30 July 2015

Baby Kena Infeksi Saluran Kencing

DAY 1
Hari Senin jam 5 pagi, si eneng bangun buat nyusu sambil kentut-kentut seperti biasa (hihi maaf vulgar yak) lalu bobo lagi. Walaupun saya udah feeling 'ni anak kayanya pup', tapi karena 2 alasan saya tunda untuk ngeceknya:
1. Si eneng biasanya keliatan ngeden kalau pup, sedangkan tadi cuma kentut-kentut aja.
2. Si eneng langsung tidur lagi dengan pulas dan keliatan masih cape. Mengingat kami habis meng-'abuse' dia dengan membawa dia bepergian setiap hari sepanjang libur Lebaran (dan hari Senin itu pun masih akan bawa dia jalan-jalan ke Bekasi), saya pikir biarlah si eneng istirahat dulu... toh palingan dalam 20-30 menit lagi juga dia bakal bangun (karena badan si eneng kaya ada alarmnya).
What a stupid mistake!

Ketika dia betul-betul bangun, langsung saya buka popoknya. Wahhh betul aja, udah penuh dengan tokai (maaf yaa...)! Rupanya si eneng mencret... tumben. Langsung saya ceboki dia sambil mengingat-ingat aja kemarin saya dan si eneng makan apa aja yang kira-kira bikin dia mencret. Sampai sekarang pun saya nggak tahu apa tuh.

Siangnya, ketika kami sedang di rumah famili kami di Bekasi (sekitar jam 12 siang), si eneng kelihatan resah. Nyusu sambil merem-merem, bangun dan menjelajah kasur saudara kami, merengek minta nyusu, dan seterusnya berulang-ulang. Kami pikir dia ngantuk tapi susah tidur karena excitement di tempat baru. Punggung dan ketiaknya agak panas tapi kukira hanya karena kegerahan. Karena dia udah agak rewel, kami putuskan untuk pulang. Di mobil akhirnya dia bisa tidur sambil menyusu.

Sorenya kami perhatikan keningnya pun mulai hangat, selain punggung dan ketiaknya yang makin panas. Kami ukur suhunya 37,6C. Wah tumben nih, si eneng demam. Kami beri saja King Fung Powder (Ke Hong San) yang selama ini tokcer mengatasi gejala sakitnya si eneng. Habis itu kuajak dia tidur lebih awal. Semalaman dia resah, keringatnya banjir membasahi sprei.


DAY 2

Neng kecilku bangun dengan resah, pakai acara nangis segala nggak kaya biasanya. Kami beri Ke Hong San lagi. Sampai siang badannya masih panas dan anaknya rewel. Nggak mau nyemil sedikitpun, maunya nemplok aja. Suhunya mencapai 38,3C. Kami berikan Sanmol drop 0,6ml dan syukurlah suhunya menurun ke 36C-an. Anaknya pun bisa morning nap cukup pulas.

Seharian, demamnya naik terus (menurun hanya kalau diberi Sanmol yang kami kasih sekitar 6 jam sekali) dan mencapai 39C. Kasihaaan sekali lihatnya... resah banget dan rewel. Kucoba skin-to-skin kalau dia menyusu tapi kayanya dia masih merasa nggak nyaman. Kulitnya yang nempel di kulitku terasa panas sekali. Kami tetap mandikan dia dua kali sehari dengan air hangat seperti biasa, sekalian untuk ngompres dan kelihatannya dia selalu lebih nyaman sehabis mandi. Mukanya mutuuung terus sejak kemarin nggak ada senyumnya. Kalau soal makan... lagi sehat aja susah, apalagi demam gini ya. Maunya cuma nyusu terus menerus. Tapi gapapa deh, biar cukup cairan. Hari itu pun pupnya masih bertekstur encer, nggak seperti biasa.

