19 March 2015

Baby L Sakit Pertama Kali!

Seperti yang udah saya ceritakan di post sebelumnya tentang home therapy buat bayi sakit, si neng Euis pileekk sesudah imunisasi di ulang bulan ke-5! Huhuhuu...Mungkin terpapar virus waktu di RS.

Gejala awalnya di hari ke-1, si baby tidak demam tapi napasnya mulai bunyi grok grok grok kaya tersumbat lendir. Waktu itu saya mikirnya 'oh mungkin sisa lendir newborn, ada yang belum keluar karena akhir-akhir ini nggak bisa jemur'. Bulan Januari itu memang lagi mendung terus. 

Hari ke-2, baru deh saya yakin kalau anak ini sakit... nyusu cuma mau sedikit tapi nangis terus kelaparan. Napasnya kaya sesak, sepertinya ingusnya tersumbat. Kadang-kadang meler (biasanya kalau habis mandi berendam air hangat) dan kami bersihkan pakai tisu yang dipuntir-puntir supaya bisa masuk lubang hidungnya. Kondisinya naik turun, bentar ceria, bentar sesak dan ngamuk, gitu terus. Sorenya sehabis disusuin, gumoh 2 kali, lendir semua. Akhirnya kami posisikan badannya agak lebih tinggi, pakai bantal kepala yang agak kempes. Biasanya kalau malam nyusu sambil tiduran, nah sakit gini musti dipangku.

Hari ke-3, kami pakaikan Transpulmin Baby Balsam di badannya dan oles PureKids Decongestant Oil di bantal dan bajunya. Kadang sekalian saya suruh hirup baunya (botolnya ditaruh di depan hidungnya). Saya juga teteskan Breathy di hidungnya supaya ingusnya cair. Saking takut perih, saya cobain dulu Breathynya ke hidungku. Tapi tetap aja anaknya nangis, kesel kali ya, diapain sih inii? AC dipasang di 27C doang, cuma supaya nggak sumpek aja. Kami masih tetap mandikan 2 kali sehari karena anaknya suka mandi dan air hangat bantu mencairkan ingusnya. Di airnya juga kami tetesi minyak kayu putih. Begitu keringetan pasti ganti baju. Kami ga pakaikan baju tertutup, yang penting tetap hangat aja. Kondisinya masih naik turun, kalau lagi ga mampet sih ceria-ceria aja main. Karena saya kerja, saya titip ke mama saya supaya sering-sering tawarkan ASI perah ke si unyil.

Hari ke-4 dan 5, kami teruskan metode sebelumnya dan mulai beri obat Qing Feng San (Kehongsan) sesuai saran sahabat saya. Kebetulan dekat rumah ada toko obat cina. Satu ampul (bentuknya kaya guci keciiil sekali, dari plastik ditutup gabus) bisa buat 3 kali pemberian. Saran penjualnya sih untuk anak 5 bulan kasih setengah ampul, tiga kali sehari, tapi waktu kami coba jadinya pekat (kalau diencerin jadi kebanyakan) dan anaknya ogah. Kami tuang 1/3nya (dikira-kira aja) dengan bantuan tusuk gigi ke sendok lalu dikasih air hangat. Pelan-pelan kami suapkan ke si kecil lalu kami beri air putih. Sehari kami kasih 3 kali. Saya masih keukeuh nggak usah bawa ke dokter karena nggak demam sama sekali.
Kami juga coba sedot ingusnya dengan Pigeon nasal aspirator yang pakai selang (jadi mama saya yang pegangin si baby, lalu saya yang nyedot). Nangis sejadi-jadinya, kaget kali ya, tapi abis itu legaan. Kadang kalau dia nolak disedot sih kita bersihkan pakai tisu aja. Kalau dia sedang menyusu, saya oleskan minyak kayu putih di baju saya dan bagian atas dada supaya bantu napasnya.
Badannya terus kami balur dengan minyak kayu putih karena Transpulmin nampaknya ga ngefek. Kami coba 'terapi uap tradisional' ke dia dengan cara netesin minyak kayu putih ke gelas berisi air panas (kenapa gelas, karena saya pikir ga sebahaya baskom; at least mukanya ga akan nyemplung ke gelas) trus taruh di depan mukanya. Saya cobain dulu tuh hirup uapnya; pernah kepedesan soalnya, sampai mata saya aja perih. Kami tutup kain di atas kepala si bayi dan gelasnya biar uapnya lebih terarah (berani kami lakukan karena berdua meganginnya; saya pegang gelas dan kain, mama saya pegang si bayi). Hasilnya? Tentunya anaknya marah-marah hehe... tapi kan yang penting ingusnya mencair.

