25 August 2015

One Year of Breastfeeding : Supply < Demand!

Aku udah pernah cerita soal perjuangan selama 6 bulan ASIX di post ini. Nah sejak Neng Euis memasuki bulan ke-8, perasaan makin waswas. Bisa nggak ya full ASI sampe umurnya setahun? Anaknya sesudah mulai MPASI pun, tetep aja demand nyusunya segitu... 500 cc sehari selama ditinggal ngantor (11-12 jam) padahal produksiku makin berkurang. Dikasih makan pun, kalo anaknya ogah makan dan maunya nyusu yaa ngamuk, makanannya dilepeh sambil ngejerit *lap keringet dingin*. Mana sejak usianya 7 bulan, aku udah nggak pernah ngalamin PD kenceng kaya dulu, apalagi sampe LDR netes-netes sendiri. Boro-boro. Hiiiyyy deg-degan deh. Mungkin salahku juga, makin lama makin demotivasi buat mompa. Dari yang rajin dua jam sekali, mundur jadi 3 jam, malah pernah 4-5 jam gara-gara keasyikan kerja. Uuhhh *takol diri sendiri*! Kurang tidur dan kurang minum juga berimbas buruk. Biasanya sebelum jam 12 siang harus minimal minum 1,5 sampai 2 liter. Kalo nggak, jangan harap bisa dapet pompaan lebih dari 400 cc.

Strategiku mengatasi produksi ASI yang makin berkurang:
1. Minum yang banyak, makan yang enak dan BERGIZI, tidur yang CUKUP (minimal 8 jam tapi keselang-seling bangun nyusuin sih), jaga kondisi hati musti selalu happy.
2. Pompa yang sering (2 jam sekali) dan jangan sampai lebih dari 3 jam. Kalau perlu, power pump dan pakai double pump. Saya modifikasi Medela Swing supaya bisa doublepump karena pelit beli Maxi hahaa... Puji Tuhan di kantor aku dapet cubicle di ruang kecil terpisah dari orang lain, jadi tinggal kunci pintu dan pasang pompa + BH penahan pompa. Nonstop deh tuh kerja sambil mompa. Gimana bentuk PD nggak kaya plastik cerocotan kueh yaa! (T_T)
3. Booster ASI paling mantap: kruntelan sama si bocah! Tiap malem dan weekend pasti si eneng nemplok sama aku dan nyusunya ya langsung nenen. Segala booster ASI dari teh-tehan, pil-pilan, sampe persusu-soyaan udah kucoba. Sampe bikin lactation dough ball segala. Nggak ada efek berarti. Paling mending ya si fennel essential oil aja. Stimulasi ASI paling bagus tuh ya emang kalo payudara dikenyot langsung sama babynya.
4. Find support! Ini penting banget. Suami (terutama support suami tuh emang paling penting buat seorang ibu), ortu, keluarga, temen-temen. Tutup kuping sama komen-komen yang bikin jengkel. Aku seneng-seneng-miris tuh kalo orang-orang bilang 'ASInya bagus ya, anaknya gendut' atau 'wah ini susu mamanya full cream ya, lemaknya banyak' hahahaha... kaya peternak lagi ikut lomba sapi terbaik! Kadang sebel juga kalo ada yang dengan enteng bilang, "ya udah kasih sufor aja lah, toh udah gede" seolah usaha kerasku tak berarti. Tapi ya positive thinking ajalah bahwa maksudnya tuh "bawa santai dan sebisanya aja, kalo harus nambah sufor juga nggak apa-apa toh kamu udah usahain yang terbaik".
Nah suamiku tuh yang ngucapin kalimat terakhir itu... hikks... Saya bersyukuuuur banget punya suami yang selalu dukung ngASI, siap sedia beliin semua makanan yang saya minta (muahaha) dan ikhlas bininya nggak diet demi jaga asupan gizi. Malah dia sempet bete denger seorang dokter nyuruh aku ngasih sufor aja (karena si dokter juga dulunya nggak nyusuin). Kata si paksu, "Berani-beraninya, dia kan nggak tau usaha keras istri gue selama ini!" *tsaaahh minta diciyum amat sih* 
Pernah juga aku disuruh ngantor di hari libur karena lagi ada proyek penting, dan aku cuma sempat mompa pagi waktu baru sampai dan siang waktu lunch, cuma dapat 300 cc padahal butuh 500! Syukurlah suami dan mamaku kompak, mau jemput aku di kantor bawa si baby jadi akhirnya cuma tekor 100.