Malamnya pun dia super gelisah dan suhunya naik lagi ke 39C. Dia baru bisa tidur lagi setelah diberi Sanmol jam 2 subuh. Saya, suami, dan mama saya sampai susah tidur karena takut dia kejang. Saya dan suami memang nggak ada riwayat kejang tapi kakak ipar saya pernah kejang waktu kecil. Saya putuskan buat membawa si eneng ke dokter besok pagi-pagi, nggak perlu nunggu demam 3 hari. Bolos dulu deh hari pertama ngantor, yang penting anak sembuh dulu.


DAY 3

Kebetulan suamiku nggak ada jadwal meeting pagi jadi dia bisa ngantar kami ke RS Bethsaida. Si eneng masih lemas; nggak pakai dimandikan pokoknya langsung kami gantiin baju dan popoknya lalu kami angkut. Biasanya di mobil dia sibuuuk banget pingin pegang safety belt lah, lihat keluar jendela lah, manjat jok lah. Kali ini dia terkulai lemas di pelukanku, mengibakan banget... nyampe RS dia malah ketiduran.

Syukurlah dr. Johannes praktik seperti biasa. Setelah memeriksa si eneng, dia sarankan untuk cek urine. Menurut analisanya, biasanya ada 3 kemungkinan:
1. Rotavirus (karena memasukkan segala barang ke mulut; tadinya analisa ini yang saya rasa paling memungkinkan, apalagi mengingat si eneng mencret dua hari ini).
2. Infeksi saluran kencing dari bakteri.
3. Virus roseola.
Kemungkinan radang tenggorokan ditampik dr. Jo, "Anak sampai umur 3 tahun jarang kena radang tenggorokan, kecuali suka makan gorengan." Dia juga mencek telinga, hidung, kerongkongan, dan kemaluan si kecil tapi ga komen apa-apa. Suhu si eneng 38,3C (nggak kami kasih Sanmol dulu supaya ketauan sepanas apa, lagian si enengnya nggak terlalu rewel).

Suster memasangkan urine collector dan mempersilakan kami memberi paracetamol kalau mau (sayangnya kami lupa bawa dan akhirnya kami nggak beli lagi, biar si eneng nyusu aja). Dokter melarang kami memberi ibuprofen selama si kecil belum mencapai 2 tahun. Saya bawa si eneng ke nursing room supaya dia nyusu terus (biar cepat pipis). Si suami menunggu di luar sambil ketak-ketik laptop ngurus kerjaan. Ehh sampai jam 10 si bocah tak kunjung pipis, malah ketiduran. Kusuruh paksu berangkat kerja aja, kasihan udah kesiangan banget. Kucoba tetesi mulut si kecil dengan air putih, malah ngamuk hihi... Nggak lama kemudian, ehh dia malah ngeden dan pup hahahaa! Teksturnya udah agak memadat, tapi tetap aja urine collectornya kena dan kotor. Kucabut aja dan kuceboki si eneng, lalu kuminta suster pasangkan lagi urine collector baru.

Jam 11an barulah si eneng pipis. Lahh... pas dicek, urinenya udah tumpah dari collector ke popoknya. Cape deehh... Ternyata saya salah menggendong si eneng pakai carrier. Harusnya bagian bawahnya jangan tertekan sama sekali. Ya mohon maklumlah ya, belum ngerti... Akhirnya dr. Jo (yang jam praktiknya udah abis) dan susternya menyarankan buat nunggu si eneng pipis di rumah aja. Saran mereka, si eneng dibiarkan aja nggak pakai popok ataupun celana, jadi lebih mudah mendeteksi ketika dia pipis. Dr. Jo kayanya udah lihat alamat rumahku, katanya, "Nanti nggak apa-apa kok kalau periksa ke Omni. Kasihan jauh kan ke sini." Sebelum pulang, saya mampir ke lab buat nanya takaran minimum urinenya segimana. Mereka ngasih tabung, "sepertiganya cukup kok Bu." Mereka pesan kalau urinenya dikumpulkan dalam 2 kali pipis, jangan sampai jaraknya lebih dari 1 jam.

