05 August 2015

Don't Touch My Baby!

Rasanya pingin pake plang bertuliskan begitu setiap pergi sama si baby. Ya, maksudku bukan betul-betul melarang orang menyentuh si unyil sih, tapi membatasi sentuhan mereka. Gimana nggak kesel, selama ini udah ga keitung:
- Kasir-kasir yang megang-megang tangan si baby padahal dia habis megang uang dan banyak barang (yang tentunya penuh bakteri).
- Berbagai orang ga dikenal nowel-nowel pipi si kecil dengan kebersihan tangan yang meragukan.
- Orang-orang yang nyosor nyium si bocah tanpa izin emaknya (some of them were even unknown people that we've just met dan seorang tetangga bahkan pernah nyium bibir si bocah!) yang bener-bener bikin aku NAIK DARAH.

Okelah, makasih udah menganggap anakku lucu sampe ga tahan pingin nguyel-nguyel.... tapi mbok ya nanya dulu kek ke emak/bapak/neneknya, boleh pegang ga? Kan risih ya, kita nggak tahu kebersihan tangan dan mulut mereka. Ada lho bakteri mulut yang bikin gigi rusak. Gimana kalo ternyata mereka perokok dan nikotin nempel di mulut, tangan, dan pakaian mereka? Ada lho anak bayi mati kena herpes yang ternyata ditularkan dari ciuman papanya sendiri! Lha ini bahkan dicium orang asing!

Sebelnya, kalo disindir malah orangnya nggak ngerasa, ditegur malah orangnya ngeyel. "Jangan cium si eneng, Bu, enengnya lagi pilek, nanti nular," sindir mamaku. Malah disahutin, "Gapapa sini tularin sama Oma!" Yeee! Anak gue sehat, Buuukk, tapi mana tahu ada bakteri apa virus nempel di dirimu! Anak bayi kan masih rentan banget. Si tetangga yang nyium bibir si eneng sampe disemprot sama mamaku (bhaay rasa sungkan... Mama esmosi liat cucunya dicium-cium hahahaa), "Jangan cium-cium ah Bu, saya nggak suka! Papa mamanya juga nggak suka, jangan dibiasain!" Ehh si ibu malah nyaut, "Abis biar nular putihnya..." Ya kaleee? Hahaha... dia sampe improvisasi bikin excuse ngaco saking shocked dimarahin kali yaa...

Abis itu si bocah yang kena 'omelan' dariku dan mamaku, "Kamu mah napa sih ketawa-ketawa aja kalo orang cium teh? Cakar aja! Kalo mama yang ciumin malah jual mahal. Jangan murah-murah amat atuh sama orang lain!" Hahahaha... mama dan nenek yang absurd! Si baby boro-boro ngerti, cuek aja ngeliatin kita.

FYI, aku nggak ngelarang kok keluarga dan sahabat-sahabatku meluk, gendong, megang dan occassionally nyium pipi si eneng. Mayoritas dari mereka (terutama yang punya anak atau ponakan kecil) udah tahu bahwa sebelum pegang bayi itu harus cuci tangan dulu dan nyium bayi hanya dilakukan dalam kondisi fisik yang betul-betul prima. Jika mereka punya anak, syaratnya nambah: kondisi kesehatan anaknya juga sedang betul-betul prima (karena kalo anaknya lagi sakit, bisa aja virus dan bakterinya nempel di ortunya kan). Dan mereka biasanya nrimo ketika di-'warah' alias dikasih tau dulu untuk mencuci tangan dll kalau mau nyentuh si bayi.

Sekarang strategi kami buat mengatasi sentuhan-sentuhan tak diinginkan adalah sbb:
1. Menghindari tempat ramai. Hihi beneran lho, kalo tempatnya rame lebih tinggi probability ditowel-towelnya. Di tempat ramai, si kecil kugendong menghadapku supaya lebih susah kalo ada yang mau nyipok ato nowel pipi (soalnya muka si baby nempel ke emaknya hihi).
2. Ketika gendong si kecil dan diajak ngobrol orang, lihat gelagatnya. Kalau gelagatnya mau pegang-pegang, pura-pura aja mau buru-buru ke manaa gitu. Ntar kalau dia udah bisa jalan, mau kami biasakan supaya tangannya selalu kami gandeng, dan makin besar mau kita ajari say no to strangers.
3. Ajarin si kecil dadah atau high-five. Kami lagi usahain dia belajar kiss-bye. Masih mending high-five deh daripada dicium orang ga dikenal. Ntar kalo dia gedean mau kami ajarin buat say 'no' kalau dipeluk atau dicium orang lain and just shake hands.
4. Di lingkungan yang sering ditemui si anak (misal: tetangga, komunitas di mana ortunya jadi member macam arisan RT dll atau di sekolah kakaknya), jujur dan dengan sopan meminta orang-orang tidak mencium si anak. Alasannya bisa bilang karena dilarang dokter, buat jaga kesehatan, kebiasaan di keluarga, dll. Atau minta pegang kaki si bayi aja karena tangannya suka masuk mulut.
5. Menghindari perokok. It may be offensive but I don't care: kalo mau meracuni diri dengan nikotin ya nggak usah ngeracunin anak orang ya.
6. Last but most important effort: selalu bawa tisu antiseptik dan hand sanitizer. On some occasions di mana orang nyosor kilat dan nggak sempat kita cegah, ya si kecil kuangkut pergi aja trus kulap-lap dan ajak cuci tangan.

Beberapa situs parenting ngasih saran buat bilang, "Maaf ya ini anaknya belum lengkap vaksinnya jadi masih musti hati-hati... kadang kita orang dewasa sih ngerasa sehat tapi sebetulnya ada kuman penyakit di badan kita." atau bahkan ditambahi, "Ayah ibunya aja masih jaga-jaga, nggak cium-cium mukanya dulu." Di ruang tamu juga bisa pasang tulisan 'Wash your hands before touch the baby!' hahahaa.

Kalau ada yang bilang 'kuman dikit mah bagus supaya anaknya kebal!', tahan emosi dan sahutin aja dengan kalem, "Iya tapi sekalinya sakit kalo masih bayi gini kan kasihan, pilek dikit aja anaknya kaya kesiksa banget. Mending kitanya hati-hati aja." Kalo masih ngeyel mah tinggalin! Emangnya kalo anak kita sakit, dia yang urusin dan bayarin dokternya?

Di luar masalah higienitas, anak-anak harus dibiasakan untuk mengenal dan mengontrol ruang privasi mereka. Mau gimana jadinya kalau sampai besar dia menganggap lazim dipeluk-ciumi bahkan sama lawan jenis yang lebih tua? Jaman udah gila, banyak pedofil sekarang bebas berkeliaran nyari mangsa. Kita para orang tua musti lebih waspada. Salah satu caranya, tentu aja dengan memastikan si kecil berani melarang orang (terutama orang asing dan orang yang membuat si kecil merasa nggak nyaman) untuk menyentuhnya tanpa izin, tentunya dengan cara yang sopan. Dan selagi si kecil belum bisa membatasi perlakuan orang ke dia, tugas kita buat melindungi dia. Sebodo deh mau dibilang clean-freak atau germphobic juga.

No comments:

Post a Comment