayinya nggak tongue-tied atau bermasalah fisiologi mulutnya, lama-lama nggak sakit kok... Pengecualian lain: kalo ibunya yang kenapa-kenapa ya, misalnya kena dermatitis atopic, mastitis, dll. Ada lho beberapa temen dan sodaraku yang kena DA, puting berdarah-darah digigit bayi, dll teteeep aja semanget nyusuin. Salut dah, aku sendiri nggak yakin sanggup tuh hahaha...

Being a mother is always a bit masochistic. Udah kodratnya, salahin aja si Hawa hahaha... Hang on. Find support. Semangatt..

In the end
Kalau udah melakukan yang terbaik dan ternyata ASI memang nggak memadai, ikhlaskan dan jangan sampai stress. You're still a good mother dan ibu yang baik nggak ditentukan dari ngASI atau nyufor tapi dari usahanya buat ngasih yang terbaik ke anaknya (termasuk dengan nyari informasi sebanyak-banyaknya). Kalau ada kenalan yang ngASI, disupport yaa... tapi jangan dihina juga kalo ada ibu yang nyufor.

Happy and educated mother = happy and healthy family.


No comments:

Post a Comment