03 March 2015

Lulus S1 ASIX Plus Tips Mengatasi Masalah Menyusui

XX Februari 2015

Hari yang bersejarah buat saya *halah padahal berlalu begitu aja kaya weekday pada umumnya sih* karena my baby girl genap 6 bulan dan lulus S1 ASI eksklusif! Horeeeee!! *nebar virtual confetti supaya tetep go green*
PS: Sebetulnya ada sih masa-masa si bayi minum sufor Anmum waktu ASIku belum keluar di 3 hari pertama, tapi kalo ditotal ga akan nyampe 500cc. Dibandingkan sama ASI yang dia reguk *halah* selama 6 bulan ini yang diperkirakan mencapai 150 liter - seriously - boleh dong anakku ngaku bayi ASIX, boleh doongg? *dicibir emak-emak idealis yang bayinya 100% ASIX*

Hari ini menjadi suatu milestone baru dalam plan jangka pendek saya buat memberikan ASI selama minimal 1 tahun (in sya Allah bisa 2 tahun). Rasanya segala kerempongan menyusui+mompa dalam 6 bulan ini terbayar lunas pake profit! BTW kenapa aku sampe rempong ya? Padahal semasa hamil tuh saya udah googling banyak soal menyusui. Yah mungkin saya agak underestimate juga, apalagi dengar cerita mamaku yang enjoyed breastfeeding so much dan kayanya ga pernah bermasalah (padahal ternyata ya doi ga cerita aja di awal, takut anaknya jiper, haiyaaa). 

Post ini kudedikasikan buat mengenang apa aja yang kulalui ketika exclusively breastfeeding selama 6 bulan ini.

Nggak bisa IMD, RS tidak pro-ASI, ASI tidak keluar, puting rata
Kami harus menjalani cito caesarian gara-gara ketuban pecah di usia kandungan prematur (padahal udah late premature tapi tetep dokter ga izinin normal, mungkin karena saya ada asma dan kondisi kepala bayi tidak memungkinkan buat divakum jika saya nggak kuat mengejan). Ngedenger ultimatum caesar itu langsung dong saya kaget, bingung, dan (ampir) panik. Semasa hamil saya udah menjalani hypnotherapy, belajar gentle birth dan IMD, senam hamil dan berenang, tapi saya sama sekali nggak mempelajari soal caesar! Buat tipe planner kaya saya, ini bener-bener disaster. Kami juga nggak sempat konsultasi banyak dengan obgyn dan DSA. Tau-tau saya udah disuntik anestesi, di-'pasung', digojlag-gojlag, trus kedengeran suara kenceng si bayi nangis jejeritan. Well, I don't think it was gentle, at all. Kami hanya dipertemukan sebentar lalu si kecil dibawa untuk dibersihkan dan diperiksa DSA. Sementara itu saya harus 'diobservasi'; sebuah istilah yang konyol karena saya ditempatkan SENDIRIAN di suatu ruang kosong tanpa seorang pun tenaga medis sampai akhirnya suami nyariin saya (dan menemukan saya sendiri tanpa dipandu orang RS). Ibaratnya saya mati di situ pun *amit-amit*, ga ada tuh yang observasi saya. Dan demikianlah bye-bye IMD... Bayi saya baru dibawa menemui saya 5 jam setelah dia lahir dengan alasan perlu dihangatkan dulu di inkubator. The most torturous 5 hours in my life! Kalo bisa pingin rasanya nyabik-nyabik selang kateter+infus trus lari ke baby room. I want my baby!!! Dia kan bisa dihangatkan di pelukan ibunya!
Si baby kemudian lebih banyak tidur, bisa 7-8 jam sekali tidur dan sangat sulit dibangunkan. Kalau dia bangun, kami usahakan dia belajar menyusu tapi dia sangat sulit untuk latch on. Katanya beberapa bayi prematur memang lebih suka tidur dan belum jago latch on. Teori: bayi menyusu pada areola, bukan puting. Kenyataannya? Tetap saja kondisi puting saya yang mendadak rata (padahal semasa hamil udah sangat mancung) menyulitkannya untuk latch on. Dengan ke-oon-an emak baru, saya minta si suami beliin nipple shield (ceritanya biar mancung). Jelas ga guna lah ya.
Ketika malam tiba, si bayi nangis histeris. Kami sejak sehabis operasi minta-minta agar RS mengirimkan konselor laktasi tapi dia tidak datang sampai malam terakhir kami di RS. Teori: newborn bisa survive tanpa minum selama 2-3 hari.  Kenyataannya? First time parents kaya kami mana tega. Lalu si kecil kenalanlah dengan sufor...dan dot! DSA sih bisa aja janjiin susu akan diberikan dengan sendok, tapi suster mana mau repot. Besok paginya, suster bahkan memberikan lagi sufor tanpa seizin kami. Setiap kali ngasih langsung 40 cc pula. *jambak-jambak rambut* Lambung segede kelereng dijejelin sufor sebanyak itu? Ya kekenyangan lah! Dan anaknya pulas deh tidur, boro-boro mau ngenyot. Lha nenenku piye ikiii? Saat itu kami belum terpikir untuk menggunakan pompa.
Pokonya sempet IMD ataupun tidak, bayi harus diusahakan selalu menempel payudara atau badan ibu. Biar bayi tidur di sisi ibunya, jangan takut bayi jatuh atau ketindihan kecuali emaknya emang biasa mimpi sambil guling-gulingan.

