23 March 2015

Baby Photo Studio at Babybo Pictura Karawaci

Punya baby yang lagi lucu-lucunya dan suka ketawa unyu tuh pasti bikin narsisme tiap ortu terbangkitkan kan yaa? *cari excuse* Apalagi baby Euis ga sempet foto newborn karena keburu tinggi bilirubinnya dan perlu disinar. Pulang dari RS, doi udah item kurus dan terlalu mengibakan buat difoto hahaha... Nah melewati 6 bulan, anaknya dah bisa tengkurep lama dan suka ketawa, pas deh buat foto telenji ala bayi-bayi! Di keluargaku kayanya wajib banget tiap bayi punya foto telenji sambil tengkurep. Dan kebetulan si Euis lagi teething, jadi pingin nyimpen fotonya pas belom keluar gigi. Saya sampe search dan ngontek beberapa studio foto di Jakarta, Tangerang, dan Bandung yang bisa motret bayi buat compare portfolio dan harganya. *niat banget lah pokonya*

Setelah dipilah-pilah, saya putuskan ga ambil paket yang 2-3 jam karena kulihat ulet nangkaku nih bosenan dan gampang cape. Iya sih bodinya emang kaya anak umur setaon tapi dalemnya kan mustinya doi blom sampe 6 bulan (kalo ga prematur). Ntar kalau ambil slot 3 jam tapi doi bobo 2 jam kan pedih (di dompet) yaa... Jadi kupilih lah studio Babybo Pictura di Karawaci yang lumayan dekat rumah plus sedang ada paket diskon. Kami ambil paket B: Rp 129.000 untuk 2 background (dapat 4 file edited foto, 1 print foto 8R dan 3 print foto 4R) dengan pertimbangan takut anaknya kecapean. Paket lainnya ada yang 1 background dan 4 background.

Ternyata bener aja, anaknya udah limit banget di foto background kedua. Waktu mulai sesi foto background pertama dengan 3 posisi (tengkurap, telentang, duduk) sih doi masih happy banget, secara masih kenyang dan udah morning nap, tapi di endingnya mulai KZL. Kayanya sempet kelamaan nunggu juga; pas kita sampe di studio, fotografernya lagi ke tempat cetak foto jadi anaknya dah nunggu 15-20 menitan. Angkaat, ganti baju, peluk-peluk. Lanjut background kedua, posisi telentang masih mau ketawa. Begitu posisi tengkurep doi mulai bete. Okee, rehat, mimik duluuu... Eh abis itu moodnya dah kurang oke waktu difoto posisi duduk; cembeyuut dan ngamuuk. Yawdah bubaarrr, grak! Kami lanjut milih file foto trus cabcus deh.

Minggu lalu, kami sudah terima hasil akhirnya. Gimana review overallnya?

Plus:
- Backgroundnya lucu-lucu. Sedia kostum juga tapi ga banyak. Properti sih kayanya cukup bersih.
- Hasil fotonya bisa dikirim dengan ongkir Rp 20.000 (eh kok mahal ya padahal cuman Karawaci ke Bintaro.. Umm jadi ini plus apa minus yaa hahaha).
- Bisa ambil tambahan file foto (dieditin tapi ga diprint) seharga Rp 200 ribu untuk 5 foto atau Rp 300 ribu untuk 10 foto.
- Kontek-kontekan via BBM selalu cepet responnya.
- Asisten fotografernya all-in ngebantuin narik perhatian dan ngajak ketawa si model dadakan.
- Waktu kami ke sana sih (hari Sabtu jam 10.00) belom ada customer lain jadi ga antri dan milih fotonya santai karena ga ditungguin orang lain. Fotografer dan asistennya juga sabar nunggu kita galau milih foto walau sambil ngehasut supaya beli paket tambahan sihh (dan kami terhasut deh ambil 10 hahahaa).

