04 January 2016

Second Pregnancy - First Trimester

Kalau di first pregnancy minggu keenam aku udah mulai mual, di second pregnancy ini mulai mualnya di minggu ketujuh.

Kalau di first pregnancy mualnya dibagi 3 kategori: mual, mual banget, mual-sampe-KO. Nggak pernah nggak mual. 24/7 alias 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Dari minggu keenam sampai lahiran di minggu ke-36. Kalau di second pregnancy ini (so far) masih ada moment nggak mualnya walau cuma sedikit.
Rekapan minggu ke-7 : fine, agak mual, mual lemes, agak mual, fine tapi LAPAR-BERAT-GILAAK, agak mual, fine tapi lapar melulu.
Minggu ke-8: lapaarrr... lapaaarrr... abis makan pun masih lapar! Porsi makan udah kaya kuli lho. Abis dinner masih lanjut nyemil semangka, sirsak, keripik kentang sebungkus gede, dan masih ga bisa tidur karena lapar hahaha.
Minggu ke-9: tepar gara-gara mual!!! Pengennya tidur aja, lemes!
Minggu ke-10: masih tepaarr.... susah makan.
Minggu ke-11: mulai bisa ngantor tapi masuk siangan saking parahnya kalau pagi. Sempat ngeflek dan diomelin dokter. Ternyata ada pendarahan dalam. Noooo!
Minggu ke-12: hyperemesis lagi. Ga makan, lapar. Makan, mual & muntah. Serba salah pokoknya haha...
Minggu ke-13: kurang tidur gara-gara si sulung diare 2x tiap subuh, ditambah masih mual. Seru lah hahaha... Puji Tuhan fleknya udah berhenti.
Minggu ke-14: Muntah mulai berkurang frekuensinya, tapi kontraksi jadi makin kenceng.

Tiap hamil nih mualnya kembung-kembung dan enakan kalau burping gitu. Aku dari kecil agak fobia muntah (rasanya geli sendiri aja gitu) jadi susaaah banget muntah walaupun pingin. Kayanya kalau muntah kan enak ya jadi legaan, tapi sayangnya di first pregnancy aku ga bisa samsek (kecuali ketika tak tertahan lagi)... Puji Tuhan di second pregnancy udah mulai bisa munmun walau bikin cape, lemes, dan perih. Dan di semua pregnancy, asam lambungku menggila.

Kalau di first pregnancy aku susah makan karena males keluar rumah, males masak (bau bahan makanan bikin eneg), sering ga ada nafsu makan, dan delivery service di sekitar rumah sangat terbatas (belum ada layanan beli makanan dari Gojek), di second pregnancy ini makan melulu soalnya ada mama yang nyiapin dan kalau mualnya ilang, langsung LAPAR BERAT. Tapi abis makan ya mual lagi hahaha... First pregnancy pernah sih beberapa kali mama ngirim makanan beku (paling kuingat supnya, favorit sih) dan setiap ke Bandung bekelin makanan hahaha... Mertuaku juga dulu ngirim makanan dari Denpasar, kali ini ngirimin mangga hasil kebun seabrek! Seminggu nggak abis-abis dimakan berempat hahaha...

Kalau di first pregnancy aku mendadak claustrophobia dan agoraphobia, di second pregnancy ini baru kerasa agak claustrophobic sedikiit. First pregnancy juga aku parno banget. Lihat kucing aja langsung tahan napas, apalagi papasan sama bangke tikus pas naik ojek hahahaha... Lebay abis ya.

Kalau di first pregnancy kayanya nggak pernah kram atau kontraksi perut sebelum usia kandungan sekitar 20 minggu, di second pregnancy ini dari minggu keempat udah suka kram atau kontraksi ringan. Kayanya sih efek nyusuin dan mompa juga sih. Sejak minggu ke-8 kontraksinya menghilang, tapi malah jadi mual haha... Muntah berkurang di minggu ke-14 tapi kontraksinya muncul lagi dan makin kuenceng!

