31 May 2016

Second Pregnancy: Week 13-36

Mual, mual, dan mual... LOL!
Ini mah mualnya lebih-lebih dari kehamilan pertama. Entah memang lebih parah, entah karena sayanya makin manja (sekarang kan ada mama papa saya di rumah yang nyumponin semua ngidamnya bumil resek plus suami sering keluar kota), entah karena lebih capek karena kurang tidur (Euis si calon kakak masih bangun 3-4 kali tiap malam dan karena saya sudah tidak menyusui, saya harus beranjak bangun untuk ngocok sufor atau menuang UHT ke botol dot. Saya ga bisa cairkan susunya sebelum tidur karena pernah 2 kali kejadian, subuh-subuh susunya udah berbau aneh, mungkin karena cuaca panas walau kami pakai AC)
Ketika mual baru mereda, ehhh... di week 35 lalu mualnya menjadi lagi! Positive thinking aja deh, bahwa mual tuh berarti hormon penjaga kandungannya masih kuat. Lagipula ada artikel-artikel yang bilang bahwa bayi yang ketika dikandung bikin ibunya mual parah tuh cenderung pintar. Walau kulihat pintarnya Euis (yang ketika dikandung juga bikin mual 8 bulan) masuk kategori biasa-biasa aja (malah cenderung banyak delayed developmentnya hahaha), kita aminkan aja lah yaaa!

Nggak merasakan nyeri punggung seperti kehamilan pertama.
Mungkin karena di kehamilan kedua ini saya home rest jadi bisa sering goleran dan cari posisi yang lebih enak, sedangkan dulu di kehamilan pertama saya masih ngantor dan kebanyakan duduk di depan PC jadi mudah sakit punggung.

Nyeri selangkangan.
Nah yang ini jauh lebih terasa dibanding kehamilan pertama. Diam di satu posisi terlalu lama (baik duduk, berbaring, ataupun berdiri), pasti langsung terasa nyeri.

Kontraksi.
Memang di awal kehamilan kedua ini, saya banyak mengalami kontraksi, tapi itu berkurang dan menghilang seiring anak pertama menyapih. Nah dulu di kehamilan pertama, kontraksi palsu sudah terasa sejak bulan kelima, tapi di kehamilan kedua ini sangat jarang kontraksi.

Posisi Bayi.
Walau dulu di usia 20an minggu, bayi kedua ini sempat dibilang dokter 'posisinya sangat di bawah' dan saya dilarang menggendong anak pertama, sekarang malah kulihat posisi si unyil ini masih di atas terus tuh. Mungkin karena masih kecil (2,4 kg). Kalau kakaknya dulu sekitar 34 week udah kerasa 'ngejeblus'. 

Berat janin dibandingkan usianya.
Nah, ini yang bikin saya bingung. HPHT saya adalah tanggal 22 Sept 2015 jadi harusnya HPLnya 29 Juni 2016 dong? Tapi bulan lalu dokterku merevisi usia kehamilan dan HPL menjadi 9 Juli, kalau nggak salah sih berdasarkan ukuran plasenta ketika pemeriksaan USG di awal kehamilan. Memang selama ini berat janin selalu lebih kecil 2 mingguan dari berat rata-rata seusianya. Contohnya: kakaknya dulu 36 week sudah 2,75 kg tapi adiknya ini baru 2,4 kg. Yang bikin gemes, dokter bilang mungkin HPHTku salah atau haid belum teratur. Yah dok, tanggal kopulasinya aja saya catat kok hahaha... Sekarang jadi pingin nyoba konsul dokter lain yang bisa ngasih penjelasan lebih baik nih. Soalnya kami kayanya bakal memilih lahiran caesar lagi aja (batal deh VBAC) jadi kan harus bener menentukan tanggalnya.

Gerakan janin.
Baru mulai terasa di usia 25 mingguan, itu pun gerakannya minim dan lemah kalau dibanding kakaknya dulu yang sering nendang ulu hati. Gerakannya baru menguat sekitar usia 33 minggu karena badannya udah makin besar. Kami menduga si unyil ini lebih kalem dari kakaknya hahaha...

Penambahan beratku.
Hiks.... pastinya lebih besar daripada kehamilan pertama. Karena semangat ngejar berat janin, saya usahakan banyak karbo sejak bulan keenam. Ehh malah beratnya nambah di emaknya doang, anaknya mah konsisten aja kecil. Dulu anak pertama lahir di 36 minggu, penambahan beratku 15,5 kg. Sekarang usia kandunganku 36 minggu, berat udah naik 17an kg. Lalala... Curiga bakal nembus 20 kg.

Olahraga.
Gendong bocah 14 kg masuk gerak badan, nggak? Hahaha...
Di kehamilan pertama dulu, saya start senam hamil usia 30 week, plus tiap hari naik turun bus kota dan jalan ke kantor lumayan jauh lah (sekitar 1 KM), dan naik turun jembatan penyeberangan. Sekali-kali pergi berenang. Walau ga jadi lahiran normal, recoverynya cepat sekali dan hampir ga pernah terasa sakit (mungkin tertutup euforia punya anak juga).
Di kehamilan kedua ini, saya baru start jalan pagi keliling kompleks sekitar usia 32 week. Senam juga udah ga ke RS (cuma sekali buat refresh memory) tapi di rumah aja. Badan rasanya lebih gampang capek juga, jadi jiper nih. Untungnya si eneng udah apet sama papanya, kalau berenang bisa ditinggal main berdua, jadi aku bisa berenang sedikit-sedikit sambil diliatin orang. Napa ya, pada ga pernah liat dugong kali.

No comments:

Post a Comment