24 March 2015

Baby L's Milestones : 7 Bulan (181-212 hari)

Umur 6 bulan BB: 9,9 kg; panjang 71 cm. Makin mbrot kaya pesumowati. Gigi seri bawahnya dah nongol.
Umur 6 bulan 29 hari BB sekitar 10,3 kg.

MPASI 6 bulan:
- Makanan yang disuka: Pisang, melon, brokoli, zucchini, bubur saring (isi sayur, wortel, kacang merah, ikan gurame, dll), kabocha, pear, plum, semangka, pepaya.
Pokonya 80% buah dia suka banget.
- Makanan yang biasa aja: bubur tepung beras + kaldu plain, puree apel, alpukat.
- Makanan yang ditolak mentah-mentah (maupun mateng): buah naga merah, kentang, tahu sutra Kongkee.
Keliatannya sih ga suka yang tawar dan seret. Sukanya yang berair apalagi kalo manis.

Milestones:
- Akhirnya bisa guling-guling telentang dan tengkurap sendiri. Sebenernya sudah dua bulan diajarin muter sendiri karena doi marah-marah mulu kalo kelamaan tengkurep, tapi baru bisa sekarang. Ndut sihh! *uyel-uyel* Pertamanya dia mencoba telentang sendiri karena ogah disuruh tummy time; tiap kita tengkurapkan dia ngebalik sendiri. Dasar pemalas. Seminggu kemudian dia mau nengkurep sendiri karena dipancing mainan. Abis itu baru gegulingan ngejajah kasur.
- Mencondongkan badan dan ngulurin tangan kalo minta digendong.
- Duduk tanpa ditopang (tapi kalo doi dah condong-condong mau ambil mainan ya masih ngegabruk deh ke kasur).
- Menggapai barang dan mencari barang yang tersembunyi benda lain (misal hape mama yang ketutup kain, muka mama yang ketutup rambut).
- Cilukba.
- Makan finger food. Paling mudah megang dan makan brokoli sendiri; kalau yang lain kadang masih musti dibantu pegangin dan arahin ke mulutnya.
- Ongkekin (bahasa apa ini) gumpalan makanan yang masuk ke mulutnya tapi ga kekunyah. 'Ohok ohok hoek' trus dia sodorin di lidah buat kita ambil.
- Poop di kloset, dipegangin.
- Ketawa tengil kalo dibilang 'no!'

Kebiasaan:
- Masih harus digendong sebelum tidur siang, tapi udah lebih betah main di kasur karena bisa guling-gulingan. Kalo siang neneknya (yang ngasuh dia) mau ke toilet, musti ditaruh di lantai dan dialasin bed cover karena ditinggal di kasur bentar aja bisa jatoh tuh. Kadang gegulingan nyampe lantai keramik tapi dia malah kegirangan, enak kali adem. Akhir-akhir ini kan gerah.
- Masih suka minta ditarik berdiri tapi pada ngelarang ditatih, takut pertumbuhan tulangnya terganggu.
- Caper bukan main, sangat seneng ngeliat orang, dan cekikikan kalo diajak ngomong. Tapiii... mulai muncul separation anxiety: kalau ga liat ada orang terdekatnya (mama atau neneknya) langsung mewek. Kadang menjauh 1 meter aja udah merengek takut ditinggal.
- Masih suka susah poop nihhhh, haduuuuh! Kalau mules mau poop pasti nangis kejer trus malah brenti ngeden. Ngeden atuh Nak, jangan nangiis! Kayanya dia masih adaptasi dari pup cair ke solid. Minum masih musti disendokin, ga mau pakai gelas.
- Bangun pagi makin pagi, dari jam 6 geser ke 5.30, geser ke 5.00, dan kadang jam 4. Mana kadang banguninnya pake nyakar. Mamakmu ngantuk, sayaang! Untung jam 20.00-an dia udah ngajak bobo. Tapi mamanya makin gendud dong, abis dinner langsung bobo...
- Kadang gigit-gigit kecil kalo lagi nyusu tapi bentar aja; belom pernah sampe harus dipencet idungnya.
- Babbling kalo diajak ngobrol atau nyanyi.
- Mencengkeram kalo gemes. Kecil-kecil pedess booo cubitan jari bayi.

Pengalaman:
- Fifth trip to Bandung: 21 Feb 2015 buat Imlekan.
- Gigi pertama keluar: umur 193 hari yaitu gigi seri bawah kanan. Sekitar seminggu kemudian keluar yang kiri. Teething period: 2 minggu (ngacai, manja, ga demam).
- Pertama kali foto studio dan kena blitz (semoga ga berimbas buruk). Sekitar 20 menit pertama sih hepi aja dijepret-jepret, tapi lama-lama amsiong juga.
- Lagi dihipnotis tiap malem supaya kalo siang mau bobo sendiri di kasur dan kalo pergi mau duduk anteng di car seat atau stroller. Hasil: so far biasa aja, tergantung moodnya hahaha... Kalo macet mah dijamin bangun dan ngamuk.

No comments:

Post a Comment