Jaundice dan bingung puting
Kebingungan berlanjut ketika kami pulang dan ASI masih belum lancar. Papa saya menyarankan agar saya coba pompa (sebuah ide cemerlang dari seseorang yang generasinya sering mengira bahwa pompa itu hanya untuk mengeluarkan ASI yang tersumbat). Buru-buru si suami beli pompa manual. Hasilnya? Gatot.
Mau tahu solusi terbaik supaya ASI keluar? Sedot pake mulut. Mulut bapaknya aja, jangan mulut tetangga. Serius nih, terbukti lho. Mitos yang bilang bapak ga boleh nyedot-nyedot? Itu mah takut bayinya ga kebagian kolostrum kali yaa... Emaknya juga ga boleh stress karena bisa menghambat oksitosin. Pokonya harus dibawa hepiiii!
Begitu ASI keluar, saya belajar memerah dengan tangan. Lumayan, pertama kali memerah saya dapat 40 cc. Kami berikan ke si unyil dengan sendok dan dia minum 25 cc. Saat itu dia masih belum bisa latch on dengan benar sehingga dia lebih memilih tidur setiap sesi menyusu ke dada sehingga sendok cukup membantu supaya dia mau minum.
Masalah baru pun muncul: bayiku kuning. Banget. Ketika dicek ke lab, bilirubinnya sudah 19,3 mg/dl. Ambil darahnya 3 ampul dari tumit pula *ikutan nangis sama si bayi*. DSA langsung ultimatum fototerapi 2 hari. Ga ada bawa-pulang-jemur-di-rumah. Ikutlah saya dan suami nginep di RS demi tetap menyusui karena saya ingin di dekat si kecil; saya ogah bolak-balik ke rumah. Setiap 2-3 jam saya pompa ASI dengan pompa elektrik, all day and night nyalain alarm. Lumayan, tiap mompa masih bisa dapat 50-80 cc yang saya simpan di kulkas baby room. Saya juga sering nengok si bayi dan nyuapin dia susu. Tapi kalau dia nangis pas ga ada saya, tahu kan gimana suster ngasi ASInya? Yup... Dot! Bravo. Iya sih tujuannya baik ga manggil saya supaya saya istirahat, tapi kan tapi kaann... ergggh!
Dua hari fototerapi, bayiku pulang dalam kondisi segar bugar (dan item banget) dan udah mau bangun nyusu 2 jam sekali, but she totally rejected my breasts. Sendok dan cup juga bikin dia murka. Oke dehh... Kami ngalah dan beli dot. 
Memang ga setiap anak bingung puting. Saya juga dulu lahir prematur dan nggak langsung diserahkan ke mama, malah dikasih sufor pakai dot dan si mama dibiarkan saja dengan dada bengkak. Tapi sesudahnya saya masih bisa menyusu langsung ke mama. Tapi buat jaga-jaga, saya rasa sebaiknya bayi bisa latch on dan menguasai cara menyusu dengan benar ke payudara ibunya sebelum diperkenalkan ke media dot.

