16 November 2015

How Having A Child Change Me

1. Makin sabar
Namanya bayi kan belum bisa ngasih tahu apa yang bikin dia nggak nyaman, cuma bisa nangis aja. Bingung juga sih, apalagi kalau belum berpengalaman ngurus bayi. Ini tuh nangis bosan, ngantuk, lapar, gatal, sakit perut, kepanasan, kedinginan, atau apaaa?
Dan yang namanya bayi tuh instingnya kuat banget dalam membaca mood mamanya. Kalau mamanya kesal malah bayinya makin panik, jadi ya mending kalem-kalem aja deh. Pengakuan: kadang masih bablas kesel juga kok pas anak nangis-nangis ga keruan ga tau juntrungannya hehehe... tapi ya ditahan-tahan aja.

2. Kehilangan ambisi berkarir
Ini agak aneh sih mengingat masa laluku yang workaholic. Rasanya dulu tuh maunya semua kerjaan diselesaikan hari itu juga, kalau bisa. Lembur mah ga masalah, apalagi tugas keluar kota. Sekarang? No way! Selain badan udah mudah capek, maunya justru pulang tenggo dan cepat-cepat ketemu anak. 
Karir setinggi langit? Tinggal angan yah. Aku mah salut banget makanya sama para ibu employee, direktris, manager di perusahaan-perusahaan gede yang udah pada punya anak tapi masih pada semangat berkarir. Kuat banget yah! Aku mah kayanya ga akan tahan karena namanya berkarir tinggi tentunya harus mengorbankan waktu dan perhatian buat anak. Ada probability musti tugas keluar kota, lembur, meeting dll di luar jam kantor.
Cita-citaku dan suami malah agar kelak aku bisa menjadi stay-at-home-mother. Mungkin karena kami dibesarkan di keluarga di mana ibu-ibu kami adalah wirausahawan yang nyari duitnya di rumah kali ya...

3. Makin pelit LOL
Ini mah jelas hahahaa... Abisnya biaya pendidikan jaman sekarang mengerikan gitu ih!

4. Ritme aktivitas hidup melambat
Dulu mah kayanya hectic deh setiap hari, bangun pagi, siap-siap ngantor, kerja sampe malem, pulang, mandi, tidur. Weekend sibuk maen dari pagi sampai malam (walau kalau diingat sekarang suka heran sendiri, ngapain aja sih itu di mall seharian). Janjian sama teman itu number one. Traveling juga rusuh, pingin lihat sebanyak-banyaknya dan ga takut dengan schedule yang padat.
Sekarang? Ya kerja ga sampai malam dong, jam 5 teng langsung siap-siap pulang, nyampe rumah, mandi, langsung digelendotin anak. Maksimum jam 8 malam udah ngelonin anak dan biasanya ikutan tidur hahaa... Weekend kebanyakan leyeh-leyeh di rumah, keluar cuma buat lunch aja. Janjian sama teman cuma sekali-sekali karena kebanyakan udah punya kesibukan sama keluarga. Bepergian juga jadi lebih slow karena harus lihat mood anak. Ga mungkin tega kan anak udah cape, ngantuk, bete, tapi masih kita seret ke sana sini.
Belum lagi soal makan. Kalau kita orang dewasa mah masih bisa ya nahan lapar, tapi kalau anak kecil kan susah. Apalagi belum semua jenis makanan bisa dimakan. Kadang kalau lagi bepergian kami harus detour dulu, mampir beli kentang goreng karena dipastikan si bocah doyan dan mudah makannya di mobil.

5. Makin nggak egois ((semogaa))
Kayanya jadi makin sering doain teman-teman yang belum punya anak supaya segera punya momongan juga dan kayanya jadi nggak terlalu banyak maunya buat diri sendiri (dilirik sama suami, kemudian dia mendehem-dehem hahahaha).

6. Makin sayang orang tua
Sekarang nih yaa... bocah baru umur setahun aja rasanya hatiku remeg kalo dia lagi ngambek sama aku atau ga mau kugendong (walaupun jaraaaaang banget). Gimana ya perasaan si mamah dulu pas aku ABG manyun-manyun di rumah, ngerem diri di kamar, dan setiap ditanya malah nyahut judes. *nangis darah*  Hampura ya, Papa Mama....
Bener lah kalo udah jadi orang tua makin kerasa dulu pengorbanan orang tua kita sendiri tuh segimana. Eh nggak cuma dulu ding, sekarang pun mereka masih ngorbanin tenaga dan waktu buat dititipin cucu! Semoga kami sempat menyenangkan mereka yaah...

No comments:

Post a Comment