09 May 2016

Ada Apa Dengan Cinta 2

Akhir-akhir ini lagi stress melulu, mungkin bawaan hormon juga. Banyak pikiran juga. Untunglah, di tengah euforia AADC2, suami mau nemenin nonton. Saya pun akhirnya menginjakkan kaki kembali di sinema setelah 2 tahun memuaskan diri dengan nonton film di TV kabel dan torrent (ya maap... sekarang kami udah pakai Netflix kok, udah halal nontonnya hehehe). Si eneng juga bobo pas kami tinggal, jadi berangkatnya kondusif ga pake derai drama. 


Nah sebelum nonton, saya udah baca reviewnya di Rolling Stone. Kok nampak mengecewakan dan murahan ya (product placement di mana-mana, katanya) makanya aku nonton dengan very low expectations. Eh ternyata lumayan ahh.. Enjoyable kok, paksu juga suka-suka aja. Alhamdulillah ya punya suami yang mau diajak ngebahas segala printilan dan detail ga pentingnya pas lunch dan sepanjang perjalanan pulang hahaha... Kami akui dialog, puisi, dan soundtrack mah jauh menang AADC1 yah... nonton sekali aja bisa langsung nancep. Ya di otak, ya di hati. 

Characters? Ya masih sama-sama lah, kurang lebih. Cinta masih nyeremin kalo marah, sayangnya doi lebih efektif menancapkan verbal abuse daripada memberikan serangan motorik yang momentumnya sangat layak retake (ya jangan disamain dengan cewe berangasan ga berkelas kaya lu juga kali, Trid) hahaha... Milly masih ngocol, tapi kayanya udah ga oon-oon amat. Karmen masih galak dan to-the-point, walau ada kejadian dalam hidupnya yang nampaknya telah menjadikan dia lebih sensitif. Maura masih jadi karakter tempelan yang menyia-nyiakan kemampuan acting Titi Kamal; yang nyegerin cuma lihat suaminya hahahaa... Alya nggak tampil, denger-denger karena jadwal Ladya Cheryl bentrok dengan jadwal shooting. Don't worry, nasib Alya bakal diceritakan kok oleh sohib-sohibnya, tapi ya jujur aja, buat saya sih mengecewakan. Saya pinginnya Alya dewasa tuh bermetamorfosis jadi perempuan yang tangguh. Perempuan yang bangkit dari penindasan. Dia punya benih untuk itu. Jadi aktivis gerakan HAM atau kewanitaan kek. Jurnalis kek. Apalah... *sigh* Karmen aja bisa berubah dan melunak, saya pingin dong Alya bisa berubah jadi macan? 

Karakter cowo? Mamet masih terbully, tapi nampak lebih matang dan ga ancur kaya dulu. Rangga? Masih jaim dan tukang galau. Oke, oke, saya ngaku, dulu jaman SMU sih sempet terpesona lah sama sosok Rangga yang cool dan bitter. But seriously, this kind of guy tuh bukan buat dipacarin, apalagi dinikahin. Bisa stress... If only Rangga punya sisi konyol yang cuma dia tampilkan buat Cinta, karakternya bakal lebih manusiawi & perfect (menurut lo aja ah, Trid, awas lho digebog fans Rangga). 
Karakter baru adalah Trian, tunangannya Cinta yang diperankan oleh Ario Bayu. Saya prefer dia jadi cowo bengkel sengak di Catatan Si Boy ah. Di sini karakternya juga tempelan bangeet... Sekedar ada buat bumbu cerita aja, biar Cinta punya alasan galau buat CLBK atau kaga. 

Jalan cerita? Yahh... Alasan Rangga balik ke Indonesia menurut saya kurang kuat sih (dalam hal ini setuju sama Rolling Stone). Dibanding ibunya, kayanya dia lebih tertarik nyari Cinta. Terbukti dari puisi yang dia tulis di pesawat dan kemudian dia berikan ke Cinta (gapapa ya spoiler dikit). Tapiiii.. Kalau emang mau lu gitu, Ga, napa nggak lu cari Cinta dari berapa taon yang lalu? Why now? Nah kan, malesin kan cowo galau... Tapi kayanya karakter galau si Rangga menurun dari emaknya. 

