30 September 2015

Pengalaman Beli Barang di TUM Flea Market

Setiap bulannya, The Urban Mama menyediakan tempat bernama Flea Market di forumnya agar para anggotanya dapat berjual beli barang bekas ataupun baru. Daripada mubazir, siapa tahu bisa digunakan oleh orang lain yang memang membutuhkannya. TUM sendiri hanya membatasi bentuk barangnya: Books, Sport-related Items, Kitchen-related Items, dan Parenting-related Items. Makanan dan obat-obatan tidak boleh diperjualbelikan. TUM juga membatasi anggota yang boleh mempost di Flea Market, yaitu hanya anggota yang sudah mempost lebih dari 10 postingan. Setiap akun juga hanya boleh mempost 5 buah item per bulannya. Tentunya transaksi jual beli menjadi tanggung jawab penjual dan pembeli, bukan tanggung jawab TUM.

Tahu ga sih, sebetulnya Flea Market inilah yang sebetulnya menjadi alasan saya join TUM? LOL! Tapi lama kelamaan malah keasikan sendiri posting-posting sharing dan baca postingan orang lain, trus malah lupa deh nge-flea! Malah setelah hampir setahun jadi member TUM, baru bulan ini saya nge-flea. Jual si Takahi slowcooker dan Pliko playmat yang ga terpakai, tapi baru Takahinya yang laku.

Kalau jadi buyer, saya udah pernah 4-5 kali. Beli buku-buku anak, essential oil, kolam spa, sama cooler bag buat kado. Semua ibu yang kontekan sama saya sopan, ramah, dan jujur soal kondisi barangnya, misalnya bagian atas kolam spa yang udah bocor sehingga kempes (tapi ga ngefek karena cuma buat hiasan) atau buku yang belum dibuka tapi penyok dikit ujungnya. Karena udah tahu dari awal, saya cincai laaa... Trus kalo bilang baru atau BNIB (brand new in box), ya barangnya juga seger kinyis-kinyis mirip beli di toko.

Kemudian kemarin ketemu lah sama seller super-ajaib, sebut saja Bunga (nama akun dan profpicnya emang pakai suatu jenis bunga). Yah mungkin buat dia, sayalah buyer yang ajaib. Doi tuh udah reguler di TUM Flea Market; yup tiap bulan adaaaa aja barang yang dia jual. Nah dulu-dulu aku ga pernah tertarik sama barang jualannya, tapi lumayan sering liat namanya di Flea Market. Karena sering itulah, kupikir ni orang tentunya bisa dipercaya dong. Stupid me. Atau yah mungkin aku lagi sial aja, buktinya nih orang selama ini santai-santai aja seliweran di Flea Market.

Jadi gini, Si Bunga menawarkan pompa Medela Harmony. Dia menyatakan bahwa harga pembeliannya dulu 700 ribu (which is overpriced lah kecuali dia juga abis ditipu orang, toh harga barunya di mana-mana sekarang Rp 560-575 ribu doang walau kondisi Rupiah lagi jeblok gini,  tapi yasudlah ya pikirku, mungkin dia tinggiin harga barunya supaya harga jualnya nampak oke) dan dia jual dengan harga Rp 450 ribu. Kondisinya dot Calmanya nggak ada. Fine, aku emang ga butuh juga dot Calma, tapi justru bagus nih karena aku punya Calma ga kepake, jadi harusnya aku bisa jual lagi dengan harga lebih tinggi dong hahahaha... BTW itu plan B yah, karena si pompa ini beneran mau kupake. Si Bunga juga masang foto Medela Harmony dari internet, bahkan bilang mau kasih bonus 7 botol BKA.

Kukirimlah e-mail ke akun gmailnya yang juga sama dengan nama akun TUMnya, "Halo Mom, mau nanya soal Medelanya yang di-flea, masih ada ga? Itu pembelian kapan dan pemakaian berapa lama ya? Terima kasih." 15 Sep 2015, 17.33

Bunga (15 Sep 2015, 17.34) : Hi..masih..new mba say.. cm ini ga ada calma dotnya..n tatakan kuning
CATATAN: masih pake say, bo! Ditekankan nih ya, doi bilang BARU.

