19 September 2015

Kebiasaan Tidur Baby L 0-12 Bulan

Nggak tahu deh soal bayi lain, banyak temanku cerita anaknya udah bisa tidur 5-6 jam sejak umur 9 bulanan. Not my baby hahaha... Gini jadwal tidur babyku...

Usia 0-7 hari

When and how much?
Mulanya dia tidur melulu karena lahir late-preterm. Tidur 2-3 jam, bangun hanya karena dibangunkan untuk menyusu, itu pun bentaaaar banget, maksimal hanya 15 menit. Lalu ternyata dia kurang cairan sehingga bilirubinnya tinggi dan jadi ngantuk terus. Makin susah nyusu, bilirubin makin tinggi, makin ngantuk dan gitu terus deh lingkaran setannya.
Umur 6-7 hari dia masuk RS untuk fototerapi. Saya ikut nginap supaya bisa membangunkan si baby tiap 2 jam untuk menyusu.
Total daily sleep time: sekitar 22 jam.

Where?
Awalnya baby kalau siang tidur di kasurku dan malam di boxnya, tapi lama-lama kami memutuskan untuk co-sleeping. Aku bisa cepat gendong si kecil keluar kamar begitu dia nangis, jadi suamiku less terganggu tidurnya.

In what position?
- Kebanyakan telentang dan menggunakan bantal Olus yang dikasi Aunty Line. Bantal ini dipercaya berandil besar dalam menjaga kebulatan bentuk kepala si eneng.
- Since day 1, eneng benciii banget terbangun dalam kondisi dibedong. Benci, benci, benci! Dia lebih seneng bebas nendang-nendang dan ngulet-ngulet. Iya juga sih, di perut aja doi udah ga betah dan minta keluar duluan, ngapain di luar dibedong lagi hahaha...

How to sleep?
Dibaringkan aja dan dia pasti langsung tidur, bahkan dalam kondisi banyak orang ngobrol dan TV menyala.


Usia 8 hari s.d. 3 minggu

She still mostly slept through any sound and condition, even when she was sunbathed

How much and where?
Babyku mulai bisa bangun sendiri setiap 2 jam sekali untuk menyusu (langsung menjerit, ga pakai gerak-gerak gelisah atau hunger cues lainnya dulu). Nyusunya masih 100% pakai dot jadi cepet banget abisnya (padahal pakai dot ukuran newborn). Kadang sehabis nyusu, dia masih melek dulu sekitar 15-25 menitan (cuma gerak-gerak aja di kasur), kadang langsung lanjut tidur. Malam juga bangun 2 jam sekali.

Total sleep time: sekitar 20 jam.

How to sleep and in what position?
Karena dia jarang gumoh dan sendawa, saya suka kelamaan memposisikan dia di bahu sehabis menyusui sampai dianya ketiduran. Sejak itu dia sukanya tidur dalam posisi vertikal.
Kalau dia sudah nyenyak baru kusimpan di kasur. Saat itu aku masih e-ping (exclusively pumping) dan sama sekali tidak menyusui langsung akibat bingung puting. Namun, katanya co-sleeping bisa membantu kedekatan ortu-anak dan mempermudahku buat buru-buru gendong ketika dia nangis malam-malam.
Dia masih jago molor dalam suasana berisik sekalipun.
Pernah pas umur 3 mingguan dia sukanya telungkup sendiri. Ditelentangin pun dia ngebalik lagi! Akhirnya disangga bantal aja supaya ga ketutup kasur idungnya.


Usia 3-4 minggu

Where?
Siang di bouncer, malam di kasurku. Pernah dicoba ditaruh di kasur bayi yang bisa dilipat, ehh malah ngamuk. Mungkin bahannya gerah.
Tidur pun harus tetep digoyang bouncernya, kaya ratu pisan!