Minus:

- Pake blitz.
- Ga jual paket yang ngasih complete unedited photosnya.
- Kalo ambil paket tambahan foto, file foto raw mentah (unedited) tetap ga dikasi (mustinya dikasihin ya, biar kita bisa liat sejauh apa effort ngeditnya). Soalnya hasil editannya (kalo menurut seleraku dan suami, secara kan kami liat unedited-nya yaa) kurang effort, kaya cuma mainin kontras dan malah bikin warna kulit anakku pucat. Jadinya aku edit sendiri aja walau amatiran. Tapi ngedit tuh emang masalah selera sih... mungkin di orang lain malah cocok.
- Setting dan kostum ga sebanyak Amore jadi ya cenderung gitu-gitu aja, pose juga mirip sama anak-anak lain yang foto di sana. Kami sih bawa kostum sendiri hehehe... Segitunya sih ya maknya pingin anaknya uniiik!

Info lain:
- Lokasinya di dalam cluster perumahan, jadi bentuknya ya rumah yang ruang tamunya dijadiin studio, makanya ukuran backgroundnya kicik-kicik. Kalo saya sih kurang sreg buat foto keluarga di situ, nyadar diri lah ya sama gedenya bodiku yang lumanyuun! Ga lucu kalo nabrak background!
- Lama pengeditan dan pencetakan: seminggu; pengiriman: 2 hari.
- Ga bisa dipanggil ke rumah buat foto bayi (ribet bawa propertinya) tapi bisa foto keluarga outdoor. Mereka punya paket prewedding dan liputan wedding tapi pakai brand lain.
- Bisa nyetakin dan pakein pigura juga (ukuran 8R polos warna putih dengan harga Rp 45.000).

Berikut saya kasih contoh hasil fotonya, ga semua ah tapinya hehehe... Yang lainnya di Path aja.
Atas hasil editan studio, bawah hasil editanku.
Saya lebih suka editan sendiri karena warna asli kulit si ndutku kan ga sepucet ituu... 
Trus latar putihnya serasa butek dan less dreamy *halaah*

si ndut bermuka tengil

Dapet momen teethingnya si eneng pas doi dah amsiong dijepret-jepret, ekspresinya aneh gitu hahaha!
Ini hasil editan studio.



Kalo boleh kasi sekedar tips kecil buat foto bayi:
- Usahakan baby tidur dan nyusu/makan dulu sebelom foto. Pokoknya foto di jam di mana kondisi dia lagi segar dan moodnya bagus. Better reservasi dulu biar ga ngantri.
- Bagi tugas buat godain si unyil karena kalo kebanyakan yang ngegodain juga anaknya lieur dong, 'mau liat mana eikeeh?'. Di beberapa studio, ortu sama sekali ga boleh ikutan ngajak bayinya ketawa (apalagi motret-motret sendiri pake HP) karena bisa ngerusak konsentrasi bayinya.
- Kalo anaknya lagi separation anxiety dan nangis setiap lihat maknya menjauh, coba aja  sejak 1-2 minggu sebelumnya latihan sendiri di rumah, bikin sesi foto pura-pura. Anaknya di kasur, mamanya berdiri 2 meter di depannya, di sebelah 'fotografer' alias papanya. Ato sekalian foto keluarga aja.
- Pastikan kostumnya nyaman dan bersih. Nah risiko pake kostum dari studio tuh di masalah kebersihan ya menurutku, apalagi kalo studionya rame. Makanya aku sih prefer pake kostum sendiri aja.
- Kalau anak lagi di fase masukin semua barang ke mulut dan maknya cenderung higienis, mending pake properti sendiri. Saya agak nyantai soal properti karena anaknya dah kelar vaksin rotavirus. Begitu dia mau masukin dakron dan mainan ke mulut, ya tarik aja hehe...
- Siapin kesabaran yang banyak, don't expect too much, jangan terlalu tegang. Enjoy the moment aja biar anaknya ikutan enjoy.
 


Next mission: foto keluarga! Pinginnya mah pas emaknya kurusan nihh tapi gimana atuhh emang udah dasarnya bakat bodi brontosaurus. Makan daun juga jadi lemak...






No comments:

Post a Comment