21 May 2015

The Blessing of A Nice Houseworker (AKA ART!)

Sepanjang hidupku selama lebih dari 2 dekade, aku nggak pernah mengalami punya 'pembantu' alias Asisten Rumah Tangga yang live-in. Palingan ketemu ARTnya nenek, om tante, dan teman aja (yang silih berganti resign dan recruited sampai aku jarang hapal namanya) pas nginep di rumah mereka. Jarang lah ya pastinya. Lalu aku mendapat pekerjaan di Jakarta dan pindah ke rumah oomku. Dia punya ART lelaki yang live-in. Risiiihh banget awalnya, tapi ya dibetah-betahin dong, namanya juga nebeng. Didikan keras mama soal sopan santun berlaku terhadap semua orang dan aku selalu memperlakukan para ART tersebut dengan sopan dan hormat, like simply using 'tolong' dan 'terima kasih', two simple phrases yang anehnya kuamati jarang diucapkan oleh beberapa 'majikan' yang langsung bikin aku judgey tentunyaa (pasti aku langsung mikir 'ih kok gitu sih, kaya ke budak aja').

Sampai sekarang, aku selalu merasa risih tinggal dengan orang lain yang non-keluarga dekat, including ART. Bukannya sok-sokan 'ih lu kan outsider' atau ngerasa ART tuh rendah lho yaaa (lagian siapa gue)... tapi emang akunya risihan aja. Berasa nggak bebas di rumah sendiri. Nggak bebas ngupil, nyanyi-nyanyi konyol, dansa-dansa nonton video clip, atau apa gitu kelakuan anehku yang lainnya hahaha... Ya gimana lagi atuh da saya orangnya konyol tapi jaim berat.

Ketika menikah, selama 6 bulan aku menjadi stay-at-home-wife buat recuperating dari penyakit jiwa raga yang terakumulasi di pekerjaanku sebelumnya. Aku cukup menikmati kegiatan bersih-bersih rumah dan nyoba-nyoba masak. Nyapu ngepel setiap hari. Mengelap wastafel dan kloset. Menyikat sink. Rumah wangi dan bersih adalah surga dunia *tssaaahh*. Maklumlah ya aku rada OCD dan clean freak. Tapi stay di rumah kelamaan juga bikin aku kangen dunia luar (ditambah beberapa alasan lain), jadilah aku mulai kerja.

Jeng jeeeng... Keadaan rumah berubah. Walau jarak kantor-rumah hanya sekitar 30 km, aku udah kehabisan tenaga buat bersih-bersih. Pulang kantor, aku nyapu kalo sempet, masak, mandi, makan bareng suami, nyuci piring, langsung tidur deh. Weekend kami usahakan untuk setidaknya ngepel dan bersih-bersih, tapi kadang rasanya udah capee banget. Kadang kami pun harus ke Bandung atau bersosialisasi kaaan... Kondisi kebersihan rumah memburuk ketika aku hamil. Kehamilanku dipenuhi rasa mual dan lemas selama 7 bulan sampai si unyil lahir. Boro-boro mau nyapu, berdiri kelamaan aja lemes... Puji Tuhan, suami berbaik hati ngepel setiap weekend.

Ketika usia kehamilanku 6 bulanan, kami mendapat rekomendasi ART harian dari tetangga. Kami minta dia datang akhir pekan saja karena weekdaysnya kami kerja dan nggak ada yang bukain rumah. Kami nggak ngerasa aman menitipkan kunci ke ART. Sejak pertama, ada sesuatu yang bikin aku nggak sreg sama dia. Mungkin karena cara kerjanya dan cara bicaranya yang buatku nggak bersih dan kurang sopan. Masa dia berani bilang di depan mama mertuaku yang lagi berkunjung 'oh saya kira ini ibu dari kampung mau bantu-bantu di sini'! BERKALI-KALI! Padahal dah berkali-kali kubilang 'bukan, ini ibu mertua saya'! Pingin aku cabein mulutnya. Puji Tuhan juga sih dia akhirnya nggak muncul-muncul lagi, mungkin ngerasa income dari bersihin rumah kami nggak seberapa. Ih aku ga boleh suudzon yah hahahaa... kuanggap berkah aja, aku di-spare dari keharusan 'memecat' orang. Never like it.

Setelah fase singkat menggunakan suster selama 3 minggu (diwarnai derai air mata akibat aku nggak rela ninggalin anak berdua doang sama suster di rumah kalo cuti berakhir dan perasaan nggak sreg yang sulit digambarkan walaupun susternya bagus, telaten, berpengalaman, dan direkomen oleh temen deketku sendiri), Tuhan kembali ngasih kami jalan sehingga papa mengizinkan mama pindah ke rumahku buat jaga incu. Ketika aku kembali kerja, kami kembali mencari jasa ART harian buat bantu mama. Jawaban Tuhan buat kami adalah Bu Sipit.