When and how much?
All day long, si eneng bangun 2 jam sekali (masih menjerit kelaparan). Mulai bisa bangun agak lama (variasi sekitar 30-60 menit) dan ketawa-ketawa lalu lanjut tidur di kursi goyangnya.
Selama sekitar seminggu, dia terbangun jam 21.00 untuk menyusu dan nggak lepas-lepas sampai jam 3 malam. Kalo lepas langsung histeris. Ternyata growth spurt tuh begitu! Itu pun akhirnya bisa lepas karena mamaku ngambil alih dan timang-timang si eneng sampai dia tidur. Si mama iba ngeliat aku kaya mau pingsan haha... Saat itu aku belom bisa nyusuin sambil tiduran (soalnya si eneng baru relaktasi sehingga kami belum jago ngatur posisi).
Total sleep time: sekitar 18 jam + beberapa jam semi-tidur sambil nyusu.

How to sleep?
Kalau siang: harus sambil nyusu atau digoyang di bouncer.
Kalau malam: harus sambil nyusu atau sambil ditimang. Anehnya kalo malem ogah di bouncer.

In what position?
Gara-gara si eneng nangis kalau nggak nyusu atau ditimang, kami belajar menyusu sambil berbaring. Enaaakk; anak senang, mama bisa tidur tenang. Co-sleeping at its finest moment!
At 4 weeks she still slept very soundly even smiled dreamily when her head was shaved

Usia 4 minggu - 2,5 bulan

When and how much?
Masih all day long tidur mulu dan bangun 2 jam sekali untuk nyusu.
Sejak lewat growth spurtnya itu, si eneng udah susah bobo kalau nggak menyusu atau ditimang. Yang gawat, dia banyakan tidur tuh siang. Nyenyaaak banget ga bisa dibangunin, paling total wake timenya cuma 1-2 jam. Malam malah bangun dan ngajak begadang sampe jam 3 subuh. Abis nyusu bukan tidur, malah minta diajak main dan ditimang-timang.
Total sleep time: sekitar 18-19 jam.
Masa-masa indah ketika eneng masih mau bobo di car seat

How to sleep?
Masih harus sambil nyusu atau ditimang.

In what position?
Kalau sambil nyusu, dia mau bobo berbaring. Kalau ditimang, harus vertikal atau posisi 'suka-suka-akika' yang kalo diliat orang lain, dikiranya kami nyiksa bayi. Padahal kami yang tersiksa, men! Pegel kan nahannya! Mana makin lama dia makin jail: kalo kita duduk, dia bangun dan merengek minta ditimang lagi!
Posisi Suka-Suka-Akika
Where?
Siang-malem mostly di pelukan! Kalo ditaruh, meweekk... Ulang lagi timang-timangnya... *sigh*
Kalo subuh dia dah teler berat, baru bisa ditaruh di kasur.

How to introduce night-and-day concept?
Strategi kami untuk mengenalkan perbedaan siang dan malam:
- Kalau siang kami ga menurunkan volume suara. Cuek aja nyalain TV dan ngobrol pas dia tidur. Tirai dibuka supaya kamar terang.
- Kalau malam kami matikan lampu (mengandalkan sedikit cahaya dari lampu jalan aja yang menyelinap dari jendela, halah). Kalau malam-malam si baby bangun dan nangis, dia kubawa ke kamar mama supaya suami nggak terganggu tidurnya. Saya dan mama tetap ngewaro si eneng, timang-timang, nyanyi-nyanyi, goyang-goyang. Nggak tega kalau pakai metode cold turkey ataupun nggak eye contact sama si baby.
Hasilnya? Belum nampak sih pas umur segini, tapi dia kelihatannya lebih suka tidur dalam gelap hahaha...
Silaaaauu!


