09 October 2015

Introducing : Rental Buteki

Ehem! Ceritanya saya baru memulai usaha nihh, ciye ga ciye ga? Padahal kecil-kecilan doang hahahaa... Yup, saya baru saja membuka rental breastpump bernama Rental Buteki. Monggo kalo sekiranya ada sanak saudara yang perlu, silakan cek di FB-nya Rental Buteki atau IG @rentalbuteki yaaa.... tapi barangnya masih dikiiit hihihi. Abis belinya kudu nyicil-nyicil hasil nabung duit belanja.

Ga kebayang deh kalo lihat rental yang udah gede-gede sampai punya ratusan pump dan bisa open investment, keren bangettt! Targetku mah ga muluk-muluk dulu lah, cukup balik modal aja dalam setahun, udah hepi hahahaa... *manusia rendah diri* Ini aja mulainya ragu-ragu, akhirnya ngetes pasar dulu ke temen-temen sendiri, eh ternyata ada yang mau. Yowis lah lanjutt hahaha...

Kalo ditanya kenapa kepikir buka rental breastpump... ya karena pas sama passionku. Bisa sekalian supporting breastfeeding, sharing dengan sesama buteki (ibu meneteki, in case ada yang belum tau kepanjangannya kaya sohibku yang nanya apa artinya buteki hahaha) soal bittersweetnya ngasih ASI buat anak sambil kerja, dan rental ini bisa dikerjakan sambil kerja kantoran juga. Saya juga terilhami ketika saya sendiri nyewa breastpump dulu, misalnya waktu pumpku rusak, dan waktu saya penasaran pingin nyoba double pumping gara-gara kecapean kejar tayang.

Kenapa ga sekalian rental mainan? Karena males sama delivery maenan size gede dan eike ora ngerti maenan-maenan mahal! Hahaha kesian ya anak eike maenannya cuman kresek sama dus bekas! Maenan si eneng yang bermerk macam FP, LT, ELC gituan semuanya dapet dari kado hahahaa... *kecup my frugal baby*.

Trus ternyata beberapa teman dan famili pada mengeluarkan pertanyaan-pertanyaan.
- Why rent, not buy? Emang ada orang yang nyewa pompa ya?
- Emangnya higienis? Gimana kalo bayinya kenapa-napa terus dituntut sama penyewa?
- Aman gitu ngasiin pompa ke orang lain, gimana kalo nggak balik?
- Gimana maintain performa pompanya? 

OK, sekalian saya jelaskan juga yaa di sini.

1. Why rent?

Why not? #eh       
Ga menjawab ya, malah minta digebok.  

Umm... bisa macam-macam alasannya:
- Masih mencari pompa yang paling cocok. Pompa itu cocok-cocokan, kaya jodoh. Ada yang cocoknya elektrik, ada yang cocoknya manual. Bahkan banyak ibu cocoknya marmet (memerah menggunakan tangan) walau pegel! Ada juga yang cocoknya pompa elektrik tipe A tapi nggak cocok dengan elektrik tipe B. Walaupun beberapa buteki bisa-bisa aja beli beberapa pompa buat coba-coba, tapi pasti, PASTI deh, suami geleng-geleng liatnya, kecuali tajir melintirrrr banget kali ya. Nah daripada telanjur beli lalu nggak cocok, mendingan nyewa dulu aja, terutama pumps mehong-mehong kaya Swing Maxi yang ampir 3 jeti atau bahkan Freestyle yang harganya minimal 5,4 jeti (itu sebelum dollar menggila)!
- Buat substitusi pompa yang sudah dimiliki yang lagi direparasi.
- Dalam kasusku ya kaya cerita tadi: buat nyoba doublepump karena pompaku single (sebelum tahu cara ngakalinnya supaya bisa jadi doublepump).


2. Apakah higienis?

Banyak juga orang yang waswas sama kebersihan pompa karena berpindah dari tangan ke tangan. Sebetulnya balik lagi ke pemakai (penyewa) dan pemilik pompanya yaa... Di Rental Buteki, setelah ngecek kelengkapan pompa yang dikembalikan, semua part saya cuci kembali, sterilisasi dan dikeringkan dengan dish dryer Panasonic. Termasuk box tempat penyimpanannya juga pasti dicuci bersih. Barulah semuanya dipak masuk ke box dan disimpan di tempat yang bersih : rak buku saya. Pokonya mah OCD lah, ga mungkin dibiarin keangin-angin kena debu. Bahkan boxnya aja pun nggak pernah kena lantai.

Saya juga saat ini masih menghindari pompa open-system macam Swing. Ngeri bo! Jangankan penyewa baru, saya aja yang udah lama pakai kadang masih 'kebobolan' juga ASInya masuk selang kalau lagi asik mompa sambil kerja. 


3. Apakah aman mengirimkan pump ke orang tak dikenal?

Amit-amit deh jangan sampaaaii ketemu penyewa gendheng yang suka klepto atau jorok ngejaga barang orang, amit-amit! Yah setidaknya kan saya megang copy KTP, no rek, alamat, sama no telp penyewa buat jaga-jaga dan kalau perlu, sekalian laporin ke polisi. Amit-amiiiitt, jangan pernah deh! Saya percaya yang namanya buteki mah semua beritikad baik *muah*!


4. Bagaimana menjaga kualitas pompa?

Nah kalo ini emang kesian juga penyewanya, saya cerewetin hahaha... Saya minta mereka nggak merebus part pompa buat jaga-jaga. Walau beberapa merk mengizinkan perebusan part di manualnya, tapi mana tahu ya kalo ditinggal di atas kompor trus kelupaan, atau airnya kurang banyak sehingga part terkena dasar panci, dll. Pernah ada kasus part pompa penyok meleleh *oh noooo*! Saya juga minta supaya part silikon jangan terkena panas, cukup dibasuh air matang.

Untuk mengecek kekuatan hisapan, saya pakai alat pengukur kekuatan tekanan (gauge). Kalau ada penurunan performa mesin pompa atau kerusakan, saya masukkan ke service centernya. Saat ini makanya cuma berani pakai merek-merek yang udah terbukti after-sales servicenya (selain karena keterbatasan modal hahaha).

Saya juga meminta pemakaian pompa hanya untuk 1 orang pemakai karena pompa yang saya sewakan bukan hospital grade macam Medela Symphony yang kuat di-abuse rame-rame. Semoga nggak ada penyewa 'bandel' yang pakai pump saya rame-rame sama temen sekantornya aja hehehe...


Nah sekian perkenalan sama Rental Buteki. Kalau ada inquiry, silakan hubungi di page-nya (link ada di atas). Mau sekedar sharing dan minta masukan dari sesama busui juga monggo silakan lhoo....

No comments:

Post a Comment