Aku (15 Sep 2015, 17:36) : Wah masih garansi? Mau dong, Mom... Tatakan mah gapapa lah, ga pernah dipake juga 😁 Lokasi di mana Mom?
 
Bunga (15 Sep 2015, 17.40) : Kl manual g ada garansi mba.. yg pakai garansi itu pompa asi electric

Aku (15 Sep 2015, 18.19) : Ohhh.. Iya juga ya, kalo manual rusak paling ganti part doang hehe.. Posisi di mana Mom? Harganya masih bisa kurang ga? 
CATATAN: seumur-umur jual beli, wajar kan yah pembeli nanya gitu? Aku bahkan ga nembak '300ribu aja mbak' atau apa lho. Ehh didiemin sama dia. Nah di sini udah firasat kalo orangnya nggak asik. Aku aja jual Takahi BARU (harga toko Rp 300ribu), ada yang nawar Rp 200ribu aku sahutin kok 'maaf nggak bisa, Mbak, ini barang gress dari toko', padahal via SMS yang mana buang pulsa kan. Lha ini cuman e-mail gitu lho, apa susahnya.

Begonya akuuuu... masih aku kirimin e-mail lagi besoknya, dengan ramah!
Aku (16 Sep 2015, 12.05) : Mom, kok ga bales lagi? Jangan ngambek gara2 saya nanya kurang ya... Namanya juga emak2 hehehe... Saya serius kok mau beli...
Bunga (16 Sep 2015, 12.18) : Udah murah mba.. nett free ongkir aja di jabodetabek.. 
Aku (16 Sep 2015, 12.20) : Heeh oke, minta no reknya aja Mbak
Bunga (16 Sep 2015, 12.22) : Iya..aq pakai rek mandiri.. lengkapin data: penerima-alamat lengkap -no telp ya..
Aku (16 Sep 2015, 12.27) : *ngirim nama, alamat kantor, no HP*
Bunga (16 Sep 2015, 12.31) : Oke.. no rek mandiri (nama asli si Bunga dan no rek)..kl dah trf blh kbrn ke (no hape si Bunga).mksh yaa
Bunga (16 Sep 2015, 12.40) : Oiya aq ada 1 lg botol medela uk 150 ml new kl mau sekalian nambah 50rb aja ya.. free ongkir jne..tks
Aku (16 Sep 2015, 12.41) : Ok, latest nanti malam pakai rek suami saya ya soalnya e-banking BCA saya kalo ke mandiri suka susah. Thank you!

Doi mengiyakan dan suruh aku kabarin ke no hapenya.

Sorenya sepulang kantor, kutransfer dari ATM (karena ga enak nyusahin suami yang lagi sibuk) trus kukirim SMS. Berikut ini SMS bales-balesan aku dan dirinya *halah*.
Aku (16 Sep 2015, 18.13) : Mom, saya yang beli Harmony. Sudah saya trf ya 450rb, botol Medelanya saya ga ambil yah. Thanks
Bunga (16 Sep 2015, 18.27) : Oke..bsk aq kirim foto resinya ya.. Mksh *smile emoticon*