Usia 2,5 bulan - 10 bulan

When and how much?
Halleluya! Begitu emaknya mulai kerja, dia mendadak 'ngerti' kalau malam tuh untuk tidur dan siang untuk main. Begitu jam 19.00-20.00an, pasti dia udah nangis ngantuk. Semalaman bangun tiap 2-3 jam sekali buat nyusu aja sambil tiduran, trus langsung lanjut tidur lagi sampai jam 5-6 pagi.
Siang jam mainnya makin lama. Waktu umur 3 bulanan, tidur siangnya masih sering (sekitar 4-5 kali) dan lama (total sekitar 5 jam, variasi lama tidur dari 15 menit s.d. 2,5 jam). Waktu umur 9 bulan, dia tidur siang cuma 3 kali dan makin sebentar (biasanya sekitar 30 menit di pukul 8.00an, 1.5-2 jam di sekitar pukul 12.00an, dan 2 jam di sekitar pukul 16.00). Pengecualian kalau weekend, dia bisa tidur siang lebih sedikit karena excited ada papa mamanya di rumah.
Total sleep time: sekitar 13-15 jam.

Where?
Siang di pelukan, malam di kasurku.

In what position?
Kalo dipeluk, nyender di dada.
Kalo di kasur, sekarang sukanya menelungkup.
Dan begitu lewat umur 2 bulan, udah ga dipakein bantal. Takut ketutup mukanya!

How to sleep?
Malam-malam dia bisa nyusu sambil tiduran karena kami masih co-sleeping, jadi aku bisa sambil tidur dan nggak terlalu kerasa kurang tidur. Yess! Enak juga sih tinggal ngenyot, langsung ngantuk dia.
Problemnya cuma kalau siang, dia masih harus digendong dulu kalau mau tidur dan suka ngambek kalo ditaruh.


Umur 11 bulan dst

Masih mirip bulan-bulan lalu. Bedanya: sekarang kalau siang, begitu nyenyak bisa disimpan di kasur dan nggak ngamuk. Kadang terbangun sih, tapi asal lihat ada emak atau neneknya dia udah merem-melek lagi, tinggal ditepuk-tepuk bentar, bobo lagi deh!
Nyenyak abis ditimang, udah boleh ditaruh


Mengenai sleep-through-the-night

Sampai sekarang setelah melewati ultah pertama pun, anaknya tetap bangun beberapa kali sepanjang malam hahaha... Apa tuh yang kata orang-orang, bayi kalau udah gedean bisa sleep through the night (minimal 5-6 jam)? Kutak tahuuu... tak mengerti... tak mengalami... hahaha...

Selama si eneng kalau malam nggak nyusahin, cuma bangun buat nyusu doang, bahkan biasanya tetap tidur walau digantiin popoknya, I'm fine with it. Mungkin kelak ada waktunya dia bobo sepanjang malam.

Menurut beberapa artikel misalnya dari Parenting Science, ASI mengandung tryptophan yang membantu badan membentuk melatonin. Zat inilah yang membantu manusia untuk tidur di malam hari dan bangun di pagi hari. Ternyata ini ya salah satu kelebihan ASI. Makanya banyak yang menyarankan jangan ngasih ASI perahan pagi di malam hari dan sebaliknya, tapi sebaiknya berikan ASI perah sesuai jam memerahnya.

Aku juga suka artikel yang ditulis Anne Smith di Breastfeeding Basics ini, membahas banyak soal kebiasaan tidur bayi. Intinya: bersabarlah. Bayi akan tidur lebih lama (dan bisa tidur sendiri) pada waktunya. Amiiiinnnn....


Mengenai gaya tidur genetis

Satu hal yang saya perhatikan sejak jaman si eneng umur semingguan, gaya tidurnya ngacaaakk banget PERSIS bapaknya, even worse! Si eneng suka muter-muter gulang-guling ga keruan kaya baling-baling lepas. Sebenernya sering mergokin posisi si baby sama bapaknya mirroring each other, tapi ga selalu sedia kamera euy deket kasur hahaha!

Baru lahir, udah maceuh tidurnya
Itu tadinya aku di tengah lagi baca Kindle selagi mereka bobo siang, trus nyadar kok gayanya mirip (eneng sebelum difoto pose kakinya sama kaya bapaknya)
 

No comments:

Post a Comment