28 November 2015

Baby L's Milestones : 15 Months

Berat 12 kilogram; tinggi 80 cm; lingkar kepala 48 cm. Semua estimasi minimum karena anaknya ga bisa diem. 

Makan dan ASI

Makannya udah makin membaik, tapi tanggal 4 Nov mendadak nafsu makannya minim, kayanya teething lagi. Kalau dia teething tuh kelihatan jadi agak bad mood dan suka gigit-gigit. Dan bener aja 2 gerahamnya nongol.
Minum ASIPnya sekarang cuma 1-1,5 botol karena hasil pompaan emaknya udah seret, sisanya diback up UHT 1-2 botol.
Porsi makan : sekitar 10-12 sendok makan (bayi).
Giginya sekarang 10 (8 gigi seri dan 2 geraham bawah).
Makanan kesukaan tetap kentang goreng, kerupuk (setiap ada kesempatan ngejambret), es krim (ga mau yang udah meleleh, harus yang masih menggumpal), buah dan puding coklat. Ga suka puding stroberi yang instan, mungkin karena bau perasa buatan.
Kalau megang sendiri makanannya, harus ada di kedua tangan. Rakus hahaa... Trus kalau makan makanan favoritnya bareng-bareng kami, dia panik takut kami ngabisin makanannya jadi buru-buru dia masukin makanan segede gaban ke mulutnya.
Kaya giniiii hahaha

Linguistik dan kognitif
- Nunjuk bagian badannya kalau ditanya. Bisa nunjuk perut, kuping, mata, hidung, mulut, rambut.
- Mademin AC trus nyamperin mamanya sambil ngulurin tangan minta digendong. Maksudnya minta diajak keluar kamar.
- Rata-rata kalau kami ngomong apa-apa tuh dia ngerti dan kalau dia asyik main pun sebetulnya dia nguping obrolan kami trus tau-tau nimbrung dengan kode-kodenya hahaha. Misal si papa bilang ke mama 'gua ke Giant dulu yah', langsung si eneng (yang lagi asik upleg maen) nyamperin papa, ngulurin tangan minta ikut.
- Ini anak keenakan pakai sign language nih jadinya males belajar ngomooong! Padahal kita ngomong apa juga dia ngerti. Zbl.
- Sensitif terhadap suara orang membuka toples kerupuk dan kulkas (langsung nyamperin buat malak).
- Hapal banget sama lagu dan suara Minions di iklan movienya di TV, langsung ngeliatin TV terus nunjuk mainan Minions di rak. Ternyata bayi ngerti bahwa kartun yang gerak-gerak itu tuh karakter yang sama dengan mainan dia ya. Selain dari Minion dan musik mah dia nggak tertarik sama TV.
- Bulan lalu neneknya ke Bandung 2-3 hari lalu nelpon si eneng. Si eneng awalnya seneng denger suara neneknya, tapi lama-lama marah karena nggak lihat orangnya. Awal bulan ini papanya seminggu lebih di luar kota, jadi kami video call supaya anaknya ga lupa muka papanya. Kegirangan deh anaknya sampe cekikikan lihat muka papanya dan minta megang sendiri hapenya, tapi terus kesel karena papanya kok ada di dalam hp hahaha...akhirnya buyar deh.
- Sepupuku datang terus mamaku nyuguhin minum, "Nih Yan, minum." Si Ian (sepupuku) santai aja dan ga langsung ambil minumnya. Si eneng langsung nunjuk gelas omnya dan dengan nada memerintah bilang, "UH!" Maksudnya suru minum hahaha... bossy pisan atuh, Nak.
- Kalau ngenen sebelum bobo, suka kubilangin 'Nih ada dede di perut Mama, sayang dede ya, pukpuk dede." sambil tepuk-tepuk perutku. Bener dia ikutin dengan tepukan sayang (bukan babukan kejam). Gatau deh beneran ngerti apa kaga hahaha...
- Pura-pura ngepel pakai tisu, niru kami kalau lagi bersihin remah sisa makanannya.

Motorik
- Berdirinya makin mantab, kalau dianya lagi lupa cari pegangan sih bisa lebih dari 1 menit.
- Jongkok.
- Membungkuk ngambil barang di lantai lalu berdiri lagi tanpa pegangan.
- Jalan dipegangin 1 tangan sampai 20 langkah lebih.
- Mulai jalan tanpa dibantu 3-4 langkah umur 14 bulan lebih seminggu. Telat banget yaaah! Awalnya bolak-balik aja sofa ke meja, meja ke sofa. Sekarang udah bisa jalan melintasi ruangan tanpa dibantu  tapi masih geboy. Belum pede kalau nggak pegangan jadi dia nyari yang jarak dekat-dekat aja.
- Dipegangin jalan naik turun tangga. Kalau merangkak sendiri sih udah lancar.
- Jagoooo banget menyibak baju emaknya.
- Suka ngebolak-balik halaman buku, majalah, menu restoran, anything. Udah lama sih ini, tapi sekarang udah lebih lancar buka per halamannya.
- Masih belum mau main yang menyusun-nyusun, bisanya cuma ngebongkar dan menghancurleburkan.
- Lagi hobi ngeluarin barang-barang dari wadahnya terus dimasukin lagi satu per satu.
- Makin kooperatif melepas baju. Narik sendiri kaos dari leher ke atas kepala. Kalau pakai baju masih moody. Berjiwa nudist anak ini.