Aku ga minta lagi foto barang aslinya. Yup, A VERY STUPID MISTAKE. Aku beranggapan bahwa semua orang tuh kaya aku. Kalau jual barang dengan predikat 'baru' tuh berarti beneran masih baru dan tentunya nampak baru kaya dari toko kecuali disebutkan 'udah lecek, penyok' atau apalah. Kalau pasang foto dari internet tuh berarti kondisi barangnya masih persis dengan gambar tersebut. Tapi ya emang aku aja kali yah yang terlalu naif. Mengapaaa... aku beginiii...
Sampai tanggal 18 pagi, belum ada konfirmasi. Aku kirim SMS lagi dan dijawab via SMS juga.
Aku (18 Sep 2015, 11.18) : Mom, sorry, mau konfirm aja, paketnya udah dikirim belum?
Bunga (18 Sep 2015, 11.21) : Iya mom.. sdh kmrn ya..jne reg (sekiansekian).. mksh ya
Aku (18 Sep 2015, 13.32) : Makasih Mom
Sore itu aku dikabarin satpam kantor bahwa ada kiriman. Di rumah, kucek sekilas. Lho kok gagangnya beda warna, aku kan habis ngulik ASIBayi tuh, jadi tahu banget kalau Medela Harmony tuh gagangnya putih-kuning dan Harmony Light gagangnya kuning muda. Gini perbandingannya.
Bedanya apa? Isi paketan dan bentuk gagangnya aja sih. Harmony pakai Calma, Light kaga. Harganya Light lebih murah tapi saat itu aku gatau berapa pastinya. Pas chatting sama teman sekantor, katanya "kayanya mirip-mirip sama Harmony biasa deh" jadi pikirku, berarti sekitar Rp 500 ribu kali ya. Yang kubayar masih lebih murah tapi tetep aja dong sebel ya... Dia kan di Flea Market majangnya nama 'MEDELA HARMONY' dengan foto Medela Harmony, bukan yang Light.

Yasud itu kan udah Jumat malam dan si bocah udah ribut minta nemplok. Aku SMS aja si Bunga (18 Sep, 19.53) :
Mom, paket dah sampe, makasih ya. BTW FYI aja, kalo ini Harmony Light, beda tuasnya sama Harmony biasa. Harganya juga lebih rendah. Yasud salah saya ga minta fotonya dulu. Tks ya Mom
Bego yaa? Tapi waktu itu kupikir dia bakal kasi harga yang make sense alias di bawah harga pasar dong. Ternyata pas kucek di ASIBayi harganya Rp 475ribu dan malahan di Tokopedia, harga Harmony Light tuh cuman Rp 420 ribu!!! Dan lagipula, pompa ini tuh mau kupakai untuk bisnis. Orang belum tentu mau bayar harga Harmony buat Harmony Light.

Lalu hari minggunya baru aku sempat cek kelengkapan pompa. Mohon maklum, kalau weekend tuh bocah nemplok berat dan kami juga lagi sibuk ngurus pindahannya orang tuaku. Gimana kondisi pompanya? Dusnya menggunakan dus Harmony, udah kusam dan lecek. Connector, valve, dan breastshield nampak baru. Botol Medelanya ga kaya paketan Harmony yang biasa, dan kalau ada dudukan pun botolnya jelas lebih kecil dari dudukan. Tuas pompa udah agak berdebu di bagian belakangnya. Membran cuma ada 1 padahal harusnya ada 2! Mak! Membran kan Rp 40ribu belom sama ongkir! Rugi dong eikeee.... Di luar daripada itu, bonus 7 botol BKA juga ga ada tuh, malah adanya 1 botol Pigeon sama 1 valve kuning (yang keduanya aku ga butuh).

Tuas bagian belakang tadinya berdebu tapi udah kubersihin saking risih lihatnya. OCD sih...
Kelengkapan Medela Harmony Light
Kelengkapan Harmony Light menurut ASIBayi
Nggak tahu ya itu beneran asli dia juga belinya gitu apa gimana, tapi kalo dus Harmony Light sebetulnya gini bentuknya.


Image result for medelaharmony light
Kalo ga ada tulisan Light pun, Medela pasti ngeluarin foto di dus tuh sama dengan bentuk tuas pompa di dalam dus.

Pening... Hari Senin, kukirim e-mail ke si Bunga.

Aku (21 Sep, 14.48) :
Mom, tolong barangnya saya retur aja ya. Belum saya pakai kok, saya punya Swing dan Mezzo.  Anggaplah salah paham karena Mom offer Harmony sedangkan barangnya ternyata Harmony Lite. Saya lihat di ASIBayi harganya cuma 475 ribu dengan kondisi lengkap dengan 2 membran.
Nanti saya yang bayarkan ongkirnya. Mom kasih alamat Mom aja.
Tolong ya Mom. No rek BCA saya (sekian sekian).
Bunga (21 Sep, 15.00) : Mba..maaf g bs retur.. beda harmony lite dgn harmony biasa hanya warna dari tuas.. kl soal medela calma dari awal sy sdh info mmg tidak include.. mksh

