15 October 2015

Tentang E-Ping (Exclusive Pumping) dan Pumping at Work

Saya selalu merasa salut sama ibu-ibu yang melakukan eping. Gimana nggak, saya sendiri (yang cuma sempat 3 mingguan menjalani eping) udah merasa kelelahan hehehe... Rasanya kaya nggak tidur-tidur. Terus-terusan mompa, kasih susu ke baby, boboin dia, gantiin popoknya, nyikat pup dari popok, cuci-steril pompa dan botol-botol, mompa lagi, dan seterusnya. Saat itu aku ga mau ngandelin sus dan suami, ceritanya pengen bonding sama anak selama cuti hahahaaa... Idealisme first-time-mother *geleng-geleng kepala sendiri*.  Untung abis lahiran tuh kaya ada adrenaline rush ya, jadi nggak tepar.

Abis itu aku bohuat sendiri, mana kami mau ke Bandung. Aku ga pede bawa dan ngasih asip di jalan (namanya juga emak rempong). Aku memutuskan buat relaktasi selagi anaknya masih sangat kicik. Puji Tuhan relaktasinya cuma butuh 2 minggu dan anaknya sekarang malah maniak nenen (*sweat* trus bingung deh kelak gimana nyapihnya hahahaha... serba salah deh, dasar emak rempong).

Balik ke soal eping. Kemarin saya nemu artikel menarik di blognya Veronika's Blusing tentang usahanya melakukan exclusive pumping. Recommended banget buat ibu-ibu yang eping! Apalagi ada beberapa ibu yang merasa bersalah atau menyesali tidak bisa menyusui anaknya secara langsung. Bukannya perasaan begitu nggak valid sih; aku paham banget rasanya pingin anak bisa nemplok di dada tanpa nyakar-nyakar dan ngamuk histeris. Tapi dalam beberapa kasus memang akhirnya eping lah jalan keluar terbaik. Bukan berarti ibunya kurang berusaha ataupun anaknya menolak ibunya. Buat ibu-ibu yang gundah menjalaninya e-pingnya, monggo silakan dibaca artikelnya Mbak Veronika di atas, bagusss deh! 

Walau ga exclusively pumping, saya sekarang masih rutin pumping at work. And I hate it. Hahahaa... Riweuh aja gitu rasanya walau puji Tuhan aku ditempatkan di sebuah ruangan kicik di mana aku bisa ngunci pintu dan mompa. Tapi tetep aja riweuh. Kadang tiba-tiba ditelepon boss lah disuruh promptly ke ruangannya, atau digedor-gedor ada yang nyariin, atau di depan ruangan lagi ramai banyak orang dan bikin suasana pumping nggak rileks. Pernah juga kerabat boss dari luar kota main intip aja dari atas sticker kaca pintu karena ngira itu ruangan sodaranya! Gilak, padahal pintunya udah kututup kertas, cuman orangnya emang jangkung banget! Untung aku selalu pakai nursingwear jadi nggak keliatan aurat. Udah gitu, baru-baru ini keluar pengumuman bahwa bakal ada perubahan layout kantor dan aku disatukan dengan 12 orang, duduk di depan meja manager yang udah pasti bakal sering dilalulalangi tamu. Udah pasti ga bisa lagi pumping di meja lah ya... Ini aku lagi usahain supaya bisa pindah ke ruangan kicik lain bareng temenku sesama busui supaya bisa pumping walau rada risih hehehe...

Temenku itu sendiri ga pumping di kantor, katanya males susah cari tempatnya. Emang sih kantorku ini ga sedia pumping room dan syusyelah mintanya despite of Peraturan Pemerintah dll yang mewajibkannya. Secara kantor kami di ruko yang layoutnya super padugdeg alias syempiiit! Ada juga ibu lain di kantor yang nggak mompa karena nggak sempat dan nggak enak sama bossnya. Sedih ya dengernya. Satu busui lain lumayan sukses mompa selama 6 bulan buat ASIX dan sesudah anaknya MPASI dia mengurangi pumping sessionnya. Sekarang sih kelihatannya dia udah ga mompa, mungkin karena anaknya udah setahun.

Anakku udah jalan 14 bulan. Menurut mama papaku mah udah boleh disapih. Akunya yang belum tega hehehe... Sebetulnya dia sih fine-fine aja nggak minum ASIP selama aku ngantor, asal diganti UHT atau sufor. Kenapa atuh aku keukeuh banget mompa buat ngasih dia ASI? Toh aku kan nggak idealis-idealis amat yang mengagungkan ASI di atas segala jenis susu dan menistakan susu sapi ("susu sapi buat anak sapi!" LOL). Anakku juga udah mulai makan nasi walau masih moody; setidaknya udah nggak terlalu mengandalkan ASI sebagai sumber gizi utamanya.

Simply karena waswas aja sih. Aku dan suami punya riwayat asma dan alergi yang lumayan parah waktu kecil. Aku baca-baca, ASI bisa sangat membantu meningkatkan daya tahan anak dan mengurangi kemungkinan alergi dan asma, atau setidaknya mengurangi gejalanya. Puji Tuhan memang sampai saat ini si eneng nggak menampakkan tanda-tanda bengek. Kata mamaku sih aku dulu sebelum setahun udah kelihatan langganan batuk pilek dan napasnya ngak ngik ngok. Semoga aja si eneng nggak mewarisi bengek alergian ini yah!

Alasan kedua rada absurd. Aku ngerasa ASI tuh salah satu faktor pendukung utama buat bonding antara aku dan si baby. Walaupun sekarang dia udah tahu mana 'mwamwa'nya, udah bisa manja dan caper ke aku walau ada pengasuh lain, aku mikirnya ASI tuh semacam reminder buat dia supaya merindukan mamanya selama aku ngantor. Hahahaha absurd kan? Namanya juga emak rempong! ;p

BTW, yang namanya pumping tuh butuh ketekunan emang ya. Kalau ga tekun, biasanya hasil pompaan ga akan sebanding sama demand si baby. Mungkin karena stimulasi sedotan pompa nggak mempengaruhi tubuh seefisien kenyotan bayi. Mungkin karena pompa biasanya nggak bisa mengosongkan PD seefisien bayi. Mungkin ada sebab lain juga. Makanya ga kebayang ibu-ibu yang oversupply ASIP, itu pasti rajin banget pumpingnya! Saluuuut!

No comments:

Post a Comment