Kami pulang naik taksi, si eneng tidur lagi di jalan. Nyampe rumah, lepas celana dan popok si kecil, oper dia ke mama, dan saya langsung kalap nyari makan. Laper berat dari tadi diisep terus ahaha... Habis itu ya nyusuin lagi, sambil saya dan mama bersahut-sahutan "sssshhhhh ssssshhhh" buat mancing si eneng pipis hahaha... Akhirnya jam 13.30 keluarlah tu pipis. Langsung kupegangi dia di posisi berdiri supaya aliran pipisnya lurus ke collector. Cuma dapet sekitar 30 ml tapi sabodolah. Mama buru-buru bawa sampel urine ke Omni; saya mandiin si eneng. Sehabis mandi dia nampak sangat segeran. Suhunya menurun ke 36C padahal hari ini belum dikasih Sanmol dan udah mulai mau main. Senyumnya pun udah nongol lagi (duuuhh neeeeng, mamamu kangen beraaat sama senyummuu). 

Mama baru pulang jam 4an bawa hasil lab. Wah betul aja, bakteri positif dan leukositnya tinggi, hiiiks! Kayanya gara-gara pup ga langsung dicebokin itu! Yang aneh, asam uratnya juga positif. Kok bayi kena asam urat sihh? Berbekal hasil lab, kubawa si eneng ke Omni. Kupilih dr. Andy Sugoro yang paling senior. Nunggunya lamaaa bener, 40 menitan. Ternyata dia lagi visitation ke kamar pasien. Setelah melihat hasil labnya, dokter membenarkan bahwa si eneng kena infeksi saluran kencing. "Kalau DB mah demamnya nggak akan turun di bawah 38C walau sudah diberi paracetamol," katanya. Dia memberikan resep puyer antibiotik untuk membunuh bakterinya lalu meminta kami cek lagi urine si kecil ketika antibiotiknya habis, dan sebulan setelahnya. 

Kutanya penyebab ISK. Menurut penelitian si dokter, ada 3 penyebab paling umum:
1. Berenang.
2. Popok kotor.
3. Perempuan rentan ISK.

Dokter sebetulnya prefer si eneng dirawat inap karena kondisinya sudah terkena demam, yang artinya infeksinya sudah mengenai saluran kencing atas (katanya kalau baru kena saluran kencing bawah biasanya belum demam) tapi dia menyuruh saya pantau dulu di rumah dalam 2 hari ini. Aku disuruh kasih Sanmol drop 1,2 ml ("Jangan 0,6 doang, nggak ngefek," katanya. Hahaha mungkin karena berat si eneng ya. Kalo panduan umur kan masih 0,6.) "Kalau terus demam, langsung bawa ke sini ya," katanya. Soal asam uratnya, dokter kaya nggak terlalu concern. Katanya cukup kurangi sayur hijau dan perbanyak minum aja.

Kutebus obatnya. Lumayan lama meraciknya, 40 menitan. Dosisnya 3x sehari selama 8 hari; harus sampai habis. Akhirnya ketika kami sampai rumah, sudah jam 19.00! Obatnya kami berikan (pakai acara nangis histeris secara dia nggak suka rasanya) lalu dia tidur jam 20.00. Semalaman tidurnya masih agak gelisah tapi suhunya udah stabil di 37C-an.


DAY 4-5

Saya udah ngantor lagi walau agak resah meninggalkan si eneng. Yah setidaknya dia udah ga demam tinggi, tapi tetap saya minta dia dipingit dulu aja (biasanya kan tiap pagi dia dibawa jalan-jalan keliling komplek). Menurut laporan mama saya, si eneng banyak tidur dua hari ini. Setiap bangun, nyusu, main bentar, merengek lagi minta digendong, tidur lagi. Mungkin efek obatnya. Pupnya pun masih encer. Yang kasihan ya mamaku, mana ART harian kami nggak nongol-nongol. Di akhir hari Jumat, si kecil udah mulai bisa ketawa-ketawa lagi (walau jarang) dan suhu badannya udah normal.