Ihhh kok gitu! Berarti dia tahu dong kalo barang yang dijualnya tuh Light, beda dengan nama dan foto Harmony yang dia tulis di Flea Market TUM!!!
Aku (21 Sep, 15.10) :
Masalahnya ada di HARGA, Mom. Masa ada flea jatuhnya lebih mahal dari yg baru. Saya tahu tidak pakai Calma, nggak masalah. Tapi dengan harga yang Mom berikan, bahkan saya cuma dapat 1 membran (saya nggak perlu botol Pigeonnya).
Dan yang paling penting, foto dan nama yang Mom masukkan saat itu adalah foto dan nama Medela HARMONY, bukan Harmony Light. Berarti barang yang Mom berikan kepada saya TIDAK SESUAI yang Mom janjikan.
Tolong Mom, kita pakai flea market dengan halal. Kalau kaya gini Mom makan uang haram. 

Si Bunga ga nyaut lho. Akhirnya aku diskusi sama suami dan teman-teman di birthclub ABC14. Mereka sarankan buat coba lapor ke moderator juga, siapa tahu bisa bantu mediasi. Sekalian coba 'ancam' si Bunga dengan bilang bahwa aku mau lapor moderator TUM. Siapa tahu dia jadi insyaf.

Aku kirim e-mail ke moderator TUM buat menjelaskan perkaranya. Ga tau deh penjelasannya mudah dipahami apa malah ribet, saking nulisnya sambil emosi. Itu hasil pompaan tanggal 21-22 sampai seret banget lho! Prolaktinku gampang kepengaruh perasaan banget sih soalnya.

Tanggal 22 Sep (21.52), aku ngirim e-mail lagi ke si Bunga:
Bu, masalah ini terpaksa saya majukan ke moderator TUM ya. Saya nggak mau suudzon sama Ibu bahwa Ibu sengaja membohongi saya; saya masih berusaha percaya Ibu hanya salah barang aja. Tapi kalau tidak ada itikad baik menyelesaikan masalah ini secara baik-baik, saya juga bisa ajukan blokir rekening Ibu.

Bunga (22 Sep, 22.46) : Silahkan mba ajukam ke moderator..sy tdk ada niatan ya utk membohongi.. sy jual medela harmony itu new! Dan soal harga lbh mahal tentu nya tidak ya.. 450 include ongkir.. dan perlu di cek lg sy berikan 2 valve kuning.. meskipun hanya 1 membran putih.. apa yg moderator putuskan sy ikut aja.. saat mba blg itu medela harmony yg beda mba sendiri yg lwt sms mengatakan ; tdk apa2..

Aku (22 Sep, 22.49) : Karena saat itu saya belum cek sendiri harga Harmony Light dan belum cek kelengkapan barang. Saya tanya teman dan katanya 575rb; ternyata dia salah lihat. Di ASIBayi harganya cuma 475ribu. Kemudian ketika saya cek, membran cuma ada satu.
Ya ampun Bu, kalau betul beli Harmony kenapa saya dikasihnya Harmony Light? Kenapa tulisnya nama dan harga Harmony? Kenapa pakai dus Harmony tapi isinya Harmony Light?
Apa susahnya sih Bu kembalikan uang saya? Barang juga saya pasti balikin.

Bunga (22 Sep, 22.52) :Mba sy beli medela harmony itu sblm yg mba blg lite/light itu ada.. jauh sblm itu.. jd g ada ya sy mau bohongin atau apapun anggapan mba.. kl mmg menurut forum moderator sy salah ya gpp.. di kembalikan saja.. stlh sy terima brgnya..uang sy kembalikan 100 persen..
Aku (22 Sep, 23.02) : Sudahlah Bu, kita bereskan berdua saja baik-baik. Tolong Ibu kembalikan dulu uang saya dan kasih alamat Ibu; saya langsung pesankan Gojek besok pagi. Ibu di Jakarta kan? Jadi lekas kelar. Ibu juga ga mau kan saya kejar terus. Ya sudah biar ini jadi pelajaran kita buat pasang dan minta foto barang yg sebenarnya di flea market. Saya sebetulnya pingin selesaikan secepatnya tanpa bawa-bawa pihak lain.