Exclusive pumping
Si kecil menolak pemberian ASI selain melalui media dot berarti saya harus rutin memompa, memompa, dan memompa. Pressure untuk menghasilkan ASI dalam jumlah banyak tuh tinggi lho kalo melakukan e-pumping ini, coba aja baca testi-testi di forum-forum. Faktor kelelahan juga sangat berperan. Menurut suatu artikel yang pernah saya baca, ibu yang e-pumping cenderung kurang tidur dibanding ibu yang menyusui langsung! Kok bisa? Iya, anggaplah satu sesi memompa butuh waktu 30-40 menit yang dilakukan setiap 2-3 jam, lalu menghangatkan ASI perah sekitar 5-10 menit, memberikan ASI perah ke si bayi selama 15-30 menit (tergantung lama bayi menyusu), belum lagi menyendawakan dan menidurkan si bayi, membersihkan peralatan pompa dan botol, membereskan cucian dan pekerjaan rumah lainnya. Kapan ibunya tidur, iya kan?
Saran saya menghadapi e-pumping: Jangan sampai stress karena dapat mengurangi jumlah ASI. Usahakan berbagi tanggung jawab memberikan ASI perah ke bayi dengan orang rumah supaya bisa cukup tidur.
Nah, terus apa masalah saya dalam melakukan e-pumping? Biasalah, galau kumat. Saat itu saya harus mempekerjakan seorang babysitter karena ortu dan mertua jauh di kota lain dan dalam 2,5 bulan saya harus kembali kerja. Mahohil berat bok gajinya *lebih gede dari gaji gue waktu freshgrad*, jadi kalo ga mau rugi ya doi musti dipekerjakan bangun malem ngasi ASI ke si bayi. Dianya sih emang biasa gitu ceunah. Enak kan ya, saya tinggal mompa terus bobo, seneng dong? Kaga tuh, aku ga seneng. Emak-emak posesif macam diriku ga terima kalo anak lebih deket sama suster daripada sama emaknya. Gimana kalo saya yang ngasi susu sendiri? Sama dengan ga tidur dong, mompa dan nyusuin aja terus semaleman. Ntar gimana di kantor? Ah ini mah emang sayanya aja nggak jago bagi waktu ditambah posesif berat sama anak hahaha...