Soal gimana Rangga dan Cinta bisa ketemu... yowis lah, ga klise-klise amat kok, toh dalam hidup nyata pun berapa ratus pasangan yang dipertemukan kembali oleh takdir? Lagipula Jogja is the city of serendipity. 
Soal gimana akhirnya mereka bisa duduk berdua di cafe (adegan yang jutaan kali dibikin meme sejak teaser AADC2 keluar beberapa bulan lalu)... alasannya Cinta buat menemui Rangga tuh cheesy banget sih menurut saya. Begitu denger dialognya, saya langsung sorak dalem ati 'ya kali, cyiiinn!' dan sempet agak gubrak soalnya di luar alasan cheesy itu, telak banget Cinta ngeskakmat Rangga. Tapi yasudlah, namanya juga harga diri seorang pere ya... jadi kudu jaga gengsi lah... 
Soal gimana akhirnya mereka menghabiskan waktu berdua dengan cara-cara yang 'artistik'... ya namanya juga film yah, kudu indah diliat. 
Soal siapa yang akan Cinta pilih... kelihatan dari awal kok. Seisi bioskop juga pasti udah tau kan kalo AADC2 dibikin buat nyenengin generasi 90an. Ya emang jadi kurang greget sih, ketebak banget soalnya. 

Ngomong-ngomong soal ketebak, adegan percintaannya melebihi ekspektasi lho! Ehem! Pokoknya adegan ciuman di bandara dulu mah lewat lah... Usia dan experience emang ga bisa dipungkiri yah hahahaa! Secara Disast dah jadi tauladan mamak muda yang tetep seksoy dan kinclong (walau saya tetep yakin duit juga ngefek, bisa lah luluran SKII dan ngegym tiap hari) dan Nicsap... gatau deh (hosip soal orientasi doi malah bikin sedih hahahaa). 

Adegan yang mengecewakan buat saya? 
BIG SPOILER ALERT yahhh! 
1. Pertemuan Rangga dengan ibunya. Nggak ada haru-harunya sedikit pun padahal saya dari dulu cengeng banget kalo isu ibu-anak gini. Ga tau kenapa, ga dapet aja feelingnya. Saya malah lebih terharu waktu Cinta marahan dan baikan sama salah seorang sahabatnya. Hmmm... apa karena fisik (baca: muka) para pemeran kurang mendukung buat jadi keluarga yah? Ibu (dan adik tiri) Rangga kok mbak-mbak banget (ya maap... kejujuran itu kadang menyakitkan) hahaha... 
2. Perpisahan Cinta dan Trian dan the climax. 
Just right after she rejected her long-lost love dengan bilang 'Rangga... I'm getting married!', ehh...  ga diceritakan atau digambarkan dengan baik gimana Trian & Cinta pisah. Kalo saya malah nangkep kesannya Cinta diputusin Trian lalu galau mau ngejer Rangga ke airport. Yah sebetulnya bukan ngejer Rangga sih (toh Cinta gatau Rangga mau balik hari itu juga ke NY). Cinta cuma galau aja sehabis menolak ayang lama dan putus sama ayang baru, sambil nyetir (mungkin mau pulang ke apartemen kerennya) kemudian kecelakaan. Dari near-death experience itu, Cinta menemukan keteguhan hati buat nyari Rangga ke New York. Tapiiii... saking cepetnya cerita dibawa ke klimaks, jadinya tempo ceritanya agak maksa (menurut sayaaa... Saya yang ga belajar filmography dan sebangsanya tapi sotoy iniii) kaya buru-buru tamat. 
Kenapa saya ngerasa buru-buru? Lha di awal sampai tengah cerita tuh masih banyak silent scenes sekedar menampilkan Cinta galau dan minum (eitss, minumnya Aqua dong biar ga lemot, jangan langsung lapor Uni Fahira yah), juga scene-scene artistik. Why not waste some more space buat setidaknya menunjukkan Trian pergi (atau emang ada adegan tersebut dan saya kelewat sihh?) dan Cinta merenung di galeri? Atau bikin Trian memaafkan Cinta dan ngasih Cinta pilihan? Jadi lebih kerasa gitu lho kalau Cinta milih Rangga, dipertegas oleh near-death experience. Ah sudahlah, emang sapa gue mikirin beginian. Bikin panas di kening tapi dingin dikenang aja. ;p
3. Kurangnya interaksi Rangga dengan sahabat-sahabatnya Cinta, kaya waktu di AADC1. Cuma ada interaksi chat message dengan Karmen. Yah emang di penutup ada dikit sihh... 

BTW yang jadi kesimpulan akhir saya sih :
- Cewe cantik nan classy tuh kalo ditanya lapar apa kaga, cuma jawab pake senyum, gak pake merengek 'lapaarrrr, lapaarrrr!' (kaya diriku yang ga cantik dan ga classy). 
- Cewe cantik nan classy tuh ga berminyak dan ga kucel walau ga mandi seharian, dan ga pernah tertangkap basah sedang memakai kertas minyak. Pokoknya effortless beauty! 
- Cewe cantik nan classy tuh bisa ciuman pagi-pagi walau belom sikat gigi. 

No comments:

Post a Comment