Perawakannya kecil, umurnya mungkin late 30s atau early 40s. Awalnya dia nggak banyak bicara, hanya menyahut seperlunya, tapi lama-lama dia semakin akrab dengan mamaku dan nggak pernah nggak sopan. Anakku juga suka sama dia lho! Sampe bisa diem kalo digendong si ibu pas aku mandi dan sampe nangis kalo nggak disapa sama si ibu hahaha... Aku percaya insting anak bayi tuh kuat, dia tau kalo orang baek apa kaga. Ummm mungkin juga sebenernya anak bayi tuh oon dan seneng aja sama siapapun yang rutin dia liat ya hahahaa... but this time I put my bet on her instinct!

Hasil kerjaan si ibu? Hmm ga usah ditanya. Walaupun saya awalnya emang low expectation ya sehabis ngalamin ART dan sus yang bersih-bersihnya grabak grubuk....Deal awal kami adalah dia dateng setiap hari buat nyapu-ngepel dan ngelap-ngelap debu dengan bayaran Rp 600ribu per bulan. Menurut beberapa teman, mahal. Iya sih, beberapa orang punya ART yang live-in dengan gaji sejuta, bisa dipanggil kapan saja siang atau malam. (BTW, aku suka risih liat kelakuan beberapa orang yang kaya nggak mau rugi sama ARTnya. Karena ngerasa udah bayar mahal, jadi ngerasa berhak meng-abuse ARTnya, dipekerjakan lebih dari 10 jam sehari. Yah aku juga nggak nutup mata, beberapa ART juga suka ngelunjak. Sighh... balada ART yahh!)

Tapi sekali lagi, aku males punya live-in ART karena:
- Akunya risihan.
- Akunya males mikirin makan, toiletries, dll. Belanja buat diri sendiri aja suka kelupaan.
- Akunya males mikirin segala antisipasi, misalnya: kalau kami pergi sekeluarga, gimana si ART di rumah sendiri? Dll dll sejenisnya hehehe... Ada temenku bikin pintu keluar terpisah buat ART lewat dapur dan garasi supaya kalo kebakaran ato apa (amit-amit), ARTnya bisa keluar. Tapi kalo malem dan kalo bepergian, pintu penghubung ke living room dan area kamar dikunci. Yah aku ngerti juga sih kalo beberapa orang jadi parno; lha kejadian perampokan oleh ART sendiri kan udah banyak banget. Mending jaga-jaga. Kalo aku terlalu puyeng rasanya kalo musti mikirin gituan hahaha...

Nah si ibu ini kerja di deket rumahku. Rumahnya juga katanya dekat. Dia nggak itungan ngerjain plek-plekan yang udah deal doang alias sapu-pel-ngelap. Dia pasti tiap hari ngebutin kasur-kasur dan rapiin spreinya. Nariknya kuat banget lho, sampe kenceeeng kaya di hotel. Dia juga pasti sikatin shower dan tempat cuci baju, nyuciin piring, dan kadang geser sofa-sofa supaya bisa nyapu ngepel bawahnya. Debu-debu juga bersiihh... rak lemari meja dll semua dilap. Malah awalnya dia angkat semua printilan toiletries bayi di meja buat lap mejanya! Ya kami suru lap yang keliatan ajalah, kesian amat, secara printilan si neng banyak hahaha... Dia juga inisiatif bersihin kawat pintu antinyamuk yang ketempelan debu dan bulu burung (sekitar rumah kami banyak burung gereja). Sapu-sapu pasti dia bersihkan dari rontokan rambutku dan mama (yang seabrek!) dan sebelum pulang, pasti dia cuci lap dan sikat kain pel sampe bersiih. Kami sempat kasih dia tongkat pel yang tinggal diputer di embernya trus bisa ngebilas dan ngeringin sendiri, ehhh katanya mau pakai tongkat yang kuno aja karena lebih bersih. *terharuuu* Pokoknya kami puas banget lah sama hasil kerja si ibu.

Kami juga pernah ketinggalan duit di meja, nggak dia ambil. So far jujur dan semoga terus jujur. Orangnya juga kayanya nggak enakan kalo soal duit. Pernah minjem duit pun dia minta potong dari gajinya bulan itu aja.Pernah kami harus dadakan pergi sekeluarga, kami tempel memo buat si ibu di pintu. Pas kami pulang, memonya udah dia lepas (jadi nggak dibaca orang iseng yang lalu nyadar nggak ada orang di rumah dan jiwa malingnya terpanggil hehe).

Dengan semakin maceuhnya anak gadisku (ditambah separation anxiety yang makin kronis), nggak kebayang deh capeknya mamaku kalo nggak ada si ibu. Aku padamu, bu... semoga selalu sehat dan betah ya kerja di rumah kami.

No comments:

Post a Comment