Cek kehamilan kami lakukan di akhir minggu ke-7 ke dr. Joel Juanda, SPOG di Carolus karena kebetulan doi praktik hari minggu dan denger-denger doi sangat mengusahakan normal. Dan betul aja, pas diceritain riwayat lahiran pertama, katanya 36 w pecah ketuban mah masih bisa normal. Huhuuuu... Dia sendiri nggak bisa menjanjikan VBAC buat anak kedua ini, karena banyak syarat yang harus dicek belakangan, misalnya ketebalan jahitan rahim minimal 2 mm dan berat bayi tidak boleh melebihi 3,5 kg. Aku cuma dikasi Folamil sama Hi-Bone dan nggak ada pantangan apapun. Lucunya nggak dikasih tahu kapan musti balik lagi, mungkin 30 hari sesuai jumlah vitaminnya kali ya. Dokternya juga nggak komen apa-apa pas kubilang aku masih nyusuin. Walau hitungan tanggal udah hampir 8w, USG transvaginal menunjukkan ukuran si bocah masih 0,5 cm (sekitar 6,5w). BTW tipe dokternya nggak banyak ngomong. Santai gitu. Suami dan aku sih belum ngerasa apa-apa soal dokternya, biasa aja.

Di usia kehamilan menjelang 11w, kami ke dokter lagi karena mualku udah ga ketulungan. Kami nyari yang dekat aja yaitu dr. Rahmedi di RS Omni Alsut. Image dokternya: oke! Aku pernah ketemu beliau di kelas kehamilan dulu, tapi baru kali ini check sama dia. Orangnya blak-blakan. Aku diomelin karena kurang minum. Dipuji karena banyak konsumsi protein. Disuruh jangan bergantung ke obat mual tapi dikasi juga sih satu strip Ondansetron. Trus katanya hati-hati karena harusnya umur segitu udah ga ngeflek, dan di USG memang nampak pendarahan ringan. Aku disuruh perbanyak minum dan dicek lagi dalam 30 hari buat pantau baby karena sekarang ukurannya baru 23 mm (standar usia 9w) padahal berdasar kalender harusnya udah hampir 11w. Hiks little baby, tumbuhlah sehat kaya kakakmu yaa...

Kemarin memasuki 15w, kami cek lagi ke dr. Rahmedi. Pendarahannya udah ilang. Aku minta dibekelin Hystolan in case ngeflek lagi karena di apotek dekat rumah unavailable. Ukuran si unyil udah lumayan sesuai umurnya yg 14w : 7.6 cm. Beratku udah naik 2,5 kg. Bentuk kepala, rahang, jari, tulang punggung bagus kata si dokter, dan jantungnya juga bagus. Katanya sih kemungkinan cowo tapi aku ga terlalu ngarep, toh baby girlku juga sempat dikira cowo sama dokter hahaa... Puji Tuhan hasil cek kemarin bagus. Aku diingatkan bahwa konsumsi protein tinggi memang penting tapi harus diimbangi sayur dan buah untuk mencegah efek buruk protein ke badan. Siap, dok! Lha ini aku tiap hari minum sari jeruk atau jus MamaRoz karena mual kalau minum air putih.

Ngidam so far: brownies panggang Prima Rasa yang rum raisin; Taokaenoi rasa tomat dan tomyam goong, popcorn, bakso sapi, kerupuk aci tutung, sayur asam, sup bikinan Mama, ayam goreng, pasta tomat, baked tomato. Banyak amat yak hahaha... Soalnya begitu terpenuhi ya besoknya udah berubah lagi ngidamnya hahaha...  Semua kesampaian kecuali brownies rum raisin (tapi sekarang udah ga pingin sih, jadi mungkin bukan ngidam ya namanya) thanks to my devoted father and mother yang sabaaarr banget ngurusin aku dan baby L (yang kadang harus dipancing buat main di luar kamar instead of gangguin mamanya yang mual). Tanpa mereka mah walahualam deh gimana nasib kami.

No comments:

Post a Comment