Kepribadian dan kebiasaan
- Kepo berat. Tahun ini mah babhay masang pohon Natal, ngeri dipanjat dan ditarik-tarik si eneng tengil.
- Kok makin narsis yah. Caper berat. Masa setiap berhasil jalan dari A ke B (padahal cuma 3 langkah) langsung lihat kita sambil tepuk tangan. Satu-satu lho diliatinnya, semua yang ada di situ musti tepok tangan. Gapapa gitu yah narsis gini? Hahaha...
- So far masih suka sama anak kecil, apalagi yang udah bisa lari-lari dan naik sepeda.
- Keukeuh kalo udah ada maunya ga bisa dialihkan. Rada gawad nih karena dipadu sifat papaku yang ga tegaan, misalnya pas si eneng pingin naik tricycle anak tetangga (dan diizinkan sama pengasuhnya) trus si eneng ga mau diangkat dong. Papaku malah bawa si eneng pulang sekalian sama tricyclenya trus suruh mamaku yang gendong si eneng!
- Sensi dan gampang takut. Hmmm mamanya juga dulu agak penakut tapi suka nekad hahaha... kalo si eneng kayanya lebih takutan. Mana stranger anxietynya kok tiba-tiba menjadi-jadi. Awal November dibawa ke rumah nenekku di Bandung, ehhh dia langsung mewek sesenggukan ngeliat nenekku. Tiap ada om tanteku yang datang juga dia mewek lagi sampe kita heran, apa ga cape yaa... Dan heran juga kenapa jadi gini ya, padahal kalo di rumah kedatangan tamu mah dia ga kenapa-kenapa, kalau kita bertamu ke rumah orang lain juga so far selalu anteng aja, kecuali kali ini. Yah semoga cuma sekali ini aja dia lagi sensi karena ngantuk dan takut karena keluargaku pada ngajak gendong sedangkan dia kan lagi nemplok sama aku.
- Suka ngelihat bayi. Trus pas ngelihat anak temanku yang umur sebulan nangis, dia ikutan 'uuuu....uuuu...' sambil ngeliatin dengan muka simpati.
- Anak mama banget banget banget, nemplok kaya koala. Efek mau punya adik kah? Ah kayanya dari dulu juga gitu hahaha...
- Sekarang kalo bangun pagi, begitu puas nyusu pasti dia langsung meringis narik-narik bahuku, nyuruh aku bangun. Kalau akunya masih teler, dia mewek. Mamanya morning sick atulah (padahal mah emang bukan morning person).
- Udah bisa malu kalau diledekin, mesem-mesem.
- Sekarang suka sok-sokan nyisain makanan dan susu. Biarpun dikasih sebotol isi 120 atau 150 cc, pasti dia sisain 20an ml. Makan juga walau dia doyan, bakal disisain sesuap.

BTW, KPSPnya si eneng di usia 15 bulan adalah sebagai berikut: 
  1. Tanpa bantuan, apakah anak dapat mempertemukan dua kubus kecil yang ia pegang? Kerincingan bertangkai dan tutup, panci tidak ikut dinilai
  2. Apakah anak dapat jalan sendiri atau jalan dengan berpegangan?
  3. Tanpa bantuan, apakah anak dapat bertepuk tangan atau melambai-lambai? Jawab TIDAK bila ia membutuhkan bantuan.
  4. Apakah anak dapat mengatakan “papa” ketika ia memanggil/melihat ayahnya, atau mengatakan “mama” jika memanggil/melihat ibunya? Jawab YA bila anak mengatakan salah satu diantaranya.
  5. Dapatkah anak berdiri sendiri tanpa berpegangan selama kira-kira 5 detik?
  6. Dapatkan anak berdiri sendiri tanpa berpegangan selama 30 detik atau lebih?
  7. Tanpa berpegangan atau menyentuh lantai, apakah anak dapat membungkuk untuk memungut mainan di lantai dan kemudian berdiri kembali?
  8. Apakah anak dapat menunjukkan apa yang diinginkannya tanpa menangis atau merengek? Jawab YA bila ia menunjuk, menarik atau mengeluarkan suara yang menyenangkan
  9. Apakah anak dapat berjalan di sepanjang ruangan tanpa jatuh atau terhuyung-huyung?
  10. Apakah anak dapat mengambil benda kecil seperti kacang, kismis, atau potongan biskuit dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk? 
Nah kalau dari KPSP(Kuesionar Pra-Skrining Perkembangan)-nya mah nampaknya semua masih kekejar sesuai usianya sih, walau dia cuma manggil 'mama' kalau lagi mood dan ga pernah manggil 'papa'. Hiks... Catatan buat no. 8: apakah berkata 'UH' dengan bossy termasuk kategori suara yang menyenangkan? LOL. Buat no. 9 juga berjalannya masih suka terhuyung-huyung sih kalo terburu-buru.

No comments:

Post a Comment