Relaktasi
Di situlah saya memutuskan buat memaksa si kecil menyusu kembali ke dada saya. Nyari-nyari info, ternyata itu namanya relaktasi. Relaktasi ini sendiri artinya proses membuat bayi kembali menyusu ke ibunya. Kebanyakan ibu-ibu yang menjalani relaktasi ini malah ASInya sudah seret atau bahkan ga keluar sama sekali. Di teorinya, bayi di bawah usia 6 bulan masih lebih mudah untuk belajar menyusu. Okeh, deal. Saya minta izin suami dan doa papa mama, lalu kasi tau si suster bahwa kalo baby lagi sama aku dan nangis-nangis, biarinin. Itu artinya dia lagi latihan nyusu sama aku. Botol dan dot disimpen semua.
Prosesnya masih gampang karena ASI saya masih keluar walau nggak sederas dot (jadi nggak perlu beli alat relaktasi) dan nggak langsung ngocor pada kenyotan pertama seperti dot. Bayiku awalnya ngamuk-ngamuk setiap mau nyusu, mungkin karena ga sabar sama kocoran *apa lagi ini* susu yang lambat dibanding dot dan karena dia ga sabar belajar latch on. Dada saya ditendang, mukanya sendiri dicakar-cakar, blingsatan. Waawww...kaya kesurupan, eh kaya ngajak perang deh. Sedih lho, anak sendiri sampe segitunya ga mau nyusu ke ibunya.
Kalo dia tidur, saya ajak skin-to-skin atau dia tidur di pelukan saya. Dengan segala daya upaya, dia mulai mau nenen. Awalnya sekali nyusu hanya sekitar 7-8 menit. Saya ngeri dia ga cukup dapat cairan, parno dia kuning lagi. Maka jadwal dan jumlah pipis dan pupnya betul-betul saya pantau. Si unyil bareng saya 24 jam sehari, ga pernah pisah, jadi saya tahu betul dia pipis dan pup berapa kali, berapa banyak, teksturnya gimana. Saya kirim e-mail ke AIMI untuk konsul dan katanya proses serta hasil pantauan saya udah bagus. 
Akhirnya bayiku betul-betul bisa latch on dan menyusu langsung sama saya walau sampai umur 2 bulan masih suka drama tiap mau nyusu, jejeritan nangis nggak sabar, hih! Padahal saya udah ngayal bakal kaya di pelem, nyusuin damai tengah malam sambil menatap mesra si bocah, huuu... Tapi dia berangsur membaik dan di usia 3-4 bulan sudah bisa nyusu damai kaya di pelem deh hihi.
Tips relaktasi: sabar, sabar, dan sabar. Tekad musti kaya batu walau ga tega. Waktu bayiku pake botol, dia cenderung lebih kalem lho daripada waktu belajar nenen. Tapi sekarang dia malah lebih suka enen, mungkin karena boleh sambil ngempeng hehehe... Sekarang latch on-nya juga udah jago banget, sampe udah tidur pun susah banget lepasnya, pageuh!

Small things : Sore nipple, Nursing in public
Awalnya karena kena pompa, lalu akhirnya karena kena lidah si baby. Ini akibat kondisi puting yang masih sangat sensitif setelah bayi lahir jadi mudah lecet, sampai rasanya kena baju dan air mandi pun sakit, apalagi pas handukan atau kena lidah si bayi. Auw bagai diamplas! Tapi waktu itu saking senangnya karena dia mau nyusu langsung, saya ga terlalu peduliin rasa sakitnya. Olesin ASI aja setiap sebelum nyusuin, it's the best disinfectant and medicine for sore nipples. Dikasih salep sih waktu di RS, tapi nggak saya pakai. Parno takut bahaya keisep bayi (walau kata petunjuknya sih gapapa) dan malas lap-lap dulu kalo bayinya dah nyariin nenen. Kelamaan! Lewat usia si kecil 1,5 bulan, semua rasa sakit sirna. Yang ada malah rasanya nyusuin tuh nyamaaan banget!
Menyusui juga awalnya membuat saya ragu keluar rumah. "Nanti ribet nyari tempat nyusuin. Gimana kalo anaknya keburu ngamuk di tempat umum." dll dll dll keparnoan emak-emak baru. Lama-lama jiwaku yang bebas menolak terkungkung di rumah terus-terusan dong *halaahh*! Akhirnya berani juga pergi berdua doang sama si kecil, nyusuin pakai nursing apron di taksi, restoran, cafe dll walaupun awalnya canggung. Dari yang risih kalo nursing roomnya merangkap ruang ganti (mau sesama ibu-ibu juga suka tetep aja risih) sampe udah biasa menyusui di depan temen-temen cowo di public area (ya tetep pake apron lah yaa). Kalo denger cerita orang lain malah lebih gile, bisa nyusuin di tengah bioskop dan konser musik pake Bobawrap. Gile ga tuh! Terbukti, menyusui ga jadi hambatan buat bersosialisasi.

