01 July 2015

Parenting Decision: Kenapa Aku Kerja dan Anak Dititipkan di Neneknya

Kenapa kamu musti kerja? Kenapa nggak ngurus anak sendiri? Kenapa anak musti dititipin di neneknya, dsb dsb. Kepo ya kita orang timur tuh. Masih mending kalo cuma nanya 'kenapa' terus diem kalo dijawab. Paling parah mah yang langsung ngejudge, "Kok nggak biarinin orang tua istirahat, udah tua kok malah musti jaga cucu, kasihan ih." dan sejenisnya. Hahay! Gini ya...

1. Pertama, ibu saya ingin saya terus bekerja.
Ya iya lah, doi banting-tulang peras-peluh selama 20 tahun demi nyekolahin aku. Gelar sarjanaku was one of her best accomplishments. Sayang atuh udah cape-cape dapet ijazah cumlaude *nyombong dulu ah*, trus nggak dipakai. Bukan berarti kalau jadi IRT tuh nggak perlu pendidikan sih menurutku (karena ibu yang berpendidikan tentu diharapkan bisa membukakan pintu wawasan buat anak-anaknya), tapi gelarku akan lebih terutilisasi kalau aku kerja. Dan mama tuh perempuan mandiri banget, jadi dia pengen anaknya juga mandiri (dan aku setuju).

2. Kedua, ibu saya ikhlas ngurus cucunya.
Lha mumpung baru satu dan tenaga si mama masih ada. Ntar kalo cucunya udah banyak dan papa mama udah menua mah kita pasti kasih tenaga bantuan. Sekarang mah papa mamaku lagi semangat-semangatnya main sama cucu

3. Aku cari duit buat menghidupi keluarga, bukan buat gaya-gayaan.
Kan aku pingin suami bisa menikmati gajinya juga, nggak semua habis buat kehidupan sehari-hari dan tabungan pendidikan anak. Aku juga pingin menghidupi orang tua saya dari jerih payah sendiri sebagai usaha buat sedikiiit membalas jasa mereka selama hidupku. Masa kudu minta ke suami juga? Plus aku pingin bisa membeli barang-barang lucu buat si baby hohoho.

4. Saya nggak biasa nggak megang uang sendiri.
Selama sekitar 5 bulan awal pernikahan, saya menjadi IRT. Suami ngasih uang bulanan buat belanja dan beli kebutuhan pribadi saya. Jujur saja, saya nggak merasa nyaman, bahkan cenderung malu (apalagi kalau kurang trus harus minta lagi, uuugh rasanya bedul banget ngatur budget rumah tangga). Ya emang sih suami ngizinin saya beli kebutuhan pribadi, tapi kok rasanya sungkan. Kalau pakai uang sendiri, bisa sekali-sekali splurging beli krim muka kek, beli baju kek, lipstick kek. Coba kalo pakai uang suami, pasti buat diri sendiri mah aku cuma beli sabun sampo. Kemudian stress sendiri kehabisan baju layak pakai hahaha...

5. Sikon nggak mendukung.
Rumahku bukan tipe cluster yang keluar masuk selalu terjaga ketat. Kemungkinan suster kabur tuh sangat tinggi dan dalam hal ini, CCTV nggak bersifat preventive. Daycare juga lokasinya jauh dan nggak terima bayi. Saya sendiri sengaja cari kerja yang nggak terlalu jauh dari rumah (max 40 menit perjalanan) supaya bisa cepat ketemu anak tiap sore.

Ya intinya balik lagi ke orangnya dan keluarganya. Ada banyak kok kakek nenek yang cuma mau main tok sama cucunya, tapi ogah ngurusnya karena udah cape. Ya kalo kaya gitu, sebisa mungkin anak-anaknya jangan nyusahin. Aku juga kalau papa mamaku emoh mah nggak akan maksa mereka ngurus cucu.

Nggak ada yang jagain di rumah jadi anak dititip di daycare? Itu juga bagus, anak belajar bersosialisasi sedari dini. "Ih gimana kalo anaknya diapa-apain?" Mbok ya ga usah nakut-nakutin, namanya ortu ninggalin anak tuh pasti pake banyak pertimbangan. Mungkin dia udah dapet banyak testimoni dari ortu lain, daycarenya udah dipasangi CCTV (dan langsung connect ke HP ayah ibunya, canggih ya jaman sekarang!) dll.

Banyak juga yang demi anjuran religius atau keinginan suami memutuskan buat jadi SAHM. Good for you! Puji syukur banget! Doain semoga working moms lain yang bercita-cita jadi SAHM juga lekas nyusul yaa!

Buat orang-orang yang sukanya nakut-nakutin orang yang parentingnya beda style: GTH! Kalo gatau apa kepanjangannya, cari aja ndiri hihi... Ga perlu lah komen macam :
- 'Nanti anaknya jadi anak mbak atau anak ncus lho, ga sayang sama mamanya lhoo'. Gila lu ya, di mana-mana emak yang normal tuh pasti berat ninggalin anak. Mbok ya disupport. Disemangatin. Ini malah dibikin stress. Anakku dari dulu tetep nemplok sama aku kok, karena begitu pulang, aku mandi dan langsung nempel sama dia. 
- 'Rejeki udah ada yang ngatur, kenapa musti takut sih, nggak percaya sama Tuhan ya, nggak percaya sama suami ya, nggak mau hidup sederhana ya' dll. Iya betul, rejeki itu dari Tuhan. Tapi adakah Tuhan ngasih rejeki tanpa kita berusaha? Apakah rejeki setiap orang sama? Apakah kondisi tiap keluarga sama? Mungkin keluarga A harus punya double income karena diam-diam menghidupi anak yatim atau membiayai keluarga yang sakit. Trus keluarga B yang istrinya diem di rumah berhak komen kaya gitukah ke Ibu A padahal nggak tahu kondisinya? Hayo?

Nggak perlu lah maksain kondisi kita ke orang lain. Itu tandanya nggak ikhlas hahahaha....

No comments:

Post a Comment