DAY 6-7

Fiuhh, udah weekend lagi hihihi... jadi bisa nemenin si kecil. Puji Tuhan, kondisinya udah jauh membaik. Hari Sabtu bahkan dia udah minta diajak jalan-jalan pagi seperti biasa (nunjuk-nunjuk pintu, minta keluar). Sabtu siangnya juga kami bawa makan di mall sebentar (gendeng yak, tapi kan demamnya bukan karena virus hahaha) dan Minggu pagi kami bawa ke gereja. Walau belum seceria biasa, tapi udah mulai ada senyumnya. Makannya masih susah. Yang bingung, kok pupnya masih encer ya?


DAY 8-12

Weekdays; saya ngantor seperti biasa. Menurut cerita mamaku, si kecil udah nggak bisa diam kaya biasa. Ketawanya juga udah banyak lagi. Tapii... minta nyusu mulu, susah makan. Haiyaaa....hahahaha... Mana produksi saya lagi agak seret akibat datang bulan. Senin valve pompa rusak jadi hasil pompaan kurang 150 ml dari demand (500 ml). Selasa saya dapat kerjaan mendadak dan harus pulang malam, yang mana artinya nggak sempat mompa sore dan si eneng pun kebagian 1 botol sufor karena stok di chiller dah abis dan nggak sempat angetin stok dari freezer. Kemudian ketika saya nyampe rumah dia udah resah gundah gulana nyariin emaknya *terharuuu*! Rabu pupnya udah padat lagi tapi jadi nangis deh pas ngeden. Uh, serba salah!

Obatnya habis hari Kamis malam (total 8 hari minum obatnya) jadi saya harus belikan urine collector lagi nih. Semoga ngumpulin urinenya gampang dan hasil tesnya bagus yaakk...

NOTE
BTW, hasil pembicaraan sama kakak ipar dan teman yang berprofesi dokter: pake pospak tuh gapapa (bahkan kalau misalnya bablas semaleman). Desain pospak jaman sekarang tuh canggih kok. Ya emang sebelum ini juga berbulan-bulan si eneng pake pospak bablas semaleman (10 jam) gapapa kok... Cumaa WAJIB BANGET langsung bersihin begitu pup! Nah emang biasanya juga gitu, cuma saya teledor kemarin ini. Apalagi kalau anaknya perempuan, bener-bener nggak boleh lengah karena sangat rentan kena ISK. Ponakan teman saya juga gitu, kena ISK gara-gara nunda bersihin pup 10 menit (karena kagok, lagi makan). Hati-hati ya, peeps!

Lanjutannya

Tes urine akhirnya baru dilakukan hari Senin siang, telat 4 hari! Abisnya beberapa hari aku nyari urine collector di apotek dan lab dekat rumah nggak ada semua. Mau beli ke RS, ga keburu. Akhirnya Minggu mamaku berkreasi pakai plastik tomat (kantong plastik makanan biasa) pake selotip gede. Ehh tumpah. Senin baru berhasil kekumpul. Ternyata hasilnya masih agak tinggi leukositnya, huhuuu... Bakterinya juga masih positif 1. Selasa sore sepulang kantor kubawa lagi si eneng ke dr. Andy. Ga pindah-pindah dokter ah, biar tuntas. Dokter ngasih antibiotik lagi buat 5 hari dan begitu mau habis harus tes urine lagi. 

Kasihan si eneng, dia nggak suka banget obat antibiotik ini, nggak kaya Kehongsan. Tiap disuapin obat sampe jerit-jerit panik padahal kalo Kehongsan mah dia sruput-sruput nikmat dan malah nangis kalo abis hahaha. Mana sekarang jadi susah minum air putih kalau bukan sehabis minum obat! Kayanya dia identikkan air putih sama obat deh. Puji Tuhan hasil tes berikutnya bagus. Normal semua. 

Eneeeng, jangan sakit lagi dooong, sehat-sehat selalu yaahh!

No comments:

Post a Comment