17 June 2015

Kid's Weight Booster Recipe: Shrimp in Creamy Coconut Sauce

Aku menemukan resep ini di Welcome Home Blog tapi belum terpikir untuk membuatnya selama berbulan-bulan. Sabtu lalu aku dan mama membeli seperempat kilo udang besar yang segar di pasar dan aku keingetin sama resep ini!

WARNING: nggak cocok buat penderita kolesterol tinggi dan penyakit jantung!

Bahan:
- 250 gram udang besar, kupas kulit
- 60 ml santan (kami pakai Sun Kara)
- 1 sdm susu UHT plain (kami pakai Ultra full cream)
- 1 sdm susu kental manis
- 1 sdm mayones
- 3 sdm mentega (kami pakai margarin Meadow Lea)
- 2 sdm minyak (kami pakai olive oil)
- 2 sdt daun bawang cincang
- 70 gram bread crumbs (kami pakai yang kasar secukupnya)
- 1/2 sdm maizena
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdm ekstrak vanilla (tidak kami pakai)

Cara masak:
1. Cuci lalu tiriskan udang, balur dengan garam.
2. Campur bread crumb dengan maizena di mangkuk, masukkan udang. Balur udang (tidak perlu ditekan, tidak perlu terlalu tebal).
3. Di wajan, panaskan mentega dan minyak hingga meleleh, goreng udang selama 3 menit sampai cokelat keemasan. Angkat dan tiriskan minyaknya.
4. Di panci, campurkan santan, susu UHT, dan ekstrak vanila. Aduk di atas api kecil. Tambahkan susu kental manis sambil terus diaduk sampai berbuih.
Jika sudah berbuih, masukkan cacahan daun bawang. Biarkan di atas api kecil sampai cairan berkurang sepertiganya.
Tambahkan mayones dan aduk sampai rata.
5. Masukkan udang ke saus (masih di atas kompor) dan aduk supaya sausnya meresap.
Setelah mendidih, matikan api dan angkat masakan. Sajikan panas-panas.

NOTE:
- Enak dimakan dengan nasi hangat. Teksturnya sangat creamy, ada beberapa orang nggak suka. Kami makan pakai cah sayuran supaya ada segar-segarnya. Kayanya dipakein nanas enak deh, lain kali mau coba ah.
- Bisa buat boost berat badan bayi (biasanya kan orang boost BB bayi dengan pakaikan butter, olive oil, susu UHT, dan santan di masakan MPASInya). Kalau anaknya belum makan table food, tinggal singkirkan bahan-bahan yang nggak dimakan si bayi (misalnya garam, susu kental manis, mayones). Saya sendiri merasa sedikit mayones yang dimasak nggak apa-apa buat bayi di atas 7-8 bulan. Maklumlah, ibu penganut WHO.
Jangan kuatir sama kolesterolnya, asal jangan keseringan juga yah hahaha... Kalo waswas ngasi ini ke anak, bisa kurangi santannya atau eliminasi juga beberapa bahannya. Hindari resep macam gini kalau keluarga punya riwayat kolesterol tinggi atau penderita penyakit jantung di usia muda.


Hasil akhir kurang cantik ya, burem hahaa..
Fotonya burem haha.. mohon maklum ya, lagi gendong anak ndut yang nggak bisa diem dalam kondisi lapar, jadi aja gemeteran.

No comments:

Post a Comment