Bunga (22 Sep, 23.04) : Mba.. kl sy sdh terima barangnya sy pasti kembalikan.. senin sbnrnya sy mau selesaikan ini.. sy masih tugas d luar kota.. dari sekian byk sy flea di tum g lah kl harus tarik urat utk 450rb.. kl mba mau pakai gojek senin. Tunggu.. 

Aku (22 Sep, 23.07) : Ok, kita selesaikan senin Bu, saya tunggu itikad baik Ibu. Saya juga pusing musti ribut gara2 pompa doang
Dan itu tuh jauh melewati jam tidurku hahahaha... alias tanggal 23 pun hasil pompaan masih mengenaskan. Untung 24nya libur!

Kutunggu sampai Senin tanggal 28 berlalu. No news dari si Bunga.

Tanggal 29 pagi kukirimi dia e-mail : Bu, gimana, ayo kita beresin masalah Harmony ini biar lekas kelar.

Bunga (8.45) : Iya.. bsk bisa di kirim via gojek.. skrg sy baru smp jakarta.. sabar..g bkl sy tahan uang anda. Mksh
Bunga (8.54) : Oiya tlg ya saya minta di foto kelengkapan medelanya sebelum besok di kirim. Tks

NOTE: Sabar, ceunah... Kurang sabar gimana ya gue? Walau aku juga punya salah karena terlalu oon, tapi kayanya sabar mah udah ya. Coba aja kita lihat yah, berarti harusnya hari ini kelar dong. In sya Allah ya... semoga insyaf ni orang. Eling, Bu, eling...

UPDATE HARI KAMIS TANGGAL 1 OKTOBER

Rabu tanggal 30 tiba. Pagi-pagi udah kukirim foto kelengkapan barang, kaya yang di atas. Jawabannya cuma 'ok'. Serius.
Sorenya kukirim e-mail lagi lah ya.
Aku (30 Sep, 15.46) : Mau transfer kapan Bu?
Bunga (30 Sep, 15.57) : Sabar mbakyu..sy masih d kntr.. pasti di transfer..

Khan situ yang janjiin hari Rabu? Itu pun udah mundur dari janji Senin. Tarik napasss... buang... Aku udah cape banget, akhirnya udah aja deh menenangkan diri aja.

Nah tadi pagi (Kamis) kubuka TUM, ternyata bulan ini Flea Market ditiadakan. Nah lho, jangan-jangan gara-gara gue? Maaf ya buat mommies yang mau flea jujur, aku juga padahal mau jual beberapa barang bulan ini. Salahkan aja tuh si Bunga *biiipppp*. Nah mungkin dia juga tadinya mau masukin flea trus ga bisa trus insyaf. Siang ngirim aku e-mail.

Bunga (1 Okt, 10.29) : Mba..saya minta alamat lengkap dan no telp utk pick up medela nya.via gojek.jam brp bs di pick up.. nanti sy trf..tka


