10 September 2015

Susahnya Berhenti Jadi Judgemental Parent

Jujur yah, sewaktu aku masih single, ngelihat ibu-bapak muda di mall tuh pasti judgemental deh.
- Ih, kok anaknya malah digendong sus dan emaknya dorong stroller yang diisi belanjaan sih?
- Ih anaknya udah gede kok masih ngedot? Masih pake pampers? Mamanya males ngelatih anaknya nih.
- Ih anak nangis kok bukannya ditenangin atau dibawa pergi dari tempat umum, kok malah dibiarinin sih?
- Ih ngapain sih bawa-bawa baby ke bioskop, mana filmnya action yang berisik gombrang-gambreng, tuh kan anaknya nangis kaget kan. Ortunya egois sih, kalo punya anak kan musti rela ngorbanin beberapa hal dong. Nonton di rumah aja, napa.
- Kok anaknya dibiarinin makan sambil jalan-jalan sih? Apaa, kalo mau anaknya anteng musti dikasih gadget? Ya ampuun...
- Itu anaknya kok dikasih snack yang bergula-gula semua gitu sih? Mana makannya pilih-pilih pula. Ga sehat ih!

Dan seterusnya aku ber-"Ah-ih-ah-ih, kok gini, kok gitu". Sok idealis. Nyinyir abis. Yoihhh, biasa lah karena belum ngalamin sendiri hahaha...

Ehh, kemudian ngalamin sendiri pas adik-adik sepupuku lahir. Umur mereka memang jauh banget dariku, yang paling besar aja selisih 16,5 tahun. Yang terkecil masih di perut, berarti selisih 31 tahun (WAW)!  Trus ngalamin juga punya anak sendiri, yang ternyata bukan tipe bayi yang sama dengan anak-anak mamaku, sampai mamaku aja bingung.
  • Salah satu sepupuku waktu bayi sangat susah makannya. Musti sambil jalan-jalan dan main-main keliling rumah, plus diemut lamaaa banget dan makannya dikit. Aku sekali doang nyoba nyuapin dia, kapok! Dalam 45 menit aku ngejar-ngejar dia, cuma abis dua per tiga piring (dan menurut mamanya itu tuh udah banyak, "Wahh mungkin karena disuapin cicinya nih, next time suapin lagi ya!"). No thanks, no next time-next time yah hahaha...
  • Sepupu-sepupuku agak picky-eater. Gampang-gampang susah lah makannya.
  • Anakku juga ternyata makannya dikit! Huh! Kirain bakal rakus kaya diriku waktu bayi, bisa ngabisin semangkok Pigeon di umur 6 bulan hahaa... 
  • Anakku nggak betah samsek duduk di carseat dan stroller! In the end ya digendong lah ya, abis anaknya belum bisa jalan. In the end carseat dan strollernya lebih sering ditinggal *swt*. Dulu pas hamil mah sok-sokan, "Biarin aja anaknya nangis, pokoknya musti diem di carseat!" Yeah riiiite!
  • Tentunya, anakku juga nggak betah duduk di high chair. Makan harus sambil berdiri-berdiri manjat yang nyuapin (belum bisa berdiri tegak sendiri sih). Padahal aku dulu mau lho duduk diem kalo makan!
Kemudian juga dapat sharing dari teman yang sepupunya autistic. Kalau udah ngamuk malah harus dibiarinin tenang sendiri. Kalau dipegang bisa makin histeris dan melukai dirinya sendiri. Wow. Sekarang saya nggak pernah melihat anak tantrum dengan judgemental lagi, bahkan yang gerung-gerung geletakan di lantai. Paling berdoa aja dalam hati, semoga anakku kelak nggak gitu. Sekarang malah jadi kasihan sama orang tuanya.
Akhirnya sekarang ngerti deh kenapa beberapa idealisme nggak bisa dijalankan. Yang masih bisa kujalankan ke si eneng ya disyukuri banget aja yaa... misalnya soal anak nggak gadgetan, anak masih mau makan sayur dan buah. Ya syukur aja deh... Kalo nggak bisa juga ya sudah laah hahahaa... Ke orangtua-orangtua lain pun aku jadi lebih pengertian. There's a story behind every parenting decision kan?

PS: lagian, ternyata sebel juga kalo kita yang dijudge hihihi... Misalnya kenapa anakku umur 10 bulanan udah makan table food, kenapa anakku digendong mulu bukannya dipakein baby walker supaya cepat jalan, atau kenapa anakku ga ditatih.

Tapi sampai sekarang aku masih judgemental garis-keras loh dalam beberapa hal:

1. Ortu yang merokok di depan anak-anaknya. No need for further explanations kan? Pengen kutabokin satu-satu.

2. Anti-vaxxers.
Opiniku dari dulu keras banget soal mereka ini. Abis ngeselin kan, ignorance mereka membahayakan anak-anak orang lain. Hih! Berapa banyak coba, bayi kecil yang belum boleh divaksin malah terpapar penyakit yang seharusnya udah punah (atau setidaknya bisa diminimalisir)! Contohnya newborn yang dikarantina karena terpapar campak ini. Ihh aku nangkep banget emosi mamanya si bayi ini.
Kemudian kemarin aku baca artikel VOX berjudul I Thought All Anti-Vaxxers Were Idiots. Then I Married One. Langsung mata terbuka, 'wah iya juga ya'! Mereka tuh bukannya ga peduli dan ignorant, tapi TAKUT. Takut anaknya kenapa-kenapa. Takut sama sistem dan korporasi medis yang nggak bener. Semua orang tua pasti ngalamin rasa takut berhubungan dengan anak masing-masing.
Ketika para anti-vaxxers ini diserang, tentunya mereka jadi defensif dan masang barrier. Mana mau dengar argumen pejuang-vaksin. Kalau didekati dengan empati dan kesabaran, malah lebih besar kemungkinannya mereka mau dengar. Hmmm... betul juga tuh. Oke deh aku ga akan terlalu harsh lagi sama anti-vaxxers, tapi aku tetap pendukung vaksin, harga mati!

No comments:

Post a Comment