24 July 2015

Baby L's Milestones: 11 Bulan

BB 9 bulan 25 hari   : 10,9 kg (kok turun ya ndhuk). Tinggi 78 cm.
BB 10 bulan 29 hari : 10.9 kg (bener-bener stabil ya). Tinggi belum ukur, kayanya masih 78.

MPASI start 10 bulan:
Mulai dikasih nasi pakai kuah kaldu, sedikit garam, dengan lauk sayuran dan protein kukus. Kemudian umur 10,5 bulan beralih ke table food supaya anaknya mau makan karena dia maunya makan bareng dari 1 piring. 
Masih belum dikasih makanan bayi buatan pabrik karena takut doyan, tapi kadang kami biarkan dia makan biskuit dan biscotti Heinz hahaha... Dasar emak labil ya.
- Makanan yang disuka: buah, roti, bapao, misoa. Nyemilin makanan orang dewasa alias nyantong (terutama kerupuk, pisang goreng, dan puding).
- Makanan yang dimakan tergantung mood: Nasi.  
- Makanan yang ditolak: kentang rebus dan pasta as always (walau dah ditambah keju). Masih suka moody buat minum air putih. Kadang pura-pura batuk keselek segala.

Milestones:
- Ngeledekin. Dia mau mainin botol Young Living jadi kusumputin botolnya di belakangku. Pas dia panjat-panjat badanku kan ketemu tuh botolnya. Dia ambil trus acungin pake tangan kanan dengan happy. Trus dia pindahin ke tangan kirinya, tangan kanannya yang kosong diacungkan lagi ke arahku sambil cengar-cengir. Sulap, neeng?
- Nemu kabel, colokannya dia arahin ke steker (yang tentunya tertutup), ceritanya mau nyolokin.
- Minta dibagi pisang yang lagi dimakan mamanya tapi ga dikasih. Dulu pasti mewek, tapi sekarang dengan santai merangkak ke meja makan terus berdiri meraih pisang lain. 'Ga dikasi ya gue ambil sendiri, wek.'
- Ngerti 'jalan-jalan', 'yuk', 'sini', 'lagi', 'minta', 'mama', 'papa', dan 'popoh'. 'No' dia anggap penyemangat untuk cepat-cepat melakukan hal yang terlarang itu hahaha...
Motorik halus masih minim, tangan masih suka terkepal. Mulai bisa waving dikit (tapi cuma kaya hail gitu, ga melambai). 
- Udah bisa manjat kasur dan meja di living room (setinggi kira-kira 35-40 cm).
- Merambat muterin meja (bulan lalu belom bisa merambat belok, cuma bisa lurus).
- Berdiri tanpa pegangan beberapa detik.


Sehari-hari:

TIDUR: masih start jam 7-8 malam, bangun jam 4-6 pagi, diselingi bangun bentar buat nyusu sekitar 4-5 kali.

PIPIS dan PUPUP: suka pipis kuning tua gara-gara susah minum *sigh* dan masih suka malas ngeden.

MAIN: 
Masih lebih suka merangkak daripada ditatih, nggak suka tangannya dipegangin sih. Dia lebih suka merambat sendiri di rak atau sofa. 
Lagi suka jatuh-jatuhin buku dari rak terus dikuliti sampulnya, terutama kalau bukunya warna biru langit.
Masih seneng ngejambret kacamata, tapi dikasi kacamata mainan ga mau hahaha... 

SOSIALISASI: sangat senang sama anak kecil apalagi yang udah bisa jalan dan ngajak dia main.

SAKIT: Kena infeksi saluran kencing, huaaa! Ini gara-gara aku sih... Si bocah tumben-tumbenan pup subuh-subuh sambil tidur. Karena ga tega ngecek pampersnya, takut dia kebangun, kubiarin dulu sebentar. Sounds so jorok as a parent ya, tapi percaya deh, banyak parents yang berpikiran 'nggak apa-apalah, sebentar, kasihan anaknya' juga lho. Berawal dari nggak tega, ehh malah bikin bocah sakit. Maafkan mama ya Nak, mama belajar banget dari pengalaman ini.

No comments:

Post a Comment