Aku (1 Okt, 10.47) : Pick up bisa jam 12.30 di Kantor XXX (sekarang saya masih meeting).
*Kumasukkan alamat dan no hp, copas dari yang dulu kukasih ke dia buat kirim via JNE*
Transfer dulu ya Bu.
Bunga (1 Okt, 10.51) : Tenang mba.
Kamu kbrn aja kl sdh meeting.. begitu kelar sy trf n lsg pesan gojeknya
Enak aja yah nyuruh tenang, sabar... Berarti dia tau ya kalo kelakuannya tuh meresahkan?
Aku (1 Okt, 12.10) : Go ahead Bu, saya udah kelar.
Ehhh nggak ngabarin lagi jam 12.30.
Aku (1 Okt, 13.08) : Jadi nggak nih Bu? Tolong disegerakan ya, saya mau pulang nyusuin anak saya.
Bunga (1 Okt, 13.10) : Jam brp blk kntr lagi?? Sy 1jam lg baru bs ke atm
DALAM ATI: Duh, mbok ya dari tadi bilang bisanya jam berapa.
Aku (1 Okt, 13.12) : Ya udah lah saya tungguin. Saya mau pulang nyusuin langsung karena udah 2 minggu ini hasil pompaan seret mikirin Harmony! 
Bunga (1 Okt, 13.21) : Ooo.. ok nanti d kbrn
Bunga (1 Okt, 13.23) : Oiya ini ongkos kirim gmn? Gojek nya 15rb.. sy potong 15rb berarti ya..
Aku (1 Okt, 13.34) : Terserah lah Bu, atur aja, yang penting lekas kelar. 
Bunga (1 Okt, 13.36) : Oke jadi nanti sy trf 435rb ya.. yg sblmnya ongkis kirim jne tdk saya potong.. ini nama kantornya apa? Pt/ perusahaannya
CATATAN: Ya Gustiiiii.... Ni orang masih berani bahas JNE yang duluuuu? *Speechless*
Aku (1 Okt, 13.39) : Persis yang tadi saya tulis. Kantor XXX. Pasti nyampe, langsung kelihatan kok nama kantornya. 
CATATAN: Dulu JNE yang dia kirim aja nyampe kok. 

Bunga (1 Okt, 13.57) : Gojek nya failed terus.. jd sy minta tlg di kirim via jne aja yg 1 hari smp ya.. JNE yes.. gimana? Sy tramsfer 450rb skrg.. deal?
Attachment: foto app Gojek yang failed.
CATATAN: bok, kaya ginian aja lu niat ngirim attachment foto. Napa ga dari dulu lu kirim foto kondisi barang lu yang ternyata ga sesuai foto yang lu pajang? Ampir amsiong loh aku, dikuat-kuatin aja biar cepet beres.
Aku (1 Okt, 13.59) : Fine

Bunga (1 Okt, 14.05) : Ok.. deal ya
Aku (1 Okt, 14.09) : Kasih alamat aja, yang efisien Bu
14.26 kukirim e-mail lagi: Udah belum Bu? Sekalian saya pulang mau ke JNE nih. Tunggu punya tunggu, ga ada kabar.14.50 kukirim SMS : Bu, jadi transfernya kapan? Alamatnya mana, sekalian saya kirim.

Udah waswas banget tuh, plus sebeeeel banget. Anak gue nungguin, woi! Pompaan juga defisit.

Untunglah dia langsung jawab e-mail.14.51 Udah.. Medelanya di kirim ke (nama dan alamat doi). Tlg info foto resi jne..

Trus aku cek, puji Tuhaaann, udah masuk di rekening. Setidaknya ga pake acara dia potong biaya admin antar bank lah ya hahaha... *mencoba positive thinking*

Aku (1 Okt, 16.50) : Tadi sudah saya minta tolong OB antar Medelanya ke JNE, resinya besok ya Bu
Dan jam 15.10 dia SMS Sudah mbakyu.. Sy sdh trf.. Jg alamatnya.. Email d cek

Ya Allah, semoga nggak ketemu seller ga punya manner gini lagi... Semoga lain kali saya lebih hati-hati berjual beli, jangan bloon-bloon amat.

UPDATE, UPDATE!!! Kebetulan diingetin nih, sekalian deh, mumpung sempat. Memang dari kemarin-kemarin mau ngapdet ceritanya sekalian buat ngasi tau emak-emak di birthclub tapi kelupaan mulu.

Tanggal 2 October pagi, Bunga ngirim SMS dan e-mail minta foto resi JNE. Itu aku ga ngantor, lagi nursing-vacation alias seharian nyusuin langsung buat boosting ASI. Bukannya aku lupa ngasi nomor resi JNE juga sih, tapi ngontak dulu OB kantorku mintain no resi, yang mana dia SMS-in ke aku tapi ternyata salah hahahaa... Maklumlah dia ga ngerti no resi, jadi harus kujelasin dulu 'itu lho Mas, yang ada CGK sekian sekiannya'. Kukasi nomor resinya via e-mail.