NgASI memang perlu usaha keras ya... Dulu ada masa-masa (3 minggu setelah dilahirkan) ketika baby nggak mau nyusu langsung alias bingung puting dan saya harus mompa ASI e-ping. Kalo diinget sekarang, puji Tuhan ya bisa enjoy dan nggak baby blues, malah kalo sekarang disuruh gitu lagi kayanya nggak kuat hahahaa... Relaktasi juga kalo diinget miris banget. Anaknya ngamuk nggak mau nenen, nendang-nendang, nyakar-nyakar. Kok sedih ya, anak sendiri nggak mau sama mamanya (yang pernah ngalamin anak bingput pasti ngerti perasaan tertolak ini, yang nggak ngalamin mah kadang enak aja bilang lebay). Tapi aku menolak sedih dan bete karena katanya bisa menghambat hormon oksitosin dan pengeluaran ASI. Maju terus pantang mundur. Lagian kata temenku juga, emang bayi baru bisa nyusu damai kalo udah agak gedean. Dan bener sih, bahkan sesudah relaktasi sukses pun, si kecil kadang masih ngamuk pas mau nyusu. Sekitar umur 4 bulanan lah baru ilang ngamuknya (paling merengek doang).Dan emang iya sih awal nyusuin tuh sakit. Puting lecet, merah darah. Sampai sekitar 5-6 minggu lah tiap nyusuin nahan perih, tapi abis itu puji Tuhan ga sakit lagi. So.. in overall, menyusui tuh sesuatu yang kunikmati dan kusyukuri. Except for one aspect. Apakah itu?
Terserah ya, sebodo deh orang mau bilang apa, PUMPING SUCKS!!! Okelah breastfeeding was not totally enjoyable at first (ibu dan anak sama-sama musti adaptasi dan mengatasi berbagai masalah susah latch on, bingput, dan rasa nyeri), tapi semuanya terlupakan dan menyusui jadi nyaman setelah terbiasa. Ya mungkin aku kesel mompa karena emang ASIku yang pas-pasan. Mungkin salahku juga dulu kurang rajin mompa di golden period supaya ASInya lebih banyak. Mompa dengan kondisi stok ASI terbatas gini tuh sangat demanding dan melelahkan. Bukannya aku nyesel ya mompa ASI dan nggak ngasih sufor. ASI perah masih lebih bagus daripada sufor kan katanya (yang jelas mah lebih murah hihihi). Cuman ya aku nggak bisa aja menyukai kegiatan mompa ini. Awkward kan kerja sambil nenen disedot-sedot. Riweuh pula kalo kantor mati lampu, untung pompanya bisa pakai baterai. Tapi kuakui ada kepuasan tersendiri kalo denger suara ASI ngalir ke botol hehehe...

Urusan ASI perah ini pun aku nggak terlalu idealis. Misalnya :
1. Menurut anjuran AIMI, media pemberian ASIP tuh sebaiknya bukan dot karena bisa bikin bingung puting dan produksi ASI berkurang. OK, soal bingput memang aku sendiri mengalami, karena bayiku diberi ASIP dengan dot ketika belum menguasai metode latch on yang benar. Setelah dia bisa latch on, thankfully dia fine-fine aja pakai dot dan sejak umurnya 2,5 bulan selalu pakai dot kalau kutinggal kerja. Ya abis gimana, dikasi pake sendok dan cup malah tumpah-tumpah dan anaknya ngamuk. Congrats deh kalo anak-anaknya para konselor ASI itu pada bisa pakai media lain, tapi banyak bayi yang nggak mau pakai media selain dot (atau pengasuhnya nggak kuat ngajarinnya). Malah akunya sedih liat ASI kebuang-buang gitu. Tetep sih aku waswas soal bingput (karena pernah baca ada yang anaknya malah mulai bingput umur 8 bulan) jadi aku kasi 2 tipe dot (regular dan wide neck) buat ganti-ganti sepanjang hari dan ukuran dotnya tetap yang newborn, nggak pernah diupgrade ke M apalagi L supaya mirip aliran ASIku yang agak slow. Soal anak kebiasaan dot bisa mengurangi produksi ASI... hmmm... mending aku positive thinking aja dan usahakan anak menyusu langsung ke PD kalo lagi barengan.
Aku nggak nyaranin pakai dot lho yaa... karena di beberapa anak memang bikin bingput, bahkan ketika usianya udah 5 bulan atau 8 bulan.

2. Idealisme lain misalnya soal cuci steril peralatan pompa dan penyimpanan ASI. Idealnya, setiap pakai pompa tuh dicuci dan disteril. Some mothers bahkan sedia sterilizer di kantor. Hebaaat! Aku mah nggak tuh. Kenapa? Karena pompanya aja ampir ga pernah lepas dari PD! Hahahaa... suamiku aja ketawa miris dengernya. Aku cuma nyuci-steril corong sekali saja tiap malam. Ultah pertama bocah, aku beli corong tambahan buat mompa di rumah malam-malam. Kalau ada corong tambahan, aku nggak usah rempong nyuci-steril corong subuh-subuh hehe...

Selanjutnya mau nerusin nyusuin ga nih? Lanjut doong! Kan di tahun kedua umur si anak, komposisi ASI pun berubah dan 15 oz (sekitar 600 cc) ASI bisa memenuhi kebutuhan anak sbb:
29% of energy requirements
43% of protein requirements
36% of calcium requirements
75% of vitamin A requirements
76% of folate requirements
94% of vitamin B12 requirements
60% of vitamin C requirements.
Gila hebat yah? Apalagi mengingat porsi makan anakku yang minim banget, nggak kaya anak umur setahun. Padahal bodinya seukuran anak 2 tahun. Nah lho, kebutuhan gizinya ngandelin ASI doang nih!

Aku sempat dilema, kalau ASI kurang, mau kasih sufor apa UHT. Kalo sufor takutnya kekenyangan dan makin malas makan. Kalau UHT takutnya kurang gizinya (dan belum tau anaknya doyan apa kaga nih). Hahahaa... lihat nanti aja deh. Kalau ASI masih lumayan terkumpul, susunya cuma kurang dikit, dan enengnya mau UHT ya kasih UHT dulu aja. Semoga lekas pinter mamamnya!!!

Semangat menyusui!!!

No comments:

Post a Comment