28 May 2014

Pemecahan Kendala Selama Kehamilan

Judulnya sok sophisticated banget ya... tapi maksudnya pingin ngelist aja kerempongan yang dialami selama first pregnancy ini dan apa aja yang bisa dilakukan buat penanggulangannya.

1. Mual dan ngidam
Yah ini mah kendala standar ya... Napsu makan berkurang. Jadi picky mau makan apa. Susah nelen. Muntah-muntah.
Dokterku malah seneng aku mual parah, Katanya itu berarti badanku ga kekurangan hormon beta HCG (kalo ga salah) yang fungsinya menguatkan kandungan. Jadinya selama mual kronis yang sampai ga sanggup bangun dari tempat tidur, aku masih bisa ketawa-ketawa dan bersyukur. Keep positive!
 
So far yang aku dapat dari berbagai sumber:
- Kalau mual saat sikat gigi, coba pakai pasta gigi Sensodyne.
- Minum susu hamil Prenagen Emesis yang khusus mual. Kalau mual minum susu, ga usah paksain. Makan yang bergizi aja atau minta suplemen dari dokter.
- Kalau udah kepepet, minta obat pengurang mual sama dokter.
- Makan sedikit-sedikit tapi sering. Siapkan cemilan sehat. Biskuit/sereal gandum. Keripik. Buah.
- Makan apa yang bisa dimakan, ga usah paksain makan apa yang dianjurkan orang. 
  Misalnya: ga wajib kok makan nasi, kan bisa diganti kentang, roti, dan lain-lain.
  Yang penting jangan ngedrugs, minum alkohol, atau aneh-aneh. Yaeyalah yaaa....
- Ga usah pantang-pantang. 
  Dokterku bilang bahkan sashimi pun boleh saja dimakan bumil asal yakin kebersihannya.
  Aku tetap tuh makan sushi dan nanas (nunggu lewat trimester pertama sihh...), duren, air kelapa, kopi, dll asal ga berlebihan.

Yang namanya mual dan ngidam kan susah makan yah, kadang liat makanan yang kita suka aja jadi eneg (dalam kasusku: jadi muaalll banget makan baso dan segala daging merah, apalagi bawang-bawangan; bayanginnya aja mual). Mending makan apa yang diminta si badan, jangan banyak takut.
Hidung orang hamil juga didesain buat lebih sensitif. Kalau ada makanan yang nggak segar pasti langsung ketahuan. Dan hebatnya, banyak testimoni yang bilang kalau tubuh mereka selama hamil seperti diatur supaya tahu kapan harus stop konsumsi sesuatu yang nggak baik. Temenku ada yang muntah kalau makan hal yang ga cocok buat badannya (misalnya hati sapi, yang memang harus dihindari selama hamil).

2. Pusing dan ngantuk
Terjadi akibat tekanan darah menurun. Menurut si dokter, penurunan tekanan darah di awal kehamilan itu bagus karena biasanya di akhir kehamilan tekanan darah bumil akan naik dan bahayanya adalah preeklamsia ketika melahirkan.
- Bangun pelan-pelan, duduk dulu di tepi tempat tidur.
- Kalau bisa bobo siang, ya bobo. Hati-hati malamnya malah susah tidur hehe...  
Ga perlu konsumsi penambah darah kok kalau ga disuruh dokter.

3. Flek pada trimester awal 
Wajar kok ternyata dan terjadi ke banyak orang. Biasanya akibat penempelan janin ke rahim. Yang perlu diperhatikan jumlahnya. Aku cuma keluar sedikit-sedikit warna merah darah selama 1 hari.
Sebaiknya jangan paksain beraktivitas dulu dan minta rekomendasi dokter. Beberapa orang harus bed rest dulu.

4. Kram kaki
Ini aku alami sejak minggu ke-23. Subuh-subuh ngulet (di bawah sadar) lalu tiba-tiba otot betis ketarik. Sakiiitt banget. Untung suami sigap, bangun dan langsung narik jari-jariku ke arah lutut, terus pijet-pijet dikit. Abis itu bisa tidur lagi deh. Lama-kelamaan kalo kram tengah malam, aku udah bisa narik sendiri jari kaki tanpa bangunin suami.
Katanya ini disebabkan kekurangan mineral atau aliran darah.
- Makan pisang dan kalsium.
- Hindari high heels (bukan cuma bikin kram, tapi bahaya kalau bumil sampai jatuuhh).
- Pakai sepatu atau sandal yang agak longgar.
- Rendam kaki pakai air hangat sebelum tidur.

5. Kontraksi perut
Yang ini suka bikin horor nih, karena aku ngalaminnya pas naik ojek dan lewat daerah yang banyak polisi tidurnya, dan sekali lagi waktu berenang. Temennya sohibku pernah berenang di usia kehamilan 6 bulan selama 1 jam, berlanjut kontraksi dan akhirnya bayinya meninggal. Ya Tuhaann... amit-amit...
- Hindari kegiatan yang bikin perut terguncang, misalnya berkendara di jalan berlubang dan polisi tidur.
- Do it slowly, jangan anggap badan kita sama dengan waktu sebelum hamil. Walau badan terasa segar dan ringan, ga berarti di dalamnya ga ada sesuatu yang sangat ringkih.

6. Asam lambung tinggi (lambung panas dan reflux)
Aku mulai ngalamin ini di bulan ke-3. Muntah pun yang keluar asam lambung, bukan makanan. Di bulan kelima kondisinya membaik; ga sepanjang hari tapi cuma malam aja kumatnya.
- Aku sih merasa lebih nyaman kalau minum air hangat.
- Minta dokter supaya jangan kasih vitamin yang ada zinc-nya.
- Hindari makan pedes (at least aku sih kebantu banget) atau makanan yang kira-kira mancing asam lambung

Sementara ini sih segitu dulu testimoninya. Moga ga ada keluhan lain ke depannya. Yang terpenting: harus tetap positive thinking dan menikmati! Ga semua orang bisa ngalamin kehamilan. Keep smiling, supaya bayinya ga moody dan rewel hahaha...

No comments:

Post a Comment