Kejar tayang mompa ASI karena supply ga memadai
Yak, cuti lahiran berakhir. Dua setengah bulan berlalu kaya cuma seminggu. Dan dengan bodohnya saya terlambat nyetok ASI Perah. Begitu si kecil bisa nenen, dengan songong saya kurangi sesi memompa. Abisnya capek, si kecil nyusunya makin lama dan musti 2 dada, dan beneran sampe habis lho. Dipompa dan dipencet tuh cuma keluar 1-2 tetes aja! How stupid I was. Kebutuhan ASI si kecil meningkat seiring usia. Ketika saya kembali ngantor, dia ngabisin 5 x 120 cc ASIP dan saya hanya bisa menghasilkan 500 cc. Jengjreeng! Paniklah saya mompa tiap subuh dan weekend demi menutupi kekurangan stok ASIP. Emang sih, tiap malam di kulkas selalu ada stok min buat 2 hari ke depan, tapi ngeri juga kan? 
Kunci pertama: jangan membandingkan diri sama yang ASInya seember dan hasil perahannya kaya tinggal buka keran, apalagi kalo yang liat tuh gampang terintimidasi kaya saya. Ada sih ibu-ibu yang lihat foto freezer penuh ASIP malah termotivasi, but not me. Saya ga sirik kok liat temen-temen yang sekali merah dapat 300cc, sungguh! Tapi suka jiper aja jadinya. 'Kok gue ga bisa gitu? Kok ASI gue dikit?' dan kok ini kok itu lainnya berputar-putar di kepala. Stress tuh bikin ASI seret. Percaya diri aja kalo ASI kita pasti cukup. 
Kunci kedua: IKHLAS. Emang kenapa kalo anak harus minum sufor? Ga dosa, kok! Kalo menurut saya, kenapa sih musti segitu idealisnya sampe mikir "anak saya ga boleh sufor, ga boleeh!" kalo emang kepaksa begitu? Bukan berarti mudah menyerah yaa... Saya juga sebel sama ibu yang alasannya ga mau ngasih ASI karena "takut bentuk PD jelek" atau "sakit ah nyusuin". Manja amat! Tapi kalo udah do your best dan masih butuh oplosan sufor, ga apa-apa! You've done your best and it's fine!
Waktu kejer tayang itu yang saya lakukan:
- Minum ASI booster tea, Mama Soya, ASIFIT (ga gitu ngefek sih) juga makan sayur katuk dan duren. Sebetulnya semua ibu juga tahu kalo booster ASI tuh sifatnya psikologis aja hehe... Tapi kadang lebih confident aja kalo ngonsumsi booster. Booster yang sebenarnya adalah oksitosin dan untuk menghasilkan oksitosin, hati harus bahagia.
- Nyewa double breastpump Unimom Forte lalu memodifikasi Medela Swing saya supaya bisa double pumping (sampe dibilang geek sama temenku hahaa) karena katanya double pumping bisa menghasilkan ASI 18% lebih banyak.
- Mompa di kantor 2 jam sekali. Beli bra buat nahan pompa supaya bisa mompa sambil kerja. Pernah tuh botol isi ASI 150 cc lebih jatuh kesenggol dan pecah di kantor waktu saya buru-buru mau angkat telpon. *aselik beresinnya sambil sesenggukan*
- Selalu menyusui secara langsung setiap ada kesempatan. Pernah abis long weekend 4 hari kruntelan sama si kecil, besoknya mompa di kantor dapet 620 cc. Banzaaaai!
- Jaga mood harus selalu happy. Menolak stress dan menghindari bete. Saling nyemangatin sama pumping mothers lain di forum.
- Makan bergizi dan minum min 2 liter sehari.
- Nggak nyetok sufor supaya makin kepepet dan semangat mompa. Toh sufor mah gampang lah tinggal nyebrang ke minimart terdekat. Ini emaknya emang lebih gede hasrat tidur daripada motivasi mompa sih jadi musti gitu.

Akhirnya kekejar juga deh ngASI. *lap peluh  **lap tetesan susu
BTW: permintaan (sebagian) bayi terhadap ASI begitu dia mulai MPASI tuh ga berkurang ya, catet. Jangan dikira begitu MPASI boleh leha-leha hahaha...