Kirain dah kelar, ternyata tanggal 5 Okt jam 11.27, Bunga ngirim e-mail lagi :
Mba astrid yg terhormat.. sy baru saja cek kelengkapan medela yg mba refund.. corong yg mba kembalikan ke saya ini sepertinya tertukar ya.. saya punya baru/new! Masih bersegel. Ini yg anda kembalikan corong penuh baret dan ada noda asi/air.. tlg ya mba.. sy sdh berbaik hati mengikuti keinginan anda utk refund.. saya tunggu niat baik mba.

Bok, kaget lha gue! Ga ada acara nuker-nuker lho aku, ngapain juga! Sampai panik ingat-ingat masa ketuker sama connector Swingku yang udah lama sih? Begitu kucek connector sama corongku, betul kok yang udah lama (warnanya udah bladus akibat pemakaian dan pembersihan). Masa ketuker sama part pompa lain punyaku? Langsung kubalas begitu kubaca e-mail dia jam 11.41 :
Hah masa sih Bu? Boleh tolong difoto? Kalau betul gitu saya nggak sengaja.

Bunga (5 Okt, 11.54) : Boleh..nanti saya fotoin itu penuh baret! Begitu jg connectornya..

Aku (5 Okt, 11:54) : Bu, maaf ya kalau memang tertukar, saya betul2 nggak sengaja. Corong ibu memang sempat saya taruh bareng pump parts saya waktu Ibu belum menyahuti email saya. Nanti sore pulang kantor langsung saya cek. Besok pagi saya panggilkan Gojek buat tukarkan gimana, bisa nggak?

Tuh aku langsung respon ya dengan itikad baik dan tanggung jawab!

Bunga ( 5 Oct, 14.20) : Ini foto corong medela dan konektor medela bekas (ada tanda2 pemakaian yg banyak) yg saya terima dari mbak. Kl perlu foto lebih jelas silahkan request..







Yaelah, kesannya kaya abis diabuse aja tuh corong sama connector. Setelah kuingat-ingat lagi, nggak mungkin lah parts dia kupakai, parts dia begitu dibersihkan langsung masuk plastik, ditaruh lagi di dus Harmonynya kok. Nahh, ini dia kayanya masalahnya : dibersihkan! Waktu itu aku memang minta orang rumah bersihkan pompa (ya karena tuasnya berdebu itu), kayanya pakai metodenya sama kaya nyuci parts pompa pribadiku : pakai sabut ijo makanya mungkin berbekas hahahaa... Siyuuuull, cape deehh... Kalo bekas ASI mah ga mungkin, wong ga pernah dipake (kalaupun dipake pasti aku bersihkan lah yaw)! Kalaupun ada bekas air, pasti dari steam sterilizer tuh. Yasud kepaksa lah kayanya aku harus beliin parts baru deh. Aku mau cek dulu tapinya di rumah.

Bunga (5 Okt, 15:47) : Mba..bagaimana ini corong dan konnektornya?

Aku (5 Okt, 15:49) : Besok Ibu ada waktu jam berapa buat tukar dengan Gojek? Apa mau dititipkan ke resepsionis?

Bunga (5 Okt, 15:52) : Corong dan konektornya sdh d pakai blm yg disana? Krn ini kan mba kirim yg second. Titip via reseptionist saja..alamatnya: XXXXX (dia kasi nama, alamat, dan no hp)

Aku (5 Okt, 15:59) : Nanti sore saya cek dulu, karena saya punya beberapa parts. Tapi kalau saya telusuri lagi, kayanya connector & corong Harmony itu sempat dicuci sama mbak saya pakai sabut, mungkin makanya jadi baret. Saya pasti tanggung jawab ganti, Bu, kalau perlu saya belikan connector & corong baru. Nanti malam saya cek ya. BTW kalau ternyata harus beli baru, nanti lgs dr tokonya saya suruh kirim ke Ibu. 

Noh, aku mah tanggung jawab yaah... Sampe rumah juga kucek part-part pompaku dan confirm sama orang rumah. Betul kok yang si Harmony LIGHT itu dipisahkan begitu dicuci-steril, langsung ditaruh di dus asalnya. Nasibbb... ga sengaja pas banget dicucinya pake sabut hahaha... Langsung aku nyari olshop buat beliin part baru dan ngabarin Si Bunga.