Hari ke-6 sampai ke-8, kondisinya membaik tapi kadang masih nangis karena tersumbat atau meler. Kami masih teruskan perawatannya, tapi makin susah ngasi Qing Feng Sannya, dilepeh terus. Pahit sih ya... Saya coba kasih pakai medicine feeder, anaknya nangis kejer sambil dia muntahin 'koeekk' gitu. Kasihaan banget liatnya. Mungkin dia juga pusing tapi ga bisa bilang ya?

Hari ke-9 nangisnya udah berkurang dan kayanya udah ga sesak, tinggal sisa suara grok grok aja. Suara grok-groknya itu baru ilang sekitar seminggu kemudian. Nyisa manjanya nemplok melulu (belakangan baru ketahuan dia mulai teething begitu sembuh pilek).

Nah abis ngalamin hebohnya anak pilek gini, jadi dilema dong.
- Perlu beli nebulizer ga sih?
- Ini metodenya udah bener belom yah?
- Kalo masih grak grok berlendir gini, apa indikasi asma yah? Mana emak bapaknya asma.
Langsung saya googling nyari DSA (dokter spesialis anak) yang terkenal mempraktekkan RUM (rational use of medicine). Ketemu beberapa nama di sekitar BSD, dan saya tertarik konsul ke dr. Johannes Ridwan di Gading Serpong karena dia juga spesialis pulmonologi (paru-paru). Vaksinasi bulan ke-6 kami pergi ke praktiknya di Bethsaida Hospital.

Belakangan baru kami  tahu dari dr. Johannes, bahwa:
- Kalau ada matahari (walau nggak panas), anak tetap bisa dijemur.
- Begitu denger kalo aku nguap anak pake aer panas, dokternya geleng-geleng. Oops hihi! Penguapan tradisional kurang dianjurkan karena bahaya lah ya naro air panas di depan muka anak yang masih ga ngerti dan ga bisa diem gini. Dokter saranin pake vaporizer aja.
- Untuk obat, dokternya tipe yang nggak kasih antibiotik kalau belum perlu. Tapi dia malah ngizinin aku kasih Qing Feng San. Nebulizing juga dia kasi cuman kalo perlu, dan dia ga suggest beli home nebulizer.
- Decongestant mending pakai Sterimar daripada Breathy karena bentuknya spray jadi lebih gampang dan tepat guna. Kalau Breathy kan musti ditetesin, riweuh jadinya. 
- Anak yang kedua ortunya asma emang punya kecenderungan asma juga, minimal alergi lah. Pencegahannya ya cuma dengan menghindari penyebabnya (misalnya debu). Vacuum kasur setiap hari (di rumahku sih cuma dikebutin pake sapu lidi hehe).
Selebihnya sih metode pengobatan rumahan kami udah bener.

PR kami: nyari vaporizer atau humidifier, yang bisa ditetesin inhalant. Aku malah penasaran pingin nyari yang bisa ditetesi essential oil nih. Si dokter nyaranin vaporizer dan inhalant Kaz tapi di Indo ga ada yang jual. Aku sampe kirim e-mail ke companynya, katanya emang ga jual. Mungkin mu nitip temen di US aja, in sya Allah si unyil ga pake acara pilek-pilek lagi.

Duhh kapok deh pokoknya ngalamin bayi sakit, cukup sekali ini sajaa! Suka berandai-andai, kalo tinggal di negara yang udaranya lebih bersih mungkin anaknya bisa lebih cepet sehat ya, pagi-pagi dibawa keluar hirup udara segar. Di Serpong mah, puihhh! Mana bisa!

Dan saya suka heran liat orang-orang bawa anaknya lagi batpil jalan-jalan ke mall ato apalah. Ya okelah situ yakin anaknya ga apa-apa, tapi apa ga mikir kalo nularin anak lain? Saya mah takut banget anak saya nularin anak lain. Mana tetangga ada yang anaknya batpil melulu tapi suka pingin gendong-gendong anakku. Hih! Virus semua, syuhh syuuhh! 
OOT: di bus juga aku perhatiin banyak yang batuk dan srat srot pilek tapi pada ga pake masker. Ginilah Indonesia. Malah yang sehat yang musti pake masker dan melindungi diri. *narik napas dalem 
**eh pasang masker dulu ding

Musim penyakit nih, baik-baik pada jaga kesehatan sekeluarga yahh! Semoga sehat semua!

No comments:

Post a Comment