Lumayan panjang ya... Tapi banyak kok masalah persusuan lain yang lebih berat dan (puji Tuhaan) ga usah saya alami: anak menderita tongue tie, ibu mengalami mastitis, keluarga ga dukung ASI, ASI nggak keluar samsek. Hihhh ngerinyaa... Salut buat ibu-ibu yang mengatasi itu semua, pingin rasanya ngasih support, soalnya emang saya sendiri ngerasain efek positifnya support keluarga dan teman-teman. One sentence that made me go through it: "salut lah sama kamu sampe segininya mau ngasih ASI" that came from my own mother. *elap aer mata haru* Jaman doi dulu kan kalo ga cukup ASI ya tinggal kasi sufor aja. Ga ada tuh ASIX ASIXan.

Kalo baca semua itu, kesannya breasfeeding tuh menyiksa ya?
Nggak kok, sungguh, ga nyesel. I'll still do it all over again, tapi kalau waktu bisa diputar, saya pingin punya kesiapan menyusui setelah operasi, saya pingin IMD, saya pingin lebih rajin mompa di awal lahiran karena itu yang menentukan milk supply ke belakangnya. 

Menyusui emang melelahkan, tapi bayarannya juga berlimpah. 
* Teorinya, busui lebih mudah menurunkan berat badan dibanding yang tidak. Kenyataannya: kayanya nggak juga, gimana orangnya aja hahahaa... *pencet-pencet lemak perut dan paha*
* Teori lain, busui lebih kecil kemungkinannya terkena kanker payudara. Yah, sekarang malah seorang busui tersayangku sedang berjuang melawan kanker PD, tapi mungkin banyak faktor lain berpengaruh ya selain menyusui. 
* Banyak juga penelitian yang menyatakan bahwa anak-anak yang disusui ibunya cenderung lebih sulit terserang penyakit dan lebih stabil secara emosional, secure, intelek, mandiri, dll dll. Lagi-lagi di dunia nyata saya ketemu teman-teman cerdas, mandiri dan sehat tapi dulunya full sufor jadi ga tau juga lah yaw. Untungnya si eneng kecilku emang ampir ga pernah sakit (pernah sekali pilek begitu abis imunisasi, kayanya terpapar virus waktu badannya melemah efek imun) dan walau gendut (10 kg, 71 cm di usia 6 bulan) tapi ga dinyatakan obesitas karena konsumsinya ASI tok.
* Tapiiiii... THE BEST ADVANTAGE ABOUT BREASTFEEDING FOR ME IS: the precious moments I have with my little daughter. Bukannya mau bilang ibu yang ngasi sufor ga bonding sama anaknya yaa... Tapi ada momen-momen melelehkan hati ketika si kecil nemplok rapet ke ibunya, ketika dia tidur kekenyangan terus senyum-senyum kecil, ketika dia panik nyaplok-nyaplok ibunya kalau lepas, ketika dia digendong orang lain lalu muter-muter badan demi nyari ibunya dan memelas menatapku minta nenen, dan ketika dia ketawa kegirangan waktu tahu mau dikelonin. Ah, langsung meleleh deh.
* Oke, boong. Itu tadi mah best advantage emosionil aja. Ada best advantage kedua dari menyusui: NGIRIT ONGKOS SUFOR! Makin gede anak dan makin banyak dia minum, makin ngeri lho biaya sufor. Temennya suamiku abis Rp 2 juta aja gituuu sebulan, buat sufor doang. Kalikan dua karena anaknya kembar. Ihhh mending dipake emaknya makan-makan di Sushi Tei, hati emak senang, ASI ngocooor!

Kalau ada yang kesasar ke mari, yuk berbagi dan curhat, saya siap ngasi support sebisanya! Semangat ASIX! Mari lanjut ke perjuangan berikut: MPASI!

No comments:

Post a Comment