Aku (5 Okt, 20.23) : Ibu, sudah saya cek, betul itu part dari pump Ibu. Maaf ya, kesalahan dari pihak saya yg sempat nyuci pakai sabut hijau, mungkin jadi berbekas. Kalau bekas asi harusnya tidak ada karena tidak pernah dipakai.
Saya akan tanggung jawab, besok saya tukar dengan yg baru. Tolong ditinggal di resepsionis ya connector dan breastshieldnya.

Mau bilang aku ga ber-manner, hmm? 

Bunga (5 Okt, 20.29) : Oke besok saya titip di receptionist loby atas.. tlg di kirim jg corong dan connector yg baru.trims

Besoknya dia ngingetin lagi. 
Bunga (6 Okt, 12:27) : Mba gmn? Corong dan connector sdh siap.. sy titip receptionist.
Aku (12:59) : Iya, pasti hari ini Bu. Ini saya lagi pesankan connector & corong baru pakai Gojek. Nyampe sana mungkin jam 4-5an sore. 
CATATAN: ya mau gimenong, olshopnya baru bisa ngurus pergojekan jam 13-14an ceunah. 

Begitu olshopnya ngabarin kalau gojek sudah boleh dipanggil, aku sendiri yang order supaya bisa lacak barangnya. Kuminta jemput ke olshop lalu langsung antar ke kantor Bunga.
Aku (14:27) : Gojeknya udah otw ke Pulogadung ya Bu. Tolong inform kalau barangnya sudah Ibu terima. 
Bunga (15:40) : Ini ganti yg baru atau gmn ya? Corong dan connector saya?
Aku (15:46) dengan sabar walau udah jelas kubilang kubeliin BARU lagi) : Iya ganti baru Bu, saya baru banget beli, itu barangnya baru sampai langsung kirim lagi ke Ibu.
CATATAN : abis itu ga ada kabar lagi, Gojek sih udah confirm barang sudah diantarkan.
Bunga (16:29) : Mba kirim pakai apa ya? Belom ada paketnya smp skrg?
Bunga by e-mail (16:30) : Coba saya minta no telp gojek nya ?
Bunga by SMS (16:31) : Mba tlg jwb email saya, saya minta foto screen capture gojeknya, sama no telp.. Blm smp paket corong dan connectornya
 
Lhaaa, begimana wong Gojeknya confirm udah delivered dari tadii! Langsung eke call bapak gojeknya, trus dia bilang "lho kan udah tadi saya titip di resepsionis kok Bu, suruh dia cek lagi Bu". 

Aku (16:35) : Dia bilang udah tukar barangnya di resepsionis, Bu. Ini no telpnya 0813-XXXX-XXXX, barusan saya call dia. Namanya XXXX. Bisa Ibu juga tolong cek ke resepsionis Ibu? Saya tunggu kabarnya ya
Kasian lho itu bapak Gojeknya sampe call aku lagi, nadanya kaya sakit ati gitu, "Bu, betul udah diterima ya, tolong orangnya pastiin lagi ke resepsionis. Ini saya lagi otw anter balik barang yang dituker ke kantor ibu."

Aku to Bunga by SMS (16:46) : Saya tunggu kabarnya ya Bu, ini corong & connector Ibu juga belum sampe ke saya soalnya.

Bunga by SMS (16:47) : Sudah mba, baru di antar.. Sy cek receptionist tadi. Trims

Nah udah tuh kelaarrr akhirnyaaaa, horeeeee... Pak Gojek kuminta titipin aja paketan corong-connector itu karena aku udah mau balik. Udah ya, udah saya pertanggungjawabkan dengan segera ya Bu Bungaaa... Aye mah ogah ngerjain orang bahkan kalaupun tanpa disengaja, bisi dosa ah... Semoga abis yaah siyul-siyulku, udah modal lumayan nih ongkos ngurus printilan Harmony LIGHT iniii...

No comments:

Post a Comment