10 November 2015

Tentang Kakek

Kalau kata orang, sekeras-kerasnya orang tua mendidik anak, yang 'merusak' itu adalah kakek neneknya hahahaa... Yah tanpa bermaksud menggeneralisir, tapi rata-rata kakek nenek yang kutahu memang lebih lunak daripada ayah ibu. Bukan berarti nggak ngedidik si cucu lho ya, tapi lebih mengalah dan pingin nyenengin cucu aja gitu...

Contoh dalam hidupku ya jelas kakek-kakek dan nenek-nenekku. Kalo nenek mah ada lah pernah ngasih tahu kalau aku salah (tapi ga dimarahin, malah abis ditegur aku diciumin hahahaa), tapi kalo kakek kayanya lebih manjain deh. Pada gitu ga sih?

Liat kakeknya si eneng juga gitu. Ya ampyuuuunn manjainnya, sampe kadang aku yang gemes. Kayanya bagian marahin dan negur tuh harus buat aku dan neneknya aja gituuuu, kakek mah cuma bagian ngajak maen. Huuu liciik hahaha!

Papa tuh (kata mama) dulu emang deket banget sama anak-anaknya sewaktu kami bayi dan toddler, tapi begitu kami gedean malah jaga jarak. Dasar aliran cina kuno kali ya... namanya figur 'ayah' di keluarga papaku selama beberapa generasi memang selalu terkesan strict dan bikin anak-anaknya segan, dan kayanya sosok seperti itulah yang diteladani papaku. Sayangnya, hal ini bikin aku dan adikku agak sungkan sama papa. Ga bisa deh pokoknya curhat sama papa hahahaa... Padahal di balik diamnya si papa, doi tuh memperhatikan kami banget lho. Sering kali papa duluan yang nyadar kalau kami kenapa-kenapa dan nanya mama 'kenapa tuh'. Kalau kami sakit atau butuh bahan prakarya dadakan (ini hobiku banget, kelupaan ngisi agenda), si papa juga yang malam-malam nyariin sampe gedor toko orang.

Tapiiii... di luar perhatiannya, papa bukan tipe yang bermulut manis sama anak-anaknya. Makanya ini geli bangetttt kalau dengar papa ngomong ke cucunya tuh sweet banget. Kalau kami lagi ngejar-ngejar si eneng yang kabur nggak mau dimandiin, papa yang nyamperin, "Sini, sayang, cantik, maniss, ayo dong mandi dulu..." trus bener aja si eneng mau nyamperin kakeknya. Ihhhh najong!

Begitu si eneng rewel dikit, langsung sama si papa digendong keluar rumah. Ya akhirnya sekarang kebiasaan deh, dikit-dikit dia maunya keluar. Papa emang ga bisa banget dengar cucunya merengek. Langsung disodorin apapun maunya, kerupuk, mainan, kunci, dll. Auk ahh...Sebetulnya gara-gara melihat pemanjaan papa ke si eneng ini yang bikin aku semangat punya anak kedua. Siapa tahu kalau ada dua mah manjainnya berkurang hahaha... Logika yang aneh ya.

Waktu aku punya adik, tetap aja kakekku manjain aku. Lucu sih, kalau kakek dari pihak papa kayanya lebih manjain adikku. Kakek dari pihak mama kayanya lebih manjain aku. Tapi ya aku tetap sayang sama keduanya dong, dan mereka berdua juga sayang sama kami berdua. Kakek dari pihak papa nggak sempat mengalami punya cucu selain kami berdua. Menjelang saat terakhirnya di tahun 1997, beliau sempat nyariin kami cucu-cucunya walau sudah susah ngomong. Untungnya nenekku bisa menebak, "Kenapa Pa, cari Astrid? Alfa?" dan kakekku ngangguk lemah. Kami memegangi tangannya sampai dia tertidur. Sore itu beliau nggak terbangun lagi; beliau pergi dikelilingi semua anak cucunya. *mewek lagi kalau ingat*

Kakek dari pihak mama punya 3 cucu lagi setelah aku dan adikku. Tahun 2010 lalu beliau berpulang setelah mengalami penurunan kondisi selama 2-3 tahun. Beliau ini yang dulu waktu aku SMP (udah pulang pergi sekolah sendiri) pernah bersikeras nganter aku sekolah hahaa... Aku malu sih waktu itu, tapi sekarang malah jadi kenangan manis.

BTW kedua kakekku semasa mudanya ganteng banget lho! Kakek dari pihak papa tuh gagah, rambutnya hitam asli bahkan sampai ketika beliau meninggal pun belum beruban, matanya tajam galak gitu. Kakek dari pihak mama tampangnya kaya bule Belanda (padahal aslinya encek-encek hahaha). Dua-duanya tinggi. Sayang gen gantengnya kurang kebawa yah di aku, mbok ya aku tinggi langsing kaya bule gitu hahahaaa... maunya